Skip to main content

Apa Saja Makanan Manis Yang Terkenal Di Indonesia

Indonesia memang menjadi surganya makanan bagi para wisatawan asing maupun wisatawan lokal. Setiap tempat wisata yang dikunjungi pasti menyuguhkan makanan yang istimewa dan hanya ada di tempat itu saja. Memang Indonesia tidak bisa dipisahkan dari makanan yang unik-unik dan enak-enak. Beragam suku di Indonesia menciptakan makanan khas mereka sendiri-sendiri yang bisa menarik para wisatawan untuk memakanannya. Apa saja makanan manis yang terkenal di Indonesia namun juga terkenal sampai ke luar negeri? Pisang goreng, siapa yang tidak mengenal makanan ini? Pisang merupakan buah yang bisa dengan mudah ditemui di semua wilayah di Indonesia, beberapa varietas atau jenis pisang ada di Indonesia. Inilah keberagaman flora dan fauna yang wajib dilestarikan dan dijaga oleh generasi muda sampai saat ini. Pisang bisa diolah menjadi berbagai makanan, salah satunya diolah menjadi pisang goreng ini.

Tahukah anda, di beberapa negara di dunia banyak masyarakat Indonesia yang sukses karena menjual pisang goreng. Harga pisang goreng di Indonesia yang mungkin hanya lima ratus rupiah perbiji bisa menjadi 100 kali lebih mahal di negara lain, padahal makanan ini adalah makanan yang bisa dibilang sederhana dan menjadi makanan yang akrab dengan lidah masyarakat kelas menengah ke bawah namun pada kenyataannya tidak hanya masyarakat Indonesia saja yang sukse menjual pisang goreng di luar negeri, orang asing pun juga meraih keuntungan yang sama saat menjual pisang goreng di negara mereka. Terbukti bukan bahwa masakan Indonesia memang memiliki citarasa yang istimewa. Selain pisang goreng, makanan manis khas Indonesia yang juga terkenal di seluruh wilayah di Indonesia dan juga di luar negeri adalah martabak manis.

Apa Saja Makanan Manis Yang Terkenal Di Indonesia

 

Selain martabak, kue-kue manis dan tradisional juga menjadi incaran masyarakat saat ini. Makanan atau kue tradisional yang saat ini menjadi hits atau populer lagi adalah kue cubit yang imut, saat ini banyak kreasi kue cubit yang dijamin tidak hanya membuat lidah bergoyang namun juga instagramable bagi mereka yang suka mengunggah foto di instagram. Inilah cara mengkombinasikan kue cubit agar terasa berbeda dan lebih unik:

  1. Kue cubit awalnya adalah kue tradisional yang tidak memiliki rasa istimewa, namun di tangan generasi muda kini kue tradisional ini diberi bermacam-macam toping agar rasa dan tampilannya berbeda. Di beberapa cafe sudah menerapkan sistem ini yaitu kue cubit dengan variasi es krim di atasnya, ini akan menambah kesan segar dan modern pada si kue cubit agar yang mengkonsumsinya juga tidak jenuh.
  2. Selain menggunakan es krim, anda juga bisa mengkombinasikan sendiri kue cubit dengan toping coklat diatasnya dan beberapa toping lain seperti remah biskuit dan beberapa toping unik lainnya seperti sparkle candy juga bisa. Jika kurang unik lagi rasanya bisa ditambahkan dengan pasrutan keju diatasnya sebagai toping, dijamin kue cubit akan berubah rasanya jadi lebih lezat dan tidak kalah dengan kue-kue modern.
  3. Karena ukuran kue cubit yang kecil dan imut maka lebih mudah dikombinasikan dengan bahan apa saja, jika sudah mencoba kedua bahan diatas, anda juga bisa mengkombinasikan kue ini dengan durian dan es krim vanila atau es krim durian. Penyajian seperti ini saat ini sedang populer di cafe-cafe. Rasa kue cubit yang original ditambah manis dan segarnya durian pasti membuat anda ngiler.