Ternyata Seperti Ini Resep Masakan Ayam Bakar Taliwang Khas Restoran

Ternyata Seperti Ini Resep Masakan Ayam Bakar Taliwang Khas Restoran. Ayam bakar taliwang merupakan salah satu menu masakan dari luar pulau jawa tepatnya dari nusa tenggara barat. Jika anda pernah mencicipinya di restoran atau warung, dan ketagihan untuk makan lagi, tidak ada salahnya untuk mencoba resep ayam bakar ini. Kami telah menyediakan resep ayam bakar taliwang yang biasanya banyak di jual di restoran. Mari kita ikuti cara memasaknya dan praktekkan sendiri langsung di dapur rumah anda.

Ayam bakar taliwang konon resepnya berasal dari desa taliwang yang ada di kampung taliwang karang. Masakan ayam taliwang ini memiliki ciri khas yaitu rasa bumbu yang gurih meresap dengan paduan rasa manis dan pedas.

Di nusa tenggara biasanya ayam taliwang ini disajikan bersama dengan plecing kangkung. Kini untuk menyantap ayam bakar taliwang kita tidka perlu jauh jauh datang ke nusa tenggara barat. Kini ayam bakar taliwang dapat kita temui di banyak restoran dan warung ayam di luar nusa tenggara.

Untuk memasak masakan ayam taliwang ini, anda harus menyiapakn bumbu dan bahan bahanya terlebih dahulu. Perhatikan pula cara masaknya agar tidak salah. Yuk, catat bahan dan bumbu yang harus ada serta bagaimana cara memasaknya.

Ternyata Seperti Ini Resep Masakan Ayam Bakar Taliwang Khas Restoran

Bumbu-bumbu yang dibutuhkan:

  • Satu ekor ayam di cuci bersih dan potong potong sesuai selera
  • Air kurang lebih 200 ml
  • Minyak goreng untuk menumis bumbu satu sendok makan
  • Perasan jeruk limau kurang lebih 2 sendo makan
  • Garam secukupnya

Bumbu ayam bakar taliwang yang harus di haluskan:

  • 7 butir bawang merah
  • 5 butir bawang putih
  • 6 buah sabe merah
  • Tomat satu buah
  • Terasi kurang lebih satu sendok teh
  • Gula merah secukupnya
  • Gram dan gula pasir secukupnya

Nah setelah bumbu tersebut di haluskan siapkan smeua bahanya dan kita akan memulai memasak:

  • Dada ayam tersebut di belah namun jangan sampai putus, renggangkan dan kemudian tekan
  • Ayam yang disudah di belah, di lumuri dengan perasan jeruk limau tersebut dan garam diamkan kurang lebih hingga 30 menit
  • Tumis bumbu halus hingga baunya harum
  • Masukkan ayam di aduk aduk hingga ayam kaku
  • Masukkan air hingga terendam ayamnya kemudian masak
  • Gunakan api sedang hingga air meresap dan matang
  • Setelah bumbu meresap tiriskan ayam
  • Bakar ayam di atas api dengan di olesi sisa bumbu yang masih ada
  • Bolak balik ayam hingga tercium aroma sedap
  • Setelah cukup matang dan baunya harum angkat
  • Ayam bakar taliwang siap di sajikan

Ayam bakar taliwang paling pas di sajikan dengan nasi hangat yang pulen. Jika anda ingin menyajikan ayam ini sesuai dari daerah di nusa tenggara tidak ada salahnya membuat plecing kangkung khas dari daerah sana. Sehingga sajian masakan ayam taliwang ini akan semakin komplit. Namun anda juga bisa menyantapnya dengan nasi, sambal dan kerupuk udah.

Nah sajian ini sangat tepat dijadikan menu makan siang atau saat ada acara keluarga atau acara bersama dengan teman teman. Setelah tahu bagaimana cara memasak ayam bakar taliwang tidak ada salahnya kan mencoba untuk memasaknya sendiri dirumah. Anda bisa menjadi resep ayam bakar taliwang ini sebagai resep kreasi keluarga yang diimasak bersama dengan anggota keluarga  yang lain. Selamat mencoba resep ayam bakar taliwang.

Gudeg Makanan Khas Jawa Tengah yang Melegenda

Merasakan kuliner khas dari beberapa daerah menjadi hal yang sangat disukai oleh siapapun. Apalagi di Indonesia ada banyak sekali makanan atau kuliner khas yang tersebar di seluruh daerah. Salah satu makanan yang sangat populer dan disukai oleh banyak orang yaitu gudeg. Makanan yang satu ini berasal dari Yogyakarta dan Jawa Tengah. Meskipun terbilang sebagai makanan tradisional, namun makanan ini begitu melegenda.

Gudeg Makanan Khas dari Yogyakarta

Pada awal pekembangannya, memang banyak sekali orang yang lebih mengenal gudeg ini berasal dari daerah Yogryakarta. Itulah mengapa daerah tersebut menjapatkan julukan sebagai kota gudeg. Sejarah dari gudeg yang ada di Yogyakarta ini bermula dengan pembangunan dari kejaraan mataran islam yang ada di ala mentaok daerah kota gede pada tahun 1500-an. Makanan gudeg ini sebenarnya bukanlah makanan yang berasal dari kerajaan, malah makanan ini dari para rakyat. Pada abad ke 19 masih belum banyak orang yang menjual makanan gudeg ini, dikarenakan proses masaknya yang cukup lama. Barulah pada tahun 1940-an makanan gudeg ini sudah banyak yang menjual bersamaan dengan pembangunan unversitas gajah mada oleh presiden soekarno dan bertahan hingga saat ini.

Gudeg Makanan Khas dari Yogyakarta

Makanan gudeg ini terbuat dari nangka yang masih mudah dan mentah atau dalam bahasa jawa dikenal dengan gori. Karena gudeg merupakan oahan nangka muda, tak heran jika proses memasaknya cukup lama. Untuk memasaknya dilakukan dengan cara merebus selama bebera jam. Yang mana direbus dengan menggunakan santan, rempah-rempah, gula aren dan masih ada bahan tambahan yang lain seperti bawang merah, bawang putih, biji ketumbar, kemiri, daun salam, lengkuas, dan daun jati yang dapat memberikan warna coklat yang sedikit kemerahan pada makanan. Adanya perpaduan dari bumbu-bumbu tersebut yang menjadikan cita rasa gudeg menjadi manis. Selain itu juga memberikan cita rasa khas dan juga enak tentu sangat pas sekali dengan selera dari masyarakat jawa. Hal tersebut sering sekali digambarkan dengan nangka hijau rebus yang memiliki cita rasa manis.

Gudeg Dapat Dinikmati Dengan Dua Cara

Gudeg juga memiliki siraman santan atau yang lebih dikenal dengan areh gudeg. Pada umumnya, areh ini disirah pada bagian atas dari sayuran gudeg. Siraman dari areh gudeg inilah yang membuat cita rasa terasa begitu gurih. Disajikan dengan begitu sederhana, gudeg dianggap sebagai salah satu makanan vegetarian. Hal tersebut dikarenakan hanya terdiri dari santan dan juga nangka mentah. Tetapi, pada umumnya gudeg ini disajikan dengan lauk sebagai pelengkapnya seperti ayam dan juga telur. Selain itu, gudeg juga disajikan dengan menggunakan nasi putih, ayam baik itu diolah dengan cara digoreng atau diopor, olahan telur seperti opor telur, telur rebus, telur pindang. Selan itu masih ada lagi tahu dan juga tempe serta sambal goreng krecek sup yang mana terbuat dari kulit sapi yang begitu renyah.

Gudeg sendiri memiliki beberapa jenis seperti gudeg basah dan kering. Untuk gudeg yang kering terdapat sedikit santan dengan sedikit siraman sau santan, sedangkan untuk gudeg yang basah terdapat banyak sekali siraman santan. Pada umumnya gudeg yang berasal dari daerah Yogyakarta memiliki cita rasa yang lebih manis, kering dan juga mempunyai warna yang kemerahan karena ada tambahan dari daun jati untuk pewarnanya. Sedangkan untuk gudeg yang solo lebih pekat, berair dan terdapat banyak sekali santan. Selain itu berwarna agak putih karena tidak ada tambahan dari daun jati. Nah, itulah beberapa informasi mengenai makanan gudeg yang begitu khas dan melegenda sekali.

Jajanan Unik Khas Kota Bandung

Bandung merupakan salah satu kota besar yang sangat terkenal di Indonesia. Biasanya, banyak orang mengenal bandung sebagai sebuah kota kembang atau kota besar. Tapi meski demikian, sebenarnya Bandung sendiri tetap merupakan sebuah daerah di Indonesia yang kaya dengan budaya. Diantaranya bisa dilihat dari berbagai kebiasaan masyarakat yang masih menampilkan budaya khas daerah Bandung. Dan tentu saja, kekayaan budaya khas Bandung juga masih bisa anda lihat dari kulinernya. Jika berbicara soal kuliner khas bandung yang unik itu sendiri, pasti anda akan menemukan banyak hidangan bisa anda cicipi.

Jajanan Terkenal Dari Kota Bandung

Jajanan Terkenal Dari Kota Bandung

Namun pada kali ini, kita akan membahas bersama tentang hidangan janjanan yang lumayan sering dicicipi anak sekolah dan para turis di daerah bandung. Hidangan jajanan yang sangat terkenal dari daerah Bandung tersebut adalah seblak. Seblak merupakan sebuah hidangan yang dibuat dari kerupuk / kerupuk basah. Sebenarnya, seblak sendiri memiliki 2 jenis tersendiri yaitu seblak kering dan seblak basah. Tapi pada saat ini, banyak orang lebih mengenal seblak basah ketimbang seblak kering. Sehingga lebih banyak orang menyajikan seblak basah pada saat ini. casino online

Dalam penyajian seblak, pada saat ini terdapat berbagai variasi dalam penyajiannya. Namun dasar penyajian tetaplah sama. Maksudnya, secara mendasar, seblak disajikan dengan kerupuk basah yang diberi kuah. Dimana bumbu-bumbu juga digunakan dalam menyajikan masakan jajanan ini seperti rempah kencur, bawang, capai, dan garam. Hingga cita rasa dari hidangan jajanan seblak sendiri memberikan rasa yang lebih cenderung ke pedas dan gurih. Selain disajikan secara mendasar seperti yang disebutkan, seblak juga disajikan dengan beraneka ragam isian dan toping. Pada saat ini berbagai isian dan toping digunakan dalam menyajikan seblak seperti adanya kerupuk, sayuran, hingga telur ayam, boga bahari, serta berbagai olahan daging sapi.

Terdapat Berbagai Varian Toping Sebagai Pelengkap Sablak

Selain itu, ada juga yang menyajikan dengan toping dan isian yang variatif seperti sosis, jamur, bakso, dan lain sebagainya. Karena harganya yang cukup murah, hidangan janjanan ini sendiri cukup terkenal dikalangan pelajar. Karena sangat cocok disantap waktu jam istirahat untuk mengisi perut. Namun selain itu, hidangan ini sebenarnya juga sangat sering dicicipi oleh turis. Baik turis manca negara maupun turis asing yang pernah berkunjung ke bandung. Karena itu, jika anda juga akan berkunjung ke bandung, anda mungkin sangat kami anjurkan untuk mencicipi hidangan janjanan unik khas bandung yang satu ini.

Baca JugaPindang Tulang Meranjat, Bikin Lidah Terperanjat

Jajanan seblak sendiri bisa anda temukan di berbagai daerah di Bandung. Baik penyedia jajanan kecil hingga besar banyak yang sudah meyajikan jajanan yang satu ini. Dan untuk bisa menyantap hidangan seblak ini anda bisa memperolehnya dengan harga yang cukup murah. Mulai dari 4 ribu rupiah saja hingga sampai 15 ribu rupiah tergantung dari isian dan toping yang anda ingin gunakan. Keunikan dari hidangan jajanan seblak ini sendiri adalah anda bisa mencocokkan dan memilih sendiri isian dan toping yang ingin anda gunakan. Jika anda mendatangi daerah bandung dan ingin mencoba jajanan ini, bahkan diantara satu tempat dan tempat lain bisa saja memiliki tawaran isian dan toping yang berbeda-beda. Karena itulah, hidangan jajanan ini menjadi hidangan jajanan yang unik dan sangat cocok dinikmati oleh turis yang berkunjung ke bandung. Namun sebagai informasi tambahan, hidangan jajanan seblak sendiri juga dikabarkan menjadi jajanan hits yang banyak dinikmati oleh kalangan muda pada saat ini.

Pindang Tulang Meranjat, Bikin Lidah Terperanjat

Palembang merupakan salah satu daerah di Indonesia yang mempunyai warisan budaya yang luhur. Terlebih daerah ini pernah menjadi ibu kota dari kerajaan besar Indonesia pada masa lampau, yaitu sriwijaya. Karena itu, anda akan bisa menemukan berbagai kebudayaan unik yang khas dari daerah ini.

Banyak Masakan Khas Kota Palembang Yang Memikat

Kebudayaan khas palembang sangat tergambar dari kehidupan sehari-hari masyarakat palembang, cara bersosial, hingga sampai pada hidangan masakan. Jika berbicara soal hidangan masakan khas palembang, banyak dari anda pasti akan langsung memikirkan pempek. Memang pempek merupakan sebuah masakan khas dari daerah palembang yang sudah sangat terkenal hampir diseluruh bagian wilayah Indonesia. Namun, anda harus mengetahui bahwa pempek bukan saja merupakan satu-satunya masakan khas yang bisa anda temukan di palembang.

Pindang Tulang Meranjat Salah Satu Masakan Khas Palembang

Karena masih ada banyak hidangan lain yang menggugah selera di lidah jika di cicipi berasal dari daerah palembang ini. Selain pempek, di palembang anda juga bisa menemukan hidangan masakan khas lain seperti mie celor, martabak khas palembang, dan masih banyak lagi. Tapi, yang paling unik diantaranya pastilah pindang tulang meranjat. Pindang tulang meranjat merupakan salah satu masakan yang harus anda cicipi paling pertama selain pempek jika anda berkunjung ke palembang.

Pindang tulang meranjat sendiri merupakan sebuah hidangan masakan palembang unik yang sering membuat orang salah mengira. Karena banyak orang salah mengira bahwa pindang tulang meranjat dibuat dari ikan pindang. Pasalnya, palembang merupakan daerah penangkapan ikan laut yang besar. Maka dari itu, banyak masakan khas palembang juga dibuat dengan bahan dasar ikan laut. Tapi berbeda dengan hidangan masakan khas palembang yang satu ini. Karena pindang tulan meranjat tidak dibuat dengan bahan ikan laut. Namun dibuat dengan bahan dasar daging sapi yang dijadikan sebuah masakan khas yang sangat lezat.

Pindang Tulang Meranjat Salah Satu Masakan Khas Palembang

Ya, pindang tulang meranjat merupakan sebuah hidangan berkuah dengan berbahan daging sapi khas palembang. Lebih tepatnya, pindang tulang meranjat menggunakan bahan dari iga sapi sebagai bahan utamanya. Biasanya, bahan iga sapi yang menjadi bahan pembuatan pindang tulang meranjat menggunakan iga sapi muda. Dalam membuat pindang tulang meranjat, biasanya digunakan iga sapi muda yang merupakan daging iga yang masih menempel dengan tulang dan masih terdapat sumsum pada tulang tersebut. Pembuatannya adalah dengan terlebih dahulu merebus iga sapi mudah kemudian menggunakan berbagai bumbu rempah khas palembang sebagai bahan pembuat kuah.

Hidangan pindang tulang meranjat sendiri menjadi masakan yang harus anda cicipi di palembang karena cita rasanya. Cita rasa hidangan ini sangatlah khas dengan rebusan daging iga sapi yang direbus dengan rempah-rempah palembang berjam-jam. Membuat rasa yang sangat lezat ketika dinikmati. Selain itu, kuah dari pindang tulan meranjat sendiri cenderung memberikan kesan rasa yang segar. Sehingga membuat anda pasti akan selalu senang menikmati hidangan ini. Biasanya, pindang tulan meranjat sendiri disajikan dengan taburan daun bawang dan seledri. Dan juga biasanya orang menikmatinya dengan tambahan nasi karena hindangan ini juga cocok dinikmati dengan semangkuk nasi. Hidangan ini sendiri memiliki rasa yang sangat komplek mulai dari gurih, asam, manis, segar, hingga pedas. Semua cita rasa ini berbaur menjadi satu namun tetap terasa saling terhubung dan terasa lezat di lidah. Pastikan anda mencicipi hidangan ini jika anda berkunjung ke palembang karena dijamin bisa membuat lidah anda terasa terperanjat ketika mencicipinya.

Mie Celor, Mie Khas Palembang Yang Terasa Nendang

Mie merupakan sebuah jenis makanan yang saat ini sudah sangat mendunia. Bahkan, diberbagai derah diseluruh dunia, anda bisa menemukan berbagai jenis masakan mie yang berbeda-beda. Termasuk di Indonesia, berbagai jenis masakan mie bisa anda temukan. Bahkan di Indonesia, berbagai derah memiliki juga berbagai masakan mie khas daerah masing-masing. Jika anda berkunjung ke Medan anda mungkin akan menemukan masakan mie gomak khas medan. Lalu jika anda berkunjung ke Aceh anda mungkin akan menemukan masakan mie khas aceh. Dan jika anda berkunjung ke Palembang, anda pasti juga akan menemukan masakan mie khas daerah ini tersendiri.

Daya Tarik Kota Palembang Tidak Hanya Keindahan Alam

Daya Tarik Kota Palembang Tidak Hanya Keindahan Alam

Palembang pastinya tidak hanya memiliki keindahan alam yang akan selalu menawan dan mempesona anda yang mengunjunginya. Namun juga berbagai masakan dan makanan yang berasal dari daerah ini tidak akan gagal juga mempesona lidah anda. Jika berbicara soal masakan mie, palembang juga memiliki masakan mie yang memiliki rasa sangat nendang di lidah. Dimana di Palembang, masakan mie yang khas dan sangat terkenal di daerah ini merupakan mie celor. Mie celor juga sering disebut oleh banyak orang sebagai spagheti asli dari bumi sriwijaya.

Mie celor sendiri merupakan sebuah hidangan mie yang disajikan dengan kuah dengan campuran santan dan kaldu ebi. Biasanya mie celor juga dilengkapi dengan berbagai isian seperti isian telur, udang, daun bawang, seledri, dan masih banyak lagi tergantung selera. Hidangan mie celor sendiri sampai saat ini merupakan salah satu dari hidangan andalan palembang. Mie celor sendiri pada dasarnya hampir mirip dengan mie aceh juga mie udon asal jepang. Namun hidangan ini sudah diakui sebagai masakan khas warisan leluhur dari palembang. Dalam menyajikan hidangan mie celor ini, hampir semua penjual akan membuat bahan-bahan yang dibutuhkan secara mandiri. dewa poker

Cita Rasa Mie Celor Asal Kota Palembang

Karena itu, cita rasa mie celor bisa anda temukan berbeda-beda meski memiliki dasar rasa yang sama. Inilah yang membuat mie celor sangat terasa unik ketika dicicipi karena pasti akan selalu terasa unik, baru, dan segar untuk anda. Mie celor sendiri dibuat dengan bumbu-bumbu yang sangat khas palembang. Seperti mulai dengan kuah campuran santan dan kaldu ebi, juga terdapat campuran tepung terigu dan susu. Campuran khas palembang akan digunakan tidak hanya pada pembuatan mie saja, namun juga pembuatan kuahnya. Sehingga rasa dari hidangan ini terasa sangat menggetar dan nendang dilidah dengan rasa gurihnya. Sekali anda mencoba, pasti anda tidak akan tega meninggalkannya walau hanya sesuap saja.

Baca JugaVariasi Masakan Nasi Goreng untuk Memanjakan Lidah

Jika anda mengunjungi palembang, selain mencoba mencicipi pempek khas daerah ini, jangan lupa juga mencicipi hidnangan mie celor ini. Anda pasti tidak akan menyesal jika sudah mencicipi hidangan mie khas palembang ini. Bahkan, banyak orang yang berkunjung ke palembang dan mencicipi hidangan mie celor akan selalu merindukan hidangan khas leluhur palembang ini. Untuk mendapatkan seporsi mie celor, anda tidak akan kerepotan. Karena hidangna mie celor ini bisa anda temukan di berbagai tempat di daerah palembang. Banyak rumah makan dan restoran yang menyajikan hidangan ini. Dan tentunya, anda bisa mendapatkan hidangan mie celor ini dengan ragam harga yang bervariasi. Namun pada dasarnya, anda sudah bisa mencicipi hidangan mie celor khas palembang ini dengan harga 15 ribu rupiah saja. Dan anda sudah bisa menikmati hidangan mie khas palembang yang bikin nendang di lindah.

Cita Rasa Spagheti Khas Medan

Medan merupakan sebuah daerah di Indonesia yang mungkin sudah sangat terkenal. Dan banyak orang ketika mendengar kata Medan mungkin akan terfikirkan suku batak yang mendiami daerah ini. Tapi mungkin belum banyak orang tahu bahwa sebenarnya di Medan sangat banyak makanan dan masakan yang khas bisa ditemukan.

Berbagai Masakan Daerah Dapat Ditemukan di Medan

Bahkan di Medan sendiri ada sangat banyak jenis makanan dan masakan dari berbagai daerah di Indonesia bisa ditemukan. Baik makanan dan masakan khas dari aceh, padang, lampung, kalimantan, jawa, dan berbagai daerah lain di Indonesia bisa ditemukan di Medan. Ini karena di Medan terdapat berbagai gerai masakan dari berbagai daerah tersebut bisa ditemukan. Selain terdapat berbagai masakan dan makanan dari berbagai penjuru Indonesia bisa ditemukan di Medan, Medan sendiri sebenarnya juga memiliki sangat banyak makanan dan masakan khas. Dan makanan dan masakan khas Medan sendiri juga sebenarnya terkenal dengan cita rasanya yang enak dan lezat. Salah satu masakan dan makanan khas Medan yang sangat terkenal dan harus anda coba jika anda berkunjung di Medan adalah mie gomak.

Mie Gomak sebenarnya merupakan sebuah masakan mie khas suku batak. Dimana masakan mie ini kemudian diadaptasi menjadi masakan khas suku batak meliputi daerah-daerah batak toba sampai berbagai daerah lain seperti sibolga serta tapanuli. Masakan mie khas batak ini bisa memperoleh nama mie gomak menurut salah satu sumber dikarenakan pembuatannya yang di gaomak-gomak, atau di genggam menggunakan tangan. Selain memiliki nama mie gomak, masakan mie khas batak ini juga sering disebut sebagai spagheti batak. Ini karena pada dasarnya mie gomak sangat mirip dengan spagheti. Meskipun memiliki perbedaan dalam hal tekstur dan cita rasa.

Mie Gomak Rasa Spagheti Khas Medan

Mie Gomak Rasa Spagheti Khas Medan

Mie gomak ini juga sering disebut sebagai mie lidhi dikarenakan bentuk mie gomak sendiri yang seperti lidhi. Yang unik dari mie gomak ini adalah meski merupakan masakan khas batak medan, namun bahan pembuatan mie gomak hanya bisa diperoleh dari sumatera utara. Penyajian dari mie gomak sendiri bisa divariasikan sesuai dengan keinginan. Biasanya, mie gomak direbus dan disajikan terpisah dengan kuah serta sambalnya. Namun ada juga yang menyajikan mie gomak dengan saus kacang dan ada juga yang menyajikan mie gomak seperti mie goreng. Dan tentunya, ada juga yang menyajikan mie gomak dengan bumbu andaliman khas batak yang membuat rasanya sangat lezat dan unik.

Jika anda berkunjung ke Medan, maka anda wajib untuk mencoba mencicipi masakan mie gomak khas medan ini. Karen rasanya akan dijamin bisa membuat lidah anda bergetar. Rasa mie kenyal yang gurih dengan aroma yang sangat mengguah selera akan menyambut anda ketika mencicipi masakan ini. Banyak orang mengatakan bahwa rahasia dari kelezatan mie gomak ini sendiri terdapat pada bumbu andaliman yang terkandung didalamnya. Dan cita rasa spagheti ala batak ini sendiri akan terasa lebih nendang jika saat memasak digunakan tungku.

Karena banyak orang berpendapat bahwa cita rasa khas bumbu andaliman bisa lebih dijaga dengan baik jika dimasak menggunakan tungku secara tradisional. Jika anda berkunjung ke Medan dan ingin mencicipi masakan mie khas medan ini, anda tidak akan kesulitan. Karena masakan mie gomak bisa anda dapatkan dimana saja di daerah Medan. Selain itu, harga seporsi mie gomak juga sangat terjangkau yang biasanya dipatok dari harga 5 ribu rupiah sampai 15 ribu rupiah.

Kreasi Kekinian Makanan Bakso

Siapa yang tidak senang dengan bakso? Sepertinya sangat sedikit orang yang tidak menyukai makanan yang satu ini. Bakso merupaka makanan dari daging yang digiling kemudian dibentuk bulat bulat. Bahan dasar bakso sebenarnya adalah daging sapi. Tapi sekarang banyak bermunculan bahan utama baru yang disajikan seperti bakso. Seperti udang, ikan, ayam, dan lain sebagainya.

Asal Mula Masakan Bakso Yang Kita Kenal

Asal Mula Masakan Bakso Yang Kita Kenal

Bakso sebenarnya adalah makanan yang berasal dari daratan Cina. Dulu bakso aslinya menggunakan daging babi. Namun ketika bakso masuk ke Indonesia, dan di Indonesia kebanyakan masyarakatnya adalah muslim, maka bahan dasar bakso pun diubah menggunakan bahan yang aman dikonsumsi untuk orang muslim. Inti dari bakso sebenarnya sangat sederhana. Daging atau bahan utama yang sudah digiling, dibentuk bulat bulat, kemudian direbus sampai matang, lalu disajikan menggunakan kaldu daging sapi dan ditambah bahan pendukung lainnya, seperti tahu basah, tahu kering, mie, bihun, tauge, dan lain sebagainya.

Penyajian bakso pun sampai sekarang masih bertahan seperti itu. Namun bukan berarti makanan ini tidak berkembang sama sekali. Justru bakso adalah salah satu masakan yang paling banyak dikembangkan. Bahkan bisnis kuliner kekinian banyak memberikan gebrakan baru pada makanan daging giling ini. Para pengusaha kuliner yang memiliki spesialisai bakso sepertinya memandang makanan dari Cina ini sebagai makanan yang paling mudah untuk dikreasikan. Kuncinya adalah terletak pada bentuk baksonya. Bentuk dasar bakso yang bulat bulat itu bisa dikreasikan menjadi banyak bentuk.

Tadi sudah sempat disebutkan bahwa perkembangan kreasi bakso seperti memberikan gebrakan dalam dunia kuliner. Hal tersebut bukan tidak beralasan. Memang penyesuaian bakso dengan kuliner kekinian ini cukup signifikan. Contohnya saja dalam bentuknya. Seperti yang diketahui, bahwa bentuk normal bakso adalah bulat dengan ukuran yang standar. Tapi sekarang, sudah banyak pengusaha bakso yang membuat ukuran bakso menjadi super kecil atau super besar. Ukuran bakso yang super kecil ini sebesar ukuran kelereng. Bakso dengan jenis ini banyak disebut dengan bakso kerikil. Sedangkan bakso ukuran super besar ini sepertinya sampai sekarang belum ada batas tertentu. Mulai dari bakso sebesar kepalan tangan.

Kreasi Yang Tercipta Dari Masakan Bakso

Kreasi Yang Tercipta Dari Masakan Bakso

Kemudian berkembang lagi menjadi bakso seukuran mangkok baksonya. Dan bahkan sekarang ada juga bakso yang ukurannya luar biasa besar. Bisa dikatakan ada bakso yang seukuran panci masakan. Tapi tentu saja, dibuatnya bakso dnegan ukuran luar biasa itu tidak sekedar dibuat. Biasanya mereka akan memberikan tantangan tersendiri. Bagi yang bisa menghabiskan bakso jumbo bisa mendapatkan reward tertentu. Kreasi dari bakso tidak berhenti disitu. Para pengusaha bakso juga terus melakukan kreasi dalam hal isian bakso. Ada yang menggunakan telor, ada yang menggunakan sambal (dibuat untuk mereka yang suka makanan pedas). Ada pula yang membuat isian juga berupa bakso kecil-kecil. Bakso yang memiliki isian bakso ini sering disebut dengan bakso beranak.

Berbagai macam pilihan bakso ini tentu semakin memberikan variasi kepada mereka yang menyukai bakso. Walaupun kreasi bakso terus mengalami perkembangan, karena para pedagang bakso juga menyesuaikan dengan perkembangan kuliner kekianian, bukan berarti bakso yang asli atau bentuk dasarnya hilang begitu saja. Masih ada juga bakso yang mempertahankan penyajian dan cita rasanya seperti dulu. Hal ini juga untuk memfasilitasi selera dari konsumen yang lebih menyukai bakso yang biasa saja. Karena ada satu pepatah yang mengatakan bahwa selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan.

Mengenal Beragam Jenis Sate Yang Ada Di Indonesia

Sate adalah makanan yang memiliki ciri khas potongan daging yang ditusuk. Di Indonesia, sate sudah dikenal sejak dulu. Bahkan sebelum Indonesia merdeka. Tidak ada rekam jejak yang pasti mengenai kapan tepatnya sate mulai dibuat di Indonesia. Sekarang sudah banyak kreasi sate yang memiliki berbagai macam cita rasa. Kalau nasi goreng merupakan makanan yang sudah go internasional, begitu juga dengan sate.

Berbagai Jenis Sate Yang Menggoda Jika Dilihat

Sate KacangBanyak sekali jenis sate yang sudah berkembang cita rasanya jika dilihat secara internasional. Sate di Indonesia akan berbeda dengan sate di Thailand. Begitu juga akan berbeda dengan sate dari Malaysia. Setiap Negara agan menyesuaikan rasa sate sesuai dengan lidah sati masyarakat sekitar. Dalam tulisan kali ini akan dijelaskan mengenai bagaiana perkembangan penyajian sate di Indonesia. Dikhususkan pada Indonesia saja karena di sini pun jenis sate berbeda-beda antar daerah. Ada yang memakai potongan daging kemudian di tusuk pada bamboo atau tusukan lainnya.

 

Ada juga yang dihasluskan lebih dulu kemudian dililitkan pada tusukan tertentu. Tusukan yang biasa digunakan adalah bamboo yang sudah dibentuk menjadi tusukan sate. Namun sebenarnya ada juga yang menggunakan tusukan besi. Biasanya tusukan besi seperti itu banyak digunakan di rumah makan besar. Cara kerja atau tujuannya sama dengan penggunaan sendok dan garpu. Jadi setelah selesai digunakan nantinya bisa dicuci besih untuk bisa digunakan kembali. Sebenarnya cara ini termasuk perkembangan dari penyajian sate. Dan bisa dikatakan pengembangan dalam penggunaan tusukan besi ini termasuk pengembangan yang positif. Karena bisa mengurangi sampah tusukan bamboo.

 

Sate PadangDilihat dari jenisnya, sate memiliki banyak varian. Untuk memudahkan, mari bedakan dulu sate menjadi dua kelompok. Kelompok bumbu dan kelompok daging atau bahan utama sate. Disini akan dibahas secara khusus tentang variasi bahan utama dari sate. Secara umum sate ini banyak menggunakan daging. Baik itu daging ayam, sapi, kambing, dan lain sebagainya. Manfaatnya pun banyak sekali ketika mengonsumsi daging tersebut dalam batas yang semestinya. Kemudian masakan sate ini semakin dikembangkan lagi dengan memikirkan orang yang tidak bisa makan daging. Atau yang sering disebut dengan vegetarian. Ada penjual sate vegetarian yang langsung memakai bahan utama sayur-sayuran atau buah. Jadi tanpa diubah bentuknya, langsung ditusuk seperti sate.

Beragam Sate Yang Ada di Indonesia

Tapi ada juga yang memakai “daging palsu”. Daging palsu yang dimaksud disini tentu bukan yang  bermakna negative. Tapi maksudnya adalah sayuran yang diolah sedemikian rupa agar bisa menyerupai daging, baik dari segi bentuk, aroma, dan rasa. Sate yang menggunakan daging palsu ini pun bisa dibedakan menjadi 2 kelompok lagi. Kelompok pertama adalah mereka ang menggunakan jamur. Jamur diolah sedemikan rupa untuk bisa berwarna seperti sate daging pada umumnya. Kemudian kelompok kedua adalah mereka yang menggunkan biji kedelai yang dihaluskan.  Selanjutnya ditambah bahan lain untuk membuat serat, yang menjadi ciri khas daging.

Adanya kreasi sate khusus vegetarian ini memang akan sangat menguntungkan dan bermanfaat. Sebenarnya karena sate vegetarian dibuat dengan tetap memanjakan lidah penikmatnya, maka siapapun bisa memakan sate ini. Mereka yang bukan vegetarian sangat bisa untuk memakan sate vegetarian. Bahkan sebagian besar orang mungkin tidak akan mengira jika daging yang dimakannya adalah bukan daging. Selain untuk menjaga kesehatan, sate vegetarian bisa menjadi opsi untuk mereka. Yang sedang sakit dan memiliki pantangan makanan yang berbau daging.

Variasi Masakan Nasi Goreng untuk Memanjakan Lidah

Pembahasan kali ini mari dibuka dengan mengenal identitas dari nasi goreng. Nasi goreng ini sudah termasuk makanan yang telah Go Internasional. Mengapa demikian? Masih ingatkah anda ketika Barack Obama berkunjung ke Indonesia? Salah satu makanan yang menjadi favoritnya adalah nasi goreng.

Masakan Sederhana Yang Diakui di Dunia

nasgor 1Pengakuan bagaimana enaknya nasi goreng ini tidak hanya keluar dari seorang Barack Obama saja. Para Idol Korea yang bisa dikatakan sering mengunjungi Indonesia pun juga mengenal. Dan mengakui bahwa nasi goreng adalah makanan yang memiliki cita rasa. Sebenarnya nasi goreng adalah makanan yang sangat sederhana. Orang Indonesia pun banyak yang mengonsumsinya setiap hari. Nasi yang digoreng ini bisa menarik perhatian banyak pihak karena memiliki rasa yang tergolong sedap. Yang istimewa bukan dari nasi yang digoreng, tapi dari bumbu apa saja yang digunakan ketika nasi tersebut digoreng. Ditambah lagi dengan bahan-bahan lain yang digoreng bersama dengan nasi goreng tersebut.

 

nasgor 2Karena masakan nasi goreng ini tergolong sederhana, maka kemudian banyak yang berani untuk membuat eksperimen atau mengkreasikan nasi goreng agar lebih menarik lagi. Di Indonesia misalnya, ada banyak cara untuk memasak nasi goreng. Seperti ada nasi goreng yang dimasak dengan cara Jawa. Jadi rasa dari nasi goreng ini akan cenderung tradisional, mengikuti lidah masyarakat Jawa. Bagi mereka yang baru belajar memasak, nasi goreng adalah menu yang akan paling sering dicoba. Karena bahannya mudah didapatkan, cara memasaknya sederhana, waktu memasaknya pun tergolong singkat.

 

nasgor 3Seperti yang telah dijelaskan di awal tadi, nasi goreng adalah makanan yang sudah mendunia. Di luar negeri, masakan nasi goreng pun banyak dikreasikan. Pada dasarnya nasi goreng adalah nasi yang digoreng menggunakan kecap manis dan bumbu lainnya. Yang ditumbuk halus, kemudian timbahkan dengan bahan tambahan. Dalam perkembangannya, terutama di luar Indonesia, nasi goreng kemudian tidak diolah menggunakan kecap manis. Jadi mungkin akan sedikit terlihat berbeda. Karena sebenarnya nasi goreng itu identic dengan warna coklat kehitamannya karena dari kecap manis tersebut. Bagi sebagian orang, mungkin melihat nasi goreng yang masih berwarna putih atau putih kekuningan, pasti akan merasa tidak familiar.

Varian Nasi Goreng Yang Dapat Menggugah Selera

Selain dari segi penggunaan kecap asin, hal yang banyak dikreasikan juga terkait dengan bahan pendukungnya. Nasi goreng yang sederhana atau yang paling basic adalah hanya menggunakan telor saja. Ketika bumbu halus sudah dimasukkan, kemudian masuk telor dan dicampurkan dengan bumbu. Sekarang bahan pendukung dari nasi goreng semakin beragam. Ada yang menggunakan sosis, sayuran, ayam suwir, seafood, dan lain sebagainya. Hal ini adalah hal yang positif. Karena bahan tambahan apa saja yang digunakan, dampaknya tidak akan merusak cita rasa nasi goreng. Tapi justru menambah cita rasa nasi goreng menjadi semakin kaya.

nasgor 4

Hal-hal yang ditambahkan dalam kreasi nasi goreng sepertinya semakin akan menjadi favorit masing-masing orang. Bagi yang menyukai makanan laut, maka lidahnya akan sangat cocok dengan nasi goreng seafood. Bagi yang lebih senang sayuran, bisa sekali untuk mencoba nasi goreng campur sayuran. Semua tergantung dari selera masing-masing orang. Sepertinya sesuatu yang sederhana belum tentu akan tergeser dengan perkembangan zaman. Contohnya saja nasi goreng ini. Dengan kesederhanaannya, nasi goreng justru menjadi objek yang bisa terus dikembangkan kreasinya. Hal ini tentu saja akan semakin mengangkat nama dan kepopuleran nasi goreng, baik di Indonesia ataupun di mata dunia..

Aneka Ragam Masakan Pecel di Banyak Daerah

Bagi yang menyukai masakan pedas, mungkin akan tertarik dengan pecel. Makanan pedas yang juga menyehatkan. Pecel yang merupakan makanan dengan menggunakan bumbu kacang ini sering dilengkapi dengan berbagai macam bahan makanan. Terutama yang berupa sayur-sayuran. Maka dari itu banyak yang menilai bahwa pecel adalah masakan yang menyehatkan. Tidak ada catatan khusus mengenai dari mana daerah penyebaran pecel. Hal yang pasi sekarang adalah pecel sudah dikenal secara meluas di seluruh wilayah Indonesia. Karena tidak ada daerah yang memiliki jejak pasti sebagai daerah asal munculnya pecel, maka adanya masakan pecel ini disesuaikan dengan cita rasa masing-masing daerah. Seperti di daerah Jawa saja pecel memiliki rasa yang beragam, dalam hal ini adalah khusus mengenai rasa sambal kacangnya.

Aneka Ragam Masakan Pecel

Daerah Jawa Timur memiliki ciri khas dengan sambal pecelnya yang memiliki rasa pedas. Bahkan bisa dikatakan untuk yang menyukai dengan rasa pedas di atas rata-rata, sambal pecel dari jawa timur mungkin akan sangat cocok di lidah anda. Namun bagi yang tidak terlalu bisa makan makanan pedas, perlu berhati-hati ketika mencoba pecel dari Jawa Timur. Lain di Jawa Timur, lain juga di Daerah Yogyakarta. Yogyakarta memili ciri khas rasa manis hampir di semua masakannya. Tidak perlu susah-susah untuk mencari contohnya, makanan khas Yogyakarta, yaitu gudeg sudah bisa menjawab semuanya. Gudeg merupakan makanan yang menjadi ciri khas Kota Yogyakarta dan memiliki cita rasa dominan manis. Begitu juga dengan sambal pecel yang ada di Yogyakarta. Sambal pecel di Jogja, cenderung memiliki rasa manis dan tidak sepedas sambal pecel dari Jawa Timur.

Perkembangan yang ada dari masakan pecel sekarang ini adalah pecel semakin dikreasikan dalam segala sisinya. Mulai dari penampilannya, rasa dari sambal pecelnya, sampai isi dari masakan pecel itu sendiri. Tidak ada patokan khusus mengenai apa yang bisa diisikan dalam sebauh pecel. Hanya saja ada beberapa bahan yang menjadi ciri khas makanan pecel yang akan membedakannya dengan gado-gado ataupun lotek. Tadi di awal sudah dijelaskan bahwa ada perbedaan penyajian pecel antar daerah. Tergantung dari bagaimana budaya kuliner masyakatnya. Sebenarnya perbedaan dari penyajian pecel ini tidak hanya terbatas dari rasanya saja.

Berbagai Macam Varian Masakan Pecel

Melainkan ada perbedaan juga mengenai waktu makan. Contohnya, di daerah Jogja, sangat jarang sekali orang yang menyantap pecel sebagai sarapan pagi. Lain dengan di daerah Jawa Timur, seperti Ngawi. Orang-orang biasa menyantap pecel sebagai sarapan mereka. Perpaduan antara sayur yang segar, dengan bumbu yang pedas, ditambah dengan tempe goreng tepung hangat, sepertinya menjadi pilihan tepat untuk menyambut hari. Sudah banyak karakter yang dimiliki oleh pecel. Mulai dari makanan menyehatkan, karena banyak menggunakan sayuran. Sampai makanan yang menantang, karena ada yang memiliki cita rasa pedas sekali.

Kreasi pecel yang beraneka ragam tersebut sepertinya bisa diasumsikan sebagai bagaimana masyarakat tepat menyukai cita rasa local dibandingkan dengan cita rasa barat, atau internasional. Terkadang lidah masyarakat Indonesia akan susah beradaptasi dengan makanan di luar Indonesia. Tidak perlu dari luar negeri, antar daerah di Indonesia saja terkadang rasanya tidak bisa dengan mudah diadaptasikan dengan daerah asal. Bagi orang Jogja yang terbiasa dengan rasa manis, ada baiknya untuk berhati-hati ketika makan pecel Jawa Timur. Karena tingkat pedas dari bumbu pecel Jawa Timur sangat berbeda dengan bumbu pecel dari daerah Jogja.

Latar Belakang Julukan Masakan Mewah Untuk Rendang

Siapa yang tidak tahu masakan rendang? Pasti semua orang sudah mengetahui masakan rendang dan bisa dikatakan hampir semua orang yang merasakan rendang akan merasa ketagihan. Hal ini tentu saja sangat wajar. Karena masakan rendang memang memiliki suatu cita rasa yang sangat kaya. Menggunakan perpaduan dari banyak rempah, membuat masakan rendang menjadi salah satu makanan favorit yang banyak memiliki penggemar.

Masakan Rendang

Masakan rendang sudah banyak diketahui oleh masyarakat seluruh Indonesia, bahkan sampai ke mancanegara. Tapi tahukah anda bahwa masakan rendang ini berasal dari Minangkabau? Sepertinya pengetahuan tersebut sudah merupakan pengetahuan umum, tapi ada beberapa orang yang mungkin belum mengetahuinya. Ya benar, rendang adalah masakan khas yang berasal dari daerah Sumatera Barat, lebih khusus lagi yaitu daerah Minangkabau. Masakan rendang biasa digunakan untuk perayaan suatu acara atau untuk makanan sehari-hari. Penyebaran masakan rendang ke seluruh wilayah di Indonesia ini tidak terlepas dari bagaimana daya tahan dari masakan rendang. Dulu masyarakat Minangkabau banyak yang melakukan perantauan. Karena rendang ini memiliki daya tahan yang tergolong cukup lama, maka banyak orang yang menggunakan masakan ini sebagai bekal. Dari situlah rendang bisa menyebar keluar dari Minangkabau. Namun tentu adanya rendang ini juga tidak terlepas dari berbagai macam rempah yang dibawa oleh pedagang dari India yang singgah di Indonesia dulu.

Makna tersirat dari masakan rendang ini sebenarnya penuh dengan rasa kekeluargaan. Secara adat, masakan rendang bisa sebagai lambang dari musyawarah dan mufakat. Bahan-bahan yang digunakan dalam rendang menunjukkan peran-peran yng penting di masyarakat. Pendangan mengenai makna tersirat dari masakan rendang speerti itu tentu merupakan pandangan masyarakat Minangkabau. Dalam penyebarannya, makna dari masakan rendang ini juga banyak ikut disebarluaskan. Namun seiring dengan perkembangan zaman dan peradaban, sepertinya semakin sedikit orang yang paham mengenai makna dari masakan rendang. Bahkan justru pandangan masyarakat atas masakan rendang ini sudah berubah dibandingan dengan pandangan masyarakat zaman dulu. Seperti yang disebutkan tadi, dulu masyarakat memandang masakan rendang sebagai lambing dari musyawarah dan mufakat. Tapi sekarang justru masakan rendang dipandang sebagai masakan yang mahal dan mewah. Mengapa pandangan tersebut bisa terbentuk?

Latar Belakang Julukan Masakan Mewah Untuk Rendang

Alasannya adalah sederhana, semua kembali pada bagaimana mendapatkan bahan-bahan yang diperlukan untuk memasak rendang. Saat ini adalah saat dimana semua bahan masakan mengalami kenaikan harga. Termasuk bahan masakan rendang, yaitu daging sapi. Harga daging sapi yang mahal menggiring pandangan masyarakat sehingga berpikir bahwa rendang adalah masakan yang mewah. Bahkan di rumah makan masakan padang pun, makanan rendang termasuk dalam makanan yang memiliki harga tinggi. Namun kemudian, masyarakat mulai mengkreasikan masakan ini. Untuk bisa menikmati cita rasa rendang, ada yang mengganti bahan utama rendang, yaitu daging sapi, menggunakan bahan lainnya, seperti daging ayam. Walaupun memang harganya akan lebih murah, tapi mengganti bahan utama dari masakan rendang bisa menghilangkan makna esensial dari masakan rendang itu sendiri.

Terlepas dari bagaimana masyarakat mengkreasikan masakan rendang sekarang, bagaimana pun zaman berkembang, masakan rendang akan sangat identic dengan daging sapi. Makna esensial dari masakan rendang tentu tetap akan terjaga selama masyarakat menajga keaslian masakan rendang. Kesan mewah dari masakan rendang pun akan tetap ada. Hanya saja alasannya yang berbeda. Bukan lagi karena bahan utamanya yang mahal, tapi karena cita rasa dari masakan rendang inilah yang memang sangat berharga.

Tradisi Merayakan Hari Istimewa dengan Nasi Kuning

Nasi kuning adalah sebuah makanan khas yang sering digunakan untuk acara tertentu. Banyak yang mengatakan bahwa nasi kuning adalah makanan yang berasal dari daerah Jawa. Bukan makanan khas, hanya asal penyebarannya saja yang dari Jawa.

Merayakan Hari Istimewa dengan Nasi Kuning

Namun di daerah bali pun nasi kuning juga memiliki ciri khas yang sangat kental. Pada dasarnya setiap daerah memiliki ciri khasnya sendiri dalam mengolah dan menyajikan nasi kuning. Meskipun asal penyebaran nasi kuning ada di satu daerah, tapi ketika masakan nasi kuning ini sudah menyebar, maka cita rasanya akan disesuaikan dengan daerah penyebaran. Missal, ketika nasi kuning dimasak dengan menggunakan cara daerah Bali, rasa nasi kuningnya pun akan disesuaikan dengan lidah orang Bali. Namun warna kuning dari nasi kuning tetap dipertahankan.

Karena itu sudah merupakan ciri khas yang tidak bisa dipisahkan dari nasi kuning. Secara umum nasi kuning biasanya digunakan untuk merayakan hari special. Jarang ada orang yang memasak nasi kuning ketika tidak ada hal istimewa yang terjadi. Kecuali jika memang sudah kebiasaan untuk menyantap nasi kuning secara besar-besaran tanpa ada hal yang perlu dirayakan. Ciri khas nasi kuning yang disajikan pada hari special ini sepertinya tidak terlepas dari makna dari nasi kuning sendiri. Warna kuning pada nasi kuning merupakan lambing dari kemakmuran. Masyarakat percaya bahwa warna dari nasi kuning ini bisa menyampaikan harapan untuk masa depan.

Biasanya nasi kuning dibuat dengn menggunakan lauk yang lengkap. Mulai dari ayam goreng yang disuwir, ada juga tempe goreng kering, telur dadar yang sudah dipotong-potong memanjang, lengkap dengan sambal dan timun sebagai lalapannya. Lauk dan kelengkapan tersebut masih tergolong sederhana untuk nasi kuning. Dalam acara yang lebih besar, biasanya kelengkapan lauk yang disediakan pun akan semakin banyak. Hadirnya nasi kuning dalam sebuah acara ini sepertinya tidak terbatas dalam acara yang besar saja. Di zaman modern seperti sekarang, perayaan acara besar mungkin akan dibuat lebih kekinian.

Tradisi Merayakan Hari Istimewa

Tapi, masih banyak juga orang yang menghendaki untuk menggunakan nasi kuning sebagai santapan utama. Alasannya beragam, salah satunya adalah untuk mempertahankan kesan klasik atau tradisional dari sebuah perayaan. Selain acara besar yang bisa dicontohkan seperti khitanan, peresmian gedung, dan lain-lain, nasi kuning juga bisa digunakan sebagai perayaan ulang tahun dalam satu keluarga. Walaupun sudah jarang, tapi ternyata masih ada juga keluarga yang menggunakan nasi kuning untuk merayakan ulang tahun. Mengingat proses pembuatan nasi kuning ini cukup mudah, maka banyak ibu rumah tangga yang mau untuk membuat nasi kuning lengkap dengan lauk-pauknya untuk merayakan ulang tahun anggota keluarga. Hal ini tentu saja akan meningkatkan rasa kekeluargaan dalam sebuah keluarga.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa sekarang sudah banyak masakan yang dijadikan makanan utama dalam sebuah perayaan. Bahkan mayoritas masakan tersebut cenderung kebarat-baratan. Maka dari itu dengan tetap bertahannya nasi kuning sampai sekarang adalah merupakan sinyal yang baik. Karena bagaimanapun juga nasi kuning merupakan aset kuliner Bangsa Indonesia. Menggunakan nasi kuning dalam sebuah perayaan baik yang berskala besar atau kecil, menunjukkan rasa ke-Indonesiaan yang tinggi dan bisa memunculkan suasana tradisional yang kental. Namun memang sekarang ini masakan nasi kuning juga sudah banyak dikreasikan lebih modern, terutama dari segi cara penyajian dan penampilannya, untuk bisa tetap menarik perhatian.