Skip to main content

Alasan Orang Indonesia Menyukai Masakan Pedas

Alasan Orang Indonesia Menyukai Masakan Pedas. Makan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi, sebagai salah satu kebutuhan biologis tentunya tanpa makan maka manusia tidak bisa melakukan kegiatan sehari-hari dengan fokus. Makanan sebagai sumber energi menjadi salah satu asupan penting bagi tubuh, bukan karena untuk mengenyangkan perut namun kandungan gizi dan vitamin dalam makanan yang dicari oleh manusia. Kandungan karbohidrat dalam nasi dan bahan lainnya dibutuhkan untuk tubuh sebagai pembangkit energi, karbohidrat nantinya akan diolah dalam tubuh dan menghasilkan senyawa atau zat glukosa, glukosa inilah yang menjadi sumber energi. Terbayang bukan jika manusia tidak makan? Pasti badan akan terasa lemah, tidak memiliki tenaga, tidak fokus dan lain sebagainya sehingga mengganggu pekerjaan sehari-hari.banyak kandungan dalam makanan yang dibutuhkan oleh tubuh kita sehingga seharusnya anda tidak pernah lupa makan ya? Makan 3 kali sehari adalah patokan mendasar agar anda mendapatkan asupan nutrisi yang tepat.

Alasan Orang Indonesia Menyukai Masakan Pedas

Orang Indonesia Menyukai Masakan Pedas

Berbicara makanan pastinya kita sendiri bangga dengan makanan Indonesia yang memiliki beragam jenis, rasa dan bahan pembuatnya. Karena di Indonesia memiliki banyak suku maka setiap suku memiliki selera masakan masing-masing seperti suku jawa yang cenderung suka makanan manis, suku melayu yang suka makanan pedas dan kaya rempah-rempah dan banyak lagi jenis makanan khas di Indonesia yang sulit jika disebutkan satu-persatu. Berdasarkan pendapat banyak orang yang makan di restauran cepat saji ataupun di restauran tradisional, orang Indonesia pasti memilih makanan yang rasanya cenderung pedas, apa yang menyebabkan orang-orang Indonesia suka makanan yang pedas-pedas?

Aneh apabila dibandingkan dengan negara lainnya seperti di eropa atau korea dengan iklim yang dingin dan cuaca yang berbeda-beda mengharuskan orang-orang disana mengkonsumsi makanan yang pedas untuk menghangatkan badan mereka. Di Indonesia dengan cuaca yang panas mengapa orangnya suka makanan pedas? Berikut akan dipaparkan beberapa alasannya.

  1. Indonesia secara geografis memang diapit oleh lautan dan disebut negara tropis dengan dua musim yaitu panas dan hujan. Namun karena cuaca yang panas ini malah membuat orang Indonesia suka mengkonsumsi makanan yang pedas, khususnya masyarakat di daerah utara dan barat Indonesia. Makanan pedas mengandung zat antosianin yang bermanfaat sebagai peningkat rasa semangat dan selera makan. Karena etos kerja masyarakat yang tinggi maka mereka mengkonsumsi makanan pedas untuk menambah semangat
  2. Makan makanan yang pedas sudah menjadi kebiasaan. Sejak penjajahan oleh belanda dan jepang kini kita tahu bahwa Indonesia menjadi negara yang kaya dengan rempah-rempahnya. Sebagai negara yang kaya dengan rempahnya pasti orang-orangnya sering mengkonsumsi rempah sebagai bumbu masaknya termasuk lada dan cabai yang rasanya sangat terkenal sampai ke penjuru dunia , karena rasa pedas tentunya. Kebiasaan ini terbawa hingga sekarang, dan orang lain diluar Indonesia hanya tahu bahwa Indonesia terkenal dengan masakannya yang serba pedas karena kebiasaan masyarakatnya yang suka makan makanan pedas. Sungguh unik bukan?

Makan makanan pedas menjadi tradisi di beberapa daerah di Indonesia. Makanan yang dibuat dengan rasa yang cenderung pedas menjadi masakan khas dan sudah menjadi tradisi turun temurun di beberapa wilayah di indoensia, seperti melayu yang terkenal dengan masakan rendangnya. Rendang sebagai masakan khas suku melayu memiliki kombinasi rasa pedas dan rasa rempah-rempah yang mencolok. Inilah yang menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia.