Bagi yang menyukai masakan pedas, mungkin akan tertarik dengan pecel. Makanan pedas yang juga menyehatkan. Pecel yang merupakan makanan dengan menggunakan bumbu kacang ini sering dilengkapi dengan berbagai macam bahan makanan. Terutama yang berupa sayur-sayuran. Maka dari itu banyak yang menilai bahwa pecel adalah masakan yang menyehatkan. Tidak ada catatan khusus mengenai dari mana daerah penyebaran pecel. Hal yang pasi sekarang adalah pecel sudah dikenal secara meluas di seluruh wilayah Indonesia. Karena tidak ada daerah yang memiliki jejak pasti sebagai daerah asal munculnya pecel, maka adanya masakan pecel ini disesuaikan dengan cita rasa masing-masing daerah. Seperti di daerah Jawa saja pecel memiliki rasa yang beragam, dalam hal ini adalah khusus mengenai rasa sambal kacangnya.

Aneka Ragam Masakan Pecel

Daerah Jawa Timur memiliki ciri khas dengan sambal pecelnya yang memiliki rasa pedas. Bahkan bisa dikatakan untuk yang menyukai dengan rasa pedas di atas rata-rata, sambal pecel dari jawa timur mungkin akan sangat cocok di lidah anda. Namun bagi yang tidak terlalu bisa makan makanan pedas, perlu berhati-hati ketika mencoba pecel dari Jawa Timur. Lain di Jawa Timur, lain juga di Daerah Yogyakarta. Yogyakarta memili ciri khas rasa manis hampir di semua masakannya. Tidak perlu susah-susah untuk mencari contohnya, makanan khas Yogyakarta, yaitu gudeg sudah bisa menjawab semuanya. Gudeg merupakan makanan yang menjadi ciri khas Kota Yogyakarta dan memiliki cita rasa dominan manis. Begitu juga dengan sambal pecel yang ada di Yogyakarta. Sambal pecel di Jogja, cenderung memiliki rasa manis dan tidak sepedas sambal pecel dari Jawa Timur.

Perkembangan yang ada dari masakan pecel sekarang ini adalah pecel semakin dikreasikan dalam segala sisinya. Mulai dari penampilannya, rasa dari sambal pecelnya, sampai isi dari masakan pecel itu sendiri. Tidak ada patokan khusus mengenai apa yang bisa diisikan dalam sebauh pecel. Hanya saja ada beberapa bahan yang menjadi ciri khas makanan pecel yang akan membedakannya dengan gado-gado ataupun lotek. Tadi di awal sudah dijelaskan bahwa ada perbedaan penyajian pecel antar daerah. Tergantung dari bagaimana budaya kuliner masyakatnya. Sebenarnya perbedaan dari penyajian pecel ini tidak hanya terbatas dari rasanya saja.

Berbagai Macam Varian Masakan Pecel

Melainkan ada perbedaan juga mengenai waktu makan. Contohnya, di daerah Jogja, sangat jarang sekali orang yang menyantap pecel sebagai sarapan pagi. Lain dengan di daerah Jawa Timur, seperti Ngawi. Orang-orang biasa menyantap pecel sebagai sarapan mereka. Perpaduan antara sayur yang segar, dengan bumbu yang pedas, ditambah dengan tempe goreng tepung hangat, sepertinya menjadi pilihan tepat untuk menyambut hari. Sudah banyak karakter yang dimiliki oleh pecel. Mulai dari makanan menyehatkan, karena banyak menggunakan sayuran. Sampai makanan yang menantang, karena ada yang memiliki cita rasa pedas sekali.

Kreasi pecel yang beraneka ragam tersebut sepertinya bisa diasumsikan sebagai bagaimana masyarakat tepat menyukai cita rasa local dibandingkan dengan cita rasa barat, atau internasional. Terkadang lidah masyarakat Indonesia akan susah beradaptasi dengan makanan di luar Indonesia. Tidak perlu dari luar negeri, antar daerah di Indonesia saja terkadang rasanya tidak bisa dengan mudah diadaptasikan dengan daerah asal. Bagi orang Jogja yang terbiasa dengan rasa manis, ada baiknya untuk berhati-hati ketika makan pecel Jawa Timur. Karena tingkat pedas dari bumbu pecel Jawa Timur sangat berbeda dengan bumbu pecel dari daerah Jogja.

Aneka Ragam Masakan Pecel di Banyak Daerah