Gudeg, Makanan Tradisional Khas Jogja Yang Jadi Legenda

Jika menyebutkan nama makanan yang satu ini, tentu sebagian besar orang langsung menyebutkan kota Yogyakarta. Ya, gudeg merupakan masakan tradisional yang khas berasal dari daerah istimewa Yogyakarta. Selamat perkembangannya, masyarakat mengenal kota Yogyakarta sebagai kota Gudeg. Ternyata, sejarah dari makanan ini juga terbilang cukup panjang.

Sejarahnya sendiri dimulai tepat bersamaan ketika kerajaan Mataram Islam mulai dibangun di Alas mentaok Yang berada pada kawasan Kotagede di tahun 1500. Makanan ini sendiri memang bukan berasal dari kerajaan namun berasa langsung dari masyarakat. Karena proses memasak yang terbilang memakan waktu cukup lama, di abad 19 sendiri belum banyak orang yang menjual makanan yang satu ini. Makanan ini mulai terkenal dan banyak diperjualbelikan semenjak tahun 1940 ketika presiden Soekarno membangun universitas Gajah Mada sampai saat ini.

Gudeg dibuat dari bahan dasar nangka muda mentah atau dalam bahasa Jawa dikenal dengan sebutan Gori. Proses memasaknya yaitu di rebus pulang lebih beberapa jam dengan menggunakan gula aren serta santan dan juga ditambahkan berbagai rempah rempah seperti misalnya bawang putih, bawang merah, ketumbar, lengkuas, kemiri, daun salam, serta daun jati. Daun jati ini nantinya akan memberikan warna kecoklatan pada masakan. Dengan berbagai campuran tersebut, nantinya masakan yang dihasilkan akan terasa manis dan memiliki rasa yang khas sesuai dengan lidah masyarakat Jawa.

Biasanya, makanan ini akan disajikan dengan apa adanya. Makanan ini juga dianggap sebagai salah satu jenis makanan yang banyak dikonsumsi oleh vegetarian karena didalamnya hanya terdapat nangka mentah serta santan. Namun, untuk melengkapinya biasanya akan ditambahkan telur ataupun ayam dari sabung ayam. Penyajiannya juga bersamaan dengan nasi putih, telor, tahu atau tempe, serta sambal goreng Krecek sebagai pelengkap.

Gudeg Khas Jogja

Makanan ini juga memiliki berbagai jenis, ada yang kering, basah, khas Jawa timur, Solo, ataupun khas Jogjakarta. Biasanya, untuk jenis yang kering hanya ada sedikit santan di dalamnya sementara untuk yang basah didalamnya terdapat banyak santan. Umumnya memang makanan ini berasal paling banyak dari kawasan Yogyakarta dan rasanya akan jauh lebih manis, kering, dan memiliki warna Kemerahan karena penggunaan daun jati yang lebih dominan ketika pewarnaan.

Untuk yang berasal dari kawasan Solo, biasanya kan lebih pekat serta ber air, memiliki santan lebih banyak, dan warnanya lebih Keputihan karena tidak digunakan tambahkan daun jati sebagai pewarna. Untuk Gudeg jogja akrab dengan sebutan gudeg merah, untuj gudeg solo akrab dengan sebutan gudeg putih. Sementara untuk cita rasa yang diberikan dari gudeg jawa timur yaitu pedas dan juga panas, berbanding terbalik dengan gudeg yang berasal dari Yogyakarta.

Setiap gudeg tentu juga memiliki berbagai keunikan serta citarasa nya sendiri. Anda bisa mencoba berbagai hidangan gudeg yang berbeda untuk memahami rasanya.

Deretan Mitos Makanan Yang Ada di Masyarakat

Hingga saat ini di jaman yang serba maju, masih terdapat banyak sekali mitos mengenai makanan yang beredar luas di lingkungan masyarakat. Banyak masyarakat yang memilih untuk mengabaikan mitos tersebut, namun banyak juga yang mempercaya mitos tersebut. Mitos memang biasanya memiliki kaitan dengan dampak buruk setelah melakukan konsumsi makanan tertentu. Misalnya jika melakukan konsumsi karbohidrat yang terlalu banyak akan membuat tubuhnya menjadi gemuk. Bukan hanya itu saja, terdapat beberapa mitos lain yang beredar di masyarakat. Berikut adalah deretan mitos yang banyak dipercaya masyarakat saat ini.

  1. Sayuran yang dimasak akan hilang nutrisinya

Sayuran Hijau

Sebagian besar orang mempercaya I bahwa mengkonsumsi sayuran mentah akan menjadi jauh lebih sehat karena nutrisi yang ada di dalamnya masih terbilang lengkap. Sementara, sayur yang sudah dimasak diangkat sudah kehilangan sebagian nutrisinya. Tentunya ini harus mengetahui bahwa memasak sayuran itu adalah hal yang baik untuk dilakukan karena mampu membantu membunuh bakteri ataupun kuman. Tetapi, sebaiknya Anda tidak memasak sayuran terlalu lama agar kandungan nutrisi yang ada tetap tercukupi untuk tubuh Anda dan kuman bisa mati Dalam proses pemasakan.

  1. Konsumsi karbohidrat bisa menggagalkan diet dan membuat badan menjadi lebih gemuk

Makanan Karbohidrat

Untuk Anda yang sedang menjalani diet, sebagian besar dari Anda akan mengurangi konsumsi makanan, khususnya yang mengandung karbohidrat. Hal tersebut dianggap sebagai jalan yang paling efektif untuk menurunkan berat Bagan Anda. Padahal, karbohidrat sendiri memiliki banyak peran yang baik bagi tubuh. Bukan hanya nasi saja yang mengandung karbohidrat, namun buah buahan, eskrim, juga memiliki kandungan karbohidrat di dalamnya. Jika Anda ingin diet anda berhasil, Anda harus memisahkan karbohidrat manakah yang layak Anda konsumsi dan tidak.

  1. Kolesterol banyak terkandung di dalam telur

Telur

Mungkin sebagian dari Anda pernah mendengar mitos yang satu ini. Tahun merupakan salah satu bahan makanan yang mudah untuk di kreasikan dan juga memiliki rasa yang lezat. Tentunya, melakukan konsumsi turun tidak akan menyebabkan kolesterol naik dengan drastis. Telur justru menyediakan banyak sekali nutrisi bagi tubuh Anda. Tapi, Anda tentu harus mengkonsumsi telur dalam porsi yang tepat dan juga cukup.

  1. Makan dalam frekuensi yang sering namun porsi sedikit bisa membantu mengurangi Berat badan

Banyak Makan

Penelitian tersebut dilakukan oleh beberapa universitas yang ada di kawasan Meksiko dan juga Kalifornia. Mereka menemukan bahwa orang yang sering makan dengan porsi kecil Akan memiliki kandungan insuli in, glukosa, ada juga kolesterol yang jauh lebih sehat. Namun, ada pula Yang melakukan penelitian bahwa hal tersebut tidak menurunkan jumlah kalori di dalam tubuh. Hal ini tentunya tergantung dari bagaimana kah kebiasaan makan setiap orang. Setiap orang memiliki kebiasaan makan yang berbeda beda. Ada yang makan sehari dua kali, tiga kali, bahkan satu hari hanya satu kali. Ukuran porsi nya pun berbeda beda, ada yang besar, sedang, hingga kecil. Pola makan ini tentunya harus disesuaikan dengan bagaimana kah dan tubuh dari seseorang. Tentunya setiap orang akan dapatkan hasil anti beda walaupun mereka sama sama mencoba untuk menurunkan berat badan.

Deretan Makanan Viral di Tahun 2018

Tahun 2018 sebentar lagi akan berakhir. Selamat tahun 2018 ini, terdapat berbagai makanan yang viral di kawasan Indonesia dimulai dari makanan tradisional, sampai makanan yang kekinian. Semua makanan viral tersebut menjadi salah satu tren unik dari dunia kuliner dan membuatnya semakin menarik. Ternyata, tidak semuanya harus dibeli. Banyak sekali yang bisa Anda buat sendiri di rumah tanpa harus repot repot dan mengeluarkan uang banyak untuk membelinya. Penasaran? Yuk kita simak ulasannya.

  1. Chizza KFC

Chizza KFC

Sebenarnya untuk di luar negeri sendiri, makanan yang satu ini sudah ibu semenjak tahun 2015. Namun, perpaduan antara ayam dan juga Pizza ini baru hadir di KFC Indonesia pada awal Januari lalu. Setelah ditunggu lumayan lama, akhirnya makanan ini bisa menjadi salah satu menu spesial selama kurang lebih satu bulan di KFC yang ada di seluruh Indonesia. Namun ternyata menu tersebut tidak seperti ekspektasi orang orang selama ini. Bahkan ada yang pernah mencoba mana itu di dua negara yang berbeda dan mengatakan menu kesebut lebih enak di negara lain dibandingkan negara sendiri.

  1. Es kepal milo

Es kepal milo

Tepatnya di bulan April lalu, kuliner yang berasal dari kawasan Malaysia ini menjadi ramai di berbincang kan di Indonesia. Bahkan jika Anda pernah melihat fenomena viral nya makanan ini, banyak sekali orang yang rela mengantri berjam jam hanya untuk menikmati seporsi makanan ini. Walaupun sekarang Sudah tidak sepopuler sebelumnya, namun saat ini es tersebut berkembang dengan berbagai varian rasa yang berbeda.

  1. Es krim nestle

Es krim nestle

Produk yang dikeluarkan oleh produsen Nestle ini sendiri memang banyak digemari. Produk ini memang berhasil menarik perhatian karena biasanya produk tersebut hanya kita konsumsi sebagai makanan, coklat, susu, dan lainnya. Namun, kini produk tersebut hadir dalam varian sebagai eskrim. Rasa yang ditawarkan juga berbagai macam yaitu KitKat, millo, dan juga crunch.

  1. Onigiri mie

Onigiri mie

Generasi Millennial memang sangat menggemari menyantap makanan indomie yang diberikan modifikasi layaknya kuliner khas Jepang tersebut. Maka tidak heran jika inovasi yang dihadirkan indomie ini mendapatkan perhatian yang sangat banyak. Awalnya, produk ini hanya bisa dibeli di salah satu minimarket di Medan, Sumatera Utara. Namun karena permintaan semakin tinggi, Onigiri mie tersebut sudah ada di kawasan Jakarta, Jogjakarta, Surabaya, hingga sampai ke Australia.

  1. Donat indomie

Donat indomie

Jika biasanya indomie dibuat sebagai makanan biasa layaknya ketika seseorang mengkonsumsi mie, namun inovasi baru dimunculkan itu dengan menghadirkan indomie dalam bentuk donat. Banyak sekali orang orang yang akhirnya berlomba untuk menghadirkan kreasi unik dari indomie sendiri. Menurut Anda, nikmat malah indomie biasa atau indomie yang dijadikan donat?

Deretan Makanan Khas Jawa Timur Dengan Berbagai Kelezatannya

Jawa timur merupakan pulau yang memiliki luas 47922 km². Jawa timur bukan hanya menyajikan wisata alam yang sangat menarik namun juga disajikan berbagai makanan yang siap untuk Anda nikmati. Makanan khas dari Jawa timur sendiri dikenal dengan menggunakan berbagai macam petis dan juga terasi untuk memberikan Citarasa lebih besar pada masakan tersebut. Masakan ataupun makanan dari Jawa timur juga terkenal memiliki Citarasa yang pedas. Dari berbagai kuliner yang ada di kawasan Jawa timur, berikut beberapa kuliner enak Jawa timur yang direkomendasikan untuk Anda cicipi dan Anda nikmati.

  1. Pecel

Pecel

Bahan Utama yang digunakan untuk membuat makanan tersebut yaitu beberapa jenis sayuran berbeda yang di rebus seperti misalnya kacang panjang, kol, irisan Timun, Tauge, serta kangkung. Semua bahan tersebut nantinya akan dicampurkan dengan sambal kacang dan ditambahkan Rempeyek sebagai penikmat. Di Jawa timur sendiri, terdapat beberapa daerah yang memiliki pecel dengan ciri khas masing masing seperti misalnya Blitar, matian, serta Kediri.

  1. Rawon

Rawon

Yang membuat makanan satu ini menjadi khas yaitu warna kuah yang cenderung hitam pekat. Sementara bumbu – bumbu yang digunakan yaitu seperti kunir, lombok, serai, garam, lengkuas, ketumbar, serta lain nya. Bukan hanya terkenal di kawasan Surabaya saja, namun rawon sendiri juga terkenal di daerah Pasuruan.

  1. Rujak cingur

Rujak cingur

Makanan yang satu ini merupakan makanan khas dari kota Surabaya. Makanan ini sangat cocok untuk dijadikan menu Santap siang. Nama ucap cingur sendiri memakai salah satu bahan utama dalam pembuatan rujaknya yaitu irisan daging mulut sapi. Rujak cingur sendiri biasanya dilengkapi dengan berbagai jenis buah seperti Bengkuang, nanas, Timun, dan juga ditambahkan lontong ataupun nasi, tempe, tahu, cingur, sayuran, dan juga ditambah Siraman kuah dari petis udang Dan berbagai tambahan bumbu lainnya.

  1. Rujak soto

Rujak soto

Makanan yang satu ini merupakan makanan khas dari daerah Banyuwangi. Makanan ini merupakan penggabungan dua jenis makanan yang berbeda yaitu rujak dengan soto kuning. Tanpa dicampur makanan ini saja sudah memiliki cita rasa yang khas. Ucok satu sembilan adalah merupakan campuran dari rujak serta soto kuning.

  1. Tahu campur

Tahu campur

Makanan yang satu ini Memiliki berbagai macam sayuran didalamnya yang dicampurkan dengan lontong, kuning, tahu goreng, dan juga Lentho singkong. Semua komponen tersebut nantinya akan ditambahkan kuah kaldu Tetelan sapi yang rasanya Gurih. Makanan ini merupakan makanan khas dari daerah Lamongan serta Surabaya. Jika di daerah Jawa tengah, makanan ini serupa dengan ketupat tahu.

  1. Pecel lele

Pecel lele

Makanan yang satu ini terkenal di daerah Lamongan, Jawa timur. Makanan ini memang menjadi salah satu ikonik kuliner pedas khas daerah Jawa timur. Walaupun tampaknya biasa, namun makanan ini memiliki nilai special dari sambalnya.

Makanan – Makanan Yang Mampu Pecahkan Rekor di Seluruh Dunia

Berhasil memecahkan rekor dunia menjadi salah satu kebanggaan tersendiri. Banyak cara yang akhirnya diambil untuk mampu memecahkan rekor dunia yang sudah ada oleh beberapa pihak. Hal ini bukan hanya berlaku pada benda ataupun ke ahlian, namun ini juga berlaku pada dunia kuliner. Terdapat beberapa makanan yang Berhasil memecahkan rekor dunia dan menjadi yang terbesar, terberat, tertinggi, hingga terpanjang.

Mungkin sebagian besar dari Anda pernah mendengar tentang pizza Yang terbesar di seluruh dunia. Bukan hanya jenis makanan yang satu ini saja, terdapat bermacam-macam makan lain yang ternyata juga berhasil memecahkan rekor yang ada di dunia. Yuk kita simak beberapa tindakan makanan yang berhasil memecahkan rekor dunia di bawah ini.

  1. Eskrim

Eskrim

Pada tahun 2014 lalu, terdapat eskrim terbesar yang berhasil memecahkan rekor dengan total berat mencapai 1365 kg. Eskrim ini menjadi eskrim terberat yang ada di dunia. Eskrim ini tentu dibuat dengan banyak upaya besar.

  1. Kubis

Kubis

Sebagian besar dari Anda biasanya mungkin hanya makan kubis dalam ukuran standar Saja. Bahkan banyak orang yang tidak bisa mengabiskan satu buah kubis sendirian. Mereka memilih untuk memakan seperlunya saja atau bahkan tidak memakannya. Namun terdapat ya Kontu Nia yang berhasil dipecahkan oleh Kubis. Terdapat kubis dengan berat 62,71 kg. Jika di masak, kira kira bisa untuk berapa porsi ya?

  1. Muffin

Muffin

Jenis kue yang satu ini memang banyak sekali disukai oleh berbagai kalangan, dari anak anak hingga orang dewasa. Terdapat pemecahan rekor gue hingga mencapai berat 146,65 kg. Jika sebesar itu, tentunya kue ini bisa dimakan secara beramai-ramai oleh orang banyak ya.

  1. Sandwich

Sandwich

Jika biasanya makanan yang satu ini hanya disajikan dalam satu lapisan saja dan sudah membuat banyak sekali orang merasa kekenyangan bahkan tidak habis makannya. Apa jadinya jika makanan yang satu ini dibuat menjadi 60 lapisan? Inilah rekor yang berhasil dipecahkan itu hadirnya satu porsi sandwich dengan total 60 lapisan.

  1. Stroberi

Stroberi

Buah yang satu ini memang identik dengan buah yang kecil, manis asam, dan juga sangat segar. Terdapat rekor pemecahan ukuran buah strawberry terbesar dan terberat di dunia yaitu mencapai 250 g. Strawberry yang berhasil memecahkan rekor tersebut memiliki bentuk yang cukup unik dan juga aneh, berbeda dengan strawberry pada umumnya.

Itulah deretan beberapa makanan yang berhasil memecahkan rekor dunia. Terdapat makanan yang tinggi, lebar, berat, dan juga besar. Ukuran yang luar biasa tentunya memang menarik perhatian. Tentunya, diperlukan yang sekali orang serta waktu yang panjang untuk menghabiskan salah satu jenis makanan raksasa tersebut. Bagaimana, Tertarikkah Anda?

Deretan Kesalahan Ketika Proses Memasak Ayam

Dapat dikatakan bahwa ayam merupakan salah satu jenis makanan favorit hampir sebagian besar masyarakat yang ada di Indonesia. Bukan hanya itu saja, ayam juga bisa menjadi salah satu makanan pokok kalau anak ayam mampu di olah dengan berbagai cara yang berbeda, entah dijadikan sebagai salah satu bahan isian sup, dibakar, digoreng, ataupun dimaksud dengan berbagai cara lainnya. Inovasi sepertinya tidak akan pernah habis untuk jenis makanan yang satu ini.

Namun ternyata sering mengkonsumsi ayam tidak membuat orang menjadi pandai dalam proses pengolahannya. Banyak sekali orang yang masih salah dalam melakukan proses pengolahan sebelum memasak ayam. Tahukah Anda apa saja kesalahan tersebut? Berikut ulasannya.

  1. Memasak langsung ayam ketika baru keluar dari kulkas

Memasak langsung

Walaupun ayam tidak membeku ketika berada di dalam kulkas, bukan artinya Anda dapat langsung masak setelah mengeluarkan ayam tersebut dari dalam kulkas. Mengapa? Karena nantinya tingkat kematangan yang ada peroleh tidak akan rata. Anda bisa melihat warna coklat pada bagian luar, namun sebenarnya pada bagian dalamnya belum matang sama sekali. Maka dari itu, sebaiknya ada mendiamkannya dahulu sebelum mulai di olah.

  1. Meletakkan ayam diwastafel ketika mencuci

Meletakkan ayam diwastafel ketika mencuci

Anda tentu tahu bahwa banyak sekali bakteri yang tidak terlihat ketika Anda diwastafel. Walaupun Anda sudah membilang swasta full dengan air, Anda harus memperhatikan bagaimana cara memegang ayam yang ingin Anda olah. Jangan meletakkan ayam begitu saja karena terdapat berbagai kuman diwastafel yang berbahaya bagi kesehatan Anda.

  1. Membuang kulit serta tulang sebelum memasak

Membuang kulit serta tulang sebelum memasak

Jika Anda tidak memiliki niat untuk mengkonsumsi tulang ataupun kulit ayam, Anda tidak boleh membuang nya ketika sedang memasak. Hal ini memiliki fungsi untuk membuat daging dari ayam tersebut tetap lmbab dan juga lembut. Jika Anda menghilangkanya, maka daging ayam akan tampak kering dan tidak nikmat.

  1. Tidak memberi bumbu sebelum proses memasak

Tidak memberi bumbu sebelum proses memasak

Walaupun nantinya ada kamu masak ayam sebagai ayam bumbu pedas ataupun ayam rica rica, tentunya Anda harus membumbui ayam tersebut sebelum mulai memasak. Anda bisa menggunakan cabai, garam, serta jahe agar daging lebih memiliki rasa, bukannya Hambar. Tentunya, ini akan membuat masakan Anda menjadi jauh lebih lezat.

  1. Menggoreng ayam dengan jumlah yang banyak di satu wajan yang sama

Menggoreng ayam dengan jumlah yang banyak di satu wajan yang sama

Jika Anda ingin memasak ayam dalam jumlah yang besar, sebaiknya Anda memakai lebih dari satu wajan untuk menggoreng nya Atau mengolahnya. Hindari untuk memakai wajan yang besar dan diisi oleh banyak ayam karena kematangan dari ayam tersebut tidak akan sempurna. Ketika membelinya, ada juga lebih baik menyediakan jarak antara satu ayam dengan yang lainnya agar mereka goreng dan matang dengan sempurna.

Anda Pecinta Keju? Wajib Cicipi Makanan – Makanan Ini

Keju merupakan salah satu jenis makanan yang sangat disukai. Baju yang terbuat dari bahan dasar susu ini memang banyak digemari oleh berbagai kalangan, dimulai dari anak anak hingga orang dewasa. Faktanya, keju memang mempunyai daya tarik tersendiri untuk sebagian orang. Namun, sudah tahukah Anda kalau keju memiliki beragam jenis? Berikut adalah deretan makanan yang perlu Anda coba bagi Anda yang mengaku seorang pecinta keju sejati.

  1. Kastengel dengan tambahan taburan keju Edam

Kastengel taburan keju Edam

Kastengel merupakan salah satu jenis gue yang biasanya hadir pada hari raya. Tahukah Anda bahwa kastengel ini adalah kue yang sudah banyak dikenal ketika penjajahan Belanda? Kastengel sendiri memiliki arti keju batangan. Kastengel dibuat dari tepung, mentega, telur, ada juga taburan keju yang membuat kue tersebut memiliki Citarasa yang semakin dirinya dan juga Gurih.

  1. Salad dengan tambahan keju gouda

Salad keju gouda

Jika sebagian besar dari Anda biasa menyantap makanan yang satu ini dengan tambahan minyak Zaitun, mayonaise, ataupun lainnya, maka Anda harus mencoba untuk menyantap makanan yang satu ini dengan tambahan keju gouda di dalamnya. Tentunya ini akan menambah Citarasa dari makanan yang Anda konsumsi. Dia juga sudah sendiri memang sangat terkenal menjadi salah satu tambahan makanan yang diberikan karena memiliki rasa yang Gurih dan juga meleleh di mulut.

  1. Cheesecake dengan tambahan cream cheese

Cheesecake cream cheese

Makanan yang satu ini memang sangat terkenal di kalangan Millennial saat ini. Serupa dengan namanya, makanan yang satu ini dibuat dari bahan keju yang lezat. Keju yang digunakan memiliki Tekstur layaknya mentega sehingga cocok untuk dijadikan bahan dasar membuat makanan yang satu ini. Rasa yang dihadirkan ya itu sangat lembut, sedikit asam, namun juga Gurih. Sebagai pecinta keju, Anda wajib untuk mencoba makanan yang satu ini dan rasakan sensasinya.

  1. Pizza keju

Pizza keju

Makanan yang satu ini biasanya hadir dengan berbagai toping, seperti pepperoni, sosis, paprika, dan lainnya. Namun siapa sangka bahwa varian makanan yang satu ini pernah hadir dengan tujuh jenis keju di dalamnya. Makanan ini biasanya selalu hadir pada mau men berkumpul dengan teman ataupun keluarga Anda. Maka tidak heran jika makanan ini menjadi makanan yang mampu dinikmati oleh berbagai kalangan dalam porsi yang besar.

Nah, itulah deretan makanan makanan yang wajib Anda coba jika Anda mengaku sebagai seorang pecinta keju. Tentunya bagi para pecinta Kije berbagai macam jenis keju tidak akan pernah membuat lidah mereka bosan. Mereka akan tertantang dan selalu ingin mencoba berbagai jenis keju yang ada untuk merasakan sensasinya. Keju menjadi makanan yang paling umum dan paling banyak disukai oleh masyarakat karena memiliki Citarasa yang Gurih dan juga manis secara bersamaan sebab keju sendiri memang dibuat dari bahan dasar susu. Bagaimana, semakin tertarik untuk mencobanya bukan?

Variasi Olahan Tahu Anti Ribet : Tofu Pudding dan Nugget Tahu

Tahu merupakan bahan makanan yang sangat mudah andai jumpai dalam keseharian anda. tahu biasa nya dimasak  menjadi lauk dengan dijadikan oseng tahu, tahu goreng, atau tumis tahu. Jika untuk dijadikan cemilan, biasa nya tahu akan digoreng dan diberi bumbu atau dijadikan tahu isi.

Nah anda ingin merasakan sensasi mengemil tahu dengan varian yang berbeda ? Sudah pernah mendengar tentang tahu yang dibuat menjadi puding atau nugget ? Jika belum, berikut ini akan disajikan cara membuat kedua resep cemilan tersebut yang bisa dengan mudah anda lakukan di rumah. Yuk simak kreasi di bawah ini.

 

  • Resep Nugget Tahu Anti Ribet

Biasa nya nugget dibuat dari ayam kan ? Nah, siapa sangka ternyata tahu dapat dijadikan nugget juga loh ! Brikut resep nya untuk anda.

Bahan – bahan yang dibutuhkan :

  • 8 sampai 10 tahu putih ( jangan yang kulit agar lebih mudah membuat nya )
  • 1 buah wortel segar
  • 2 batang daun bawang
  • 5 batang daun seledri
  • ½ sendok teh merica ( yang bubuk agar lebih praktis )
  • 2 buah putih telur ayam
  • Garam secukup nya
  • 3 sendok makan tepung terigu
  • 5 buah bawang putih

Cara membuat :

  • Hancurkan tahu putih hingga halus. Parut juga wortel dan potong – potong tipis daun bawang dan juga daun seledri.
  • Haluskan pula bawang putih dan campurkan dengan adonan tahu, wortel, daun bawang, dan juga seledri.
  • Siapkan loyang yang telah diberikan margarin dan kemudian kukuslah adonan tahu tersebut selama kurang lebih 20 hingga 25 menit.
  • Jika sudah matang, diamkan adonan tersebut hingga dingin. Jika sudah dingin, potong – potong adonan sesuai keinginan anda dan celupkan ke dalam kocokan putih telur. Setelah dicelupkan balurkan juga dengan tepung roti lalu goreng tahu hingga keemasan.
  • Nugget tahu siap untuk dihidangkan.

Variasi Olahan Tahu Anti Ribet : Tofu Pudding dan Nugget Tahu

  • Resep Tofu Pudding

Tahu gurih membuat anda mudah bosan ? Nah berikut ini adalah resep olahan tahu yang memberikan rasa manis dan sensasi yang berbeda. Yuk simak resep nya.

Bahan – bahan yang dibutuhkan :

  • 75 gram gula pasir halus
  • 100 gram tofu
  • 700 ml air matang
  • 1 bungkus agar – agar bubuk ( yang rasa nya netral saja )
  • 50 ml putih telur
  • 1 buah kuning telur
  • ½ sendok teh garam
  • 75 ml kental manis yang putih

Bahan untuk saus puding :

  • 2 lembar daun pandan
  • 50 gram gula pasir
  • ¼ sendok teh garam
  • 200 ml santan kelapa kental

Cara membuat Tofu Pudding :

  • Panaskan air dan juga agar – agar bubuk. Tunggu hingga mendidih
  • Kocok kuning telur dengan kental manis sampai merata, lalu campurkan sebagian agar – agar yang telah mendidih dan kocok hingga tercampur dengan rata.
  • Masukkan campuran adonan tersebut dan tambahkan tofu yang telah di potong. Jika sudah mendidih, tuang ke dalam wadah dan biarkan hingga dingin.
  • Untuk membuat saus, campurkan semua bahan besamaan hingga mendidih dan sajikan saus bersama dengan tofu pudding.

    Variasi Olahan Tahu Anti Ribet : Tofu Pudding dan Nugget Tahu

 

Resep Olahan Lasagna, Pasta Lezat Tanpa Oven

Pasta di kawasan Italia merupakan jenis makanan pokok yang biasa dikonsumsi sehari – hari oleh para masyarakat lokal. Di Indonesia, pasta juga sangat populer sebagai salah satu menu selingan. Namun pasta biasa nya di banderol dengan harga yang cukup mahal.

Karena alasan harga inilah masyarakat Indonesia kurang tetarik untuk mengkonsumsi pasta sebagai menu makanan harian mereka. Namun jangan khawatir. Dibawah ini terdapat menu pasta yang dimasak dengan mudah tanpa harus melalui oven dan dapat juga dibuat di rumha. Penasaran kan ? Yuk kita simak menu di bawah ini.

 

Resep Olahan Lasagna, Pasta Lezat Tanpa Oven

  • Steamed Lasagna ( Lasagna Kukus )

Jika anda salah satu pecinta pasta, anda tentu sudah tidak asing dengan menu ini. Lasagna. Untuk membuat nya dirumah ternyata cukup mudah loh. Anda hanya perlu menyiapkan :

  • 5 sampai 8 lembar lasagna yang direbus terlebih dahulu
  • Keju parutan yang cukup banyak agar cita rasa nya semakin kaya.

Untuk bahan saus, anda dapat menyiapkan :

  • ¼ kg daging yang sudah dicincang,
  • 1 sendok makan mentega,
  • 1 bawang bombay yang telah dicincang,
  • 2 buah tomat yang dipotong kecil – kecil,
  • 2 bawang putih yang sudah dicincang halus,
  • ½ sendok makan tepung terigu,
  • 2 sendok makan saus tomat,
  • Garam secukup nya ,
  • Merica secukup nya,
  • jamur ( opsional, bisa diganti dengan yang lain ),
  • kaldu sapi bubuk,
  • 150 ml susu cair murni dan
  • minyak secukup nya untuk menumis.

Resep Olahan Lasagna, Pasta Lezat Tanpa Oven

Untuk membuat nya dapat anda ikuti beberapa langkah – langkah di bawah ini :

  • gunakan wajan yang tidak mudah lengket ( anti lengket ) dan tambahkan minyak goreng sedikit saja di atas wajan. Tumis daging yang telah digiling bersamaan dengan bawang bombay dan juga bawang putih. Tumis hingga warna nya berubah. Tambahkan juga merica dan garam agar menambah cita rasa.
  • Masukkan tomat dan juga air sedikit saja. Ini bertujuan agar tumisan tadi tidak kering dan juga tomat tidak mudah hancur. Tambahkan juga susu cair dan aduk hingga mendidih.
  • Setelah itu masukkan tepung terigu agar tumisan menjadi kental. Jika menurut anda terlalu kental, anda dapat menambahkan sedikit air lagi. Masukkan juga kaldu bubuk dan juga cabai jika anda menyukai rasa yang pedas.
  • Setelah tercampur, masukkan setengah parutan keju dan aduk hingga saus matang dengan sempurna. Tambahkan juga jamur ( opsional ) dan tunggu sampai matang dan angkat.
  • Lalu siapkan alumunium foil dan leskan sedikit saus yang telah anda buat tadi pada bagian bawah. Kemudian letakkan selembar lasagna dan berikan saus yang telah anda buat. Lakukan hingga bahan habis dan di bagian paling atas tambahkan parutan keju lalu kukus. Tunggu hingga lasagna matang kurang lebih 20 hingga 25 menit.
  • Steamed lasagna siap untuk dihidangkan.

Resep Masakan Membuat Egg Salad Super Sehat

Telur pasti sangat akrab dalam telinga anda. Hampir di setiap rumah pasti memiliki telur yang disimpan di dalam lemari penyimpanan. Telur merupakan salah satu bahan makanan yang menjadi favorit setiap orang. Selain rasa nya yang enak dan tekstur nya yang lembut, telur juga mudah untuk diolah dan juga dikreasikan menjadi berbagai macam varian makanan, misal nya menjadi telur dadar, scrambled egg, telur mata sapi, telur gulung, dan berbagai variasi santapan lain nya. Telur juga kaya akan vitamin, yaitu vitamin A, D, B12, E, B2, mineral, dan juga zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Selain itu, telur juga merupakan bahan makanan dengan sumber protein tinggi.

Dilihat dari manfaat dan juga gizi di dalam nya, tak heran jika banyak ditemukan makanan yang menggunakan telur di dalam nya sebagai pelengkap atau pun sebagai bahan utama. Salah satu masakan yang menggunakan bahan telur yaitu Salad Telur ( Egg Salad ).

Egg Salad merupakan salah satu menu makanan yang mengkombinasikan telur rebus dengan beberapa bahan lain. Egg salad ini cukup populer menjadi menu sarapan atau menu yang dibawa sat berpiknik.

Ternyata, membuat Egg Salad ini cukup mudah loh ! Egg Salad ini juga bisa anda disantap bersama dengan crackers atau roti dan sayuran. Yuk simak cara membuat Egg Salad berikut ini.

Bahan – bahan :

  • 6 – 8 butir telur ayam
  • 1 sendok teh mustard
  • ½ gelas kecil mayonaise
  • ¼ cabai yang dihaluskan ( bubuk )
  • 1 buah ruas daun bawang
  • Sedikit daun parsley

Cara Membuat Egg Salad :

  • Rebuslah telur ayam dan tunggu hingga telur tersebut matang.
  • Setelah matang, angkat telur dari panci dan tiriskan. Jika sudah tidak terlalu panas, kupas telur tesebut dan potong – potong telur rebus menjadi beberapa bagian kecil.
  • Kemudian letakkan potongan – potongan telur tersebut ke dalam mangkok dan tambahkan mustard serta mayonaise, lalu aduk hingga tercampur dengan rata.
  • Cincang 1 ruas daun bawang dan juga parsley tipis – tipis.
  • Tambahkan cincangan tersebut ke telur yang sudah dicampurkan dengan mustard dan mayonaise. Lalu tambahkan lada bubuk serta cabai bubuk, garam, dan aduk hingga merata.
  • Egg salad telah siap untuk disantap

Untuk menyantap nya, anda bisa juga mengkombinasikan egg salad ini dengan roti, crackers, atau pun sayuran sesuai dengan selera anda. Anda juga dapat menjadikan egg salad ini menjadi isian dari sandwich dan bisa anda jadikan bekal untuk dibawa bekerja atau piknik. Cukup meletakkan egg salad diantara 2 roti tawar maka jadilah sandwich anti ribet.

Egg salad ini dapat disimpan di dalam kulkas dengan menggunakan tempat yang bertutup rapat ( tupperware ). Menu ini sangatlah mudah dibuat dan juga sangat praktis dalam penyajian nya. Anda dapat menyajikan egg salad kapan pun yang anda inginkan.

Semoga menu di atas dapat menjadi tambahan referensi masakan harian anda ya netter. Selamat mencoba !

 

 

Resep Cemilan Sehat Masa Kini : Roll Cabbage With Chicken and Shrimp ( Kol isi Ayam dan Udang )

Anda tentu sudah tidak asing dengan sayuran kol bukan ? Bagi anda yang pecinta sayuran, kol tentu sangat familiar. Sayuran kol ini biasa nya dapat anda temui ketika anda membeli jajanan siomay, atau ketika anda memakan sup. Kol merupakan jenis sayuran yang memiliki rasa netral, sehingga banyak orang yang senang mengkonsumsi nya sehari – hari.

Namun jika kol dikonsumsi dengan cara yang biasa tentu mudah membuat anda bosan bukan ? Nah berikut ini adalah salah satu resep variasi dengan menggunakan bahan kol dan beberapa bahan pelengkap lain nya. Bagi anda yang menginginkan inovasi resep cemilan nan sehat untuk santapan bersama keluarga anda dapat mencoba resep ini. Yuk simak resep inovatif di bawah ini !

Resep Roll Cabbage With Chicken and Shrimp

Bahan Utama :

  • 1 buah sayuran kol

Bahan – bahan Untuk Isian :

  • 80 gram udang kupas
  • 1 butir telur ayam
  • 100 gram daging ayam potong
  • ½ sendok makan tepung maizena
  • ½ sendok teh saus tiram
  • ½ sendok teh gula pasir halus
  • ½ sendok teh merica yang sudah dihaluskan ( atau merica bubuk )
  • Garam secukup nya ( bisa juga diganti menggunakan bumbu penyedap )

Cara Membuat Roll Cabbage With Chicken and Shrimp :

  • Cincang sampai halus daging ayam dan juga udang yang telah dikupas. Jika anda memiliki mesin pencincang daging ( food processor ), maka anda dapat menggunakan nya akan mempermudah proses nya.
  • Setelah dicincang dengan halus, campur ayam dan juga udang tersebut dengan 1 butir telur, tepung maizena, bawang putih, saus tiram, gula pasir, dan juga garam.
  • Aduk merata seluruh bahan isian yang telah dicampurkan. Untuk mencoba apa rasa nya sudah sesuai dengan selera anda, anda dapat menggoreng sedikit adonan isian dan mencicipi nya.
  • Jika rasa nya sudah sesuai, siapkan beberapa bagian lembar sayuran kol. Pilih bagian kol yang lebar.
  • Celupkan kol tersebut ke dalam air yang mendidih sebentar saja, sampai kol tersebut layu.
  • Masukkan bahan isian yang telah dicampurkan dengan bumbu ke dalam kol yang sudah layu lalu gulung hingga berbentuk seperti siomay. Buatlah sejumlah yang anda inginkan.
  • Kukus kol tersebut selama kurang lebih 20 menit atau hingga masakan tersebut matang.
  • Setelah matang, angkat kol dan sajikan bersama dengan saus pedas atau dengan mayonaise.
  • Roll Cabbage With Chicken and Shrimp siap disantap.

 

Nah, itulah Resep Roll Cabbage With Chicken and Shrimp yang lezat dan juga sehat. Mudah bukan membuat nya ? Anda dapat mencoba membuat sendiri resep tersebut di rumah dan dapat disantap bersama dengan keluarga sambil menikmati tayangan televisi bersama. Anda juga dapat mengkreasikan resep tersebut dengan mengganti isian nya sesuai dengan selera anda. Bisa menggunakan kornet, sosis, bakso, telur, cumi, atau berbagai kreasi lain nya. Selamat mencoba

Kumpulan Resep Ayam Goreng Renyah ( Crispy Chicken ) Ala KFC

Sebagian besar dari anda pasti pernah merasakan kerenyahan dari ayam goreng di Kentucky Fried Chicken ( KFC ). Rasa renyah yang membuat ketagihan ini juga mengundang rasa penasaran para penikmat nya mengenai resep yang digunakan.

Kunci rahasia dari resep ayam renyah ala KFC itu ternyata terletak pada penggunaan tepung dalam proses memasak nya. Teknik menggoreng nya pun disarankan untuk menggunakan teknik deep frying dengan menggunakan minyak yang banyak agar seluruh permukaan ayam dapat tergoreng dengan merata.

Nah berikut ini adalah bahan – bahan dan cara membuat ayam goreng renyah ala KFC :

Kumpulan Resep Resep Ayam Goreng Renyah ( Crispy Chicken ) Ala KFC

 

Bahan – bahan :

  • 1 sendok teh bawang putih yang telah dihaluskan
  • 1 kg ayam yang telah dipotong – potong
  • 1 sendok teh lada yang telah dihaluskan
  • Minyak goreng
  • ½ sendok teh garam
  • ¼ sendok teh bubuk cabai merah ( opsional )

Tepung Pelapis Cair ( yang dicairkan ) :

  • 300 gram tepung terigu
  • 40 gram tepung maizena
  • ½ sendok makan susu bubuk
  • ½ sendok teh garam
  • 1 buah kuning telur
  • Baking powder secukup nya
  • 1 sendok teh lada yang telah dihaluskan
  • 300 ml air es

Tepung Pelapis Kering ( yang kering ) :

  • 400 gram tepung terigu
  • ½ sendok teh baking soda
  • 100 g tepung maizena
  • Bumbu penyedap secukup nya
  • 1 sendok teh bawang putih yang dihaluskan ( dalam bentuk bubuk )
  • Garam secukup nya

Kumpulan Resep Resep Ayam Goreng Renyah ( Crispy Chicken ) Ala KFC

Cara Membuat Crispy Chicken :

  • Campurkan bahan – bahan tepung pelapis cair ( yang dicairkan ) yaitu tepung maizena, tepung terigu, susu bubuk, baking powder, lada bubuk, dan juga garam menjadi satu lalu aduk hingga semua bahan tercampur dengan merata. Setelah itu tambahkan kuning telur dan air ( dengan bertahap sedikit demi sedikit ) agar semua bahan dapat menyatu. Setelah seluruh bahan tepung pelapis cair terampur rata, simpan sementara di dalam kulkas atau tempat yang tidak terkena panas.
  • Langkah berikut nya, sampurkan seluruh bahan – bahan dari tepung pelapis kering ( ingat bahan tersebut tidak dilarutkan dengan air ya ! ). Setelah tercampur rata, simpan sementara tepung pelapis kering tersebut berdampingan dengan tepung pelapis cair.
  • Ambil beberapa bagian ayam yang telah dipotong – potong dan bumbui dengan garam, lada, bawang putih, dan juga bubuk cabe merah ( opsional ). Diamkan ayam yang telah dibumbui tersebut selama kurang lebih 10 hingga 15 menit agar semua bumbu dapat terserap dengan merata.
  • Setelah bumbu mulai meresap, masukkan ayam ke dalam tepung pelapis cair hingga ayam terlapisi dengan merata. Setelah itu, lapisi ayam tersebut dengan tepung pelapis kering. Lakukan tahap ini 2 kali jika menginginkan ayam yang lebih renyah lagi.
  • Setelah itu, panaskan minyak goreng dalam panas api yang sedang. Masukkan ayam ke dalam minyak goreng dan tunggu hingga permukaan ayamn berwarna kuning keemasan secara merata. Setelah matang, angkat ayam tersebut dan tiriskan agar minyak tidak menempel pada ayam.
  • Ayam Goreng Renyah ( Crispy Chicken ) Ala KFC siap untuk dihidangkan dan disantap bersama keluarga dan orang terkasih.