Skip to main content

Cita Rasa Spagheti Khas Medan

Medan merupakan sebuah daerah di Indonesia yang mungkin sudah sangat terkenal. Dan banyak orang ketika mendengar kata Medan mungkin akan terfikirkan suku batak yang mendiami daerah ini. Tapi mungkin belum banyak orang tahu bahwa sebenarnya di Medan sangat banyak makanan dan masakan yang khas bisa ditemukan.

Berbagai Masakan Daerah Dapat Ditemukan di Medan

Bahkan di Medan sendiri ada sangat banyak jenis makanan dan masakan dari berbagai daerah di Indonesia bisa ditemukan. Baik makanan dan masakan khas dari aceh, padang, lampung, kalimantan, jawa, dan berbagai daerah lain di Indonesia bisa ditemukan di Medan. Ini karena di Medan terdapat berbagai gerai masakan dari berbagai daerah tersebut bisa ditemukan. Selain terdapat berbagai masakan dan makanan dari berbagai penjuru Indonesia bisa ditemukan di Medan, Medan sendiri sebenarnya juga memiliki sangat banyak makanan dan masakan khas. Dan makanan dan masakan khas Medan sendiri juga sebenarnya terkenal dengan cita rasanya yang enak dan lezat. Salah satu masakan dan makanan khas Medan yang sangat terkenal dan harus anda coba jika anda berkunjung di Medan adalah mie gomak.

Mie Gomak sebenarnya merupakan sebuah masakan mie khas suku batak. Dimana masakan mie ini kemudian diadaptasi menjadi masakan khas suku batak meliputi daerah-daerah batak toba sampai berbagai daerah lain seperti sibolga serta tapanuli. Masakan mie khas batak ini bisa memperoleh nama mie gomak menurut salah satu sumber dikarenakan pembuatannya yang di gaomak-gomak, atau di genggam menggunakan tangan. Selain memiliki nama mie gomak, masakan mie khas batak ini juga sering disebut sebagai spagheti batak. Ini karena pada dasarnya mie gomak sangat mirip dengan spagheti. Meskipun memiliki perbedaan dalam hal tekstur dan cita rasa.

Mie Gomak Rasa Spagheti Khas Medan

Mie Gomak Rasa Spagheti Khas Medan

Mie gomak ini juga sering disebut sebagai mie lidhi dikarenakan bentuk mie gomak sendiri yang seperti lidhi. Yang unik dari mie gomak ini adalah meski merupakan masakan khas batak medan, namun bahan pembuatan mie gomak hanya bisa diperoleh dari sumatera utara. Penyajian dari mie gomak sendiri bisa divariasikan sesuai dengan keinginan. Biasanya, mie gomak direbus dan disajikan terpisah dengan kuah serta sambalnya. Namun ada juga yang menyajikan mie gomak dengan saus kacang dan ada juga yang menyajikan mie gomak seperti mie goreng. Dan tentunya, ada juga yang menyajikan mie gomak dengan bumbu andaliman khas batak yang membuat rasanya sangat lezat dan unik.

Jika anda berkunjung ke Medan, maka anda wajib untuk mencoba mencicipi masakan mie gomak khas medan ini. Karen rasanya akan dijamin bisa membuat lidah anda bergetar. Rasa mie kenyal yang gurih dengan aroma yang sangat mengguah selera akan menyambut anda ketika mencicipi masakan ini. Banyak orang mengatakan bahwa rahasia dari kelezatan mie gomak ini sendiri terdapat pada bumbu andaliman yang terkandung didalamnya. Dan cita rasa spagheti ala batak ini sendiri akan terasa lebih nendang jika saat memasak digunakan tungku.

Karena banyak orang berpendapat bahwa cita rasa khas bumbu andaliman bisa lebih dijaga dengan baik jika dimasak menggunakan tungku secara tradisional. Jika anda berkunjung ke Medan dan ingin mencicipi masakan mie khas medan ini, anda tidak akan kesulitan. Karena masakan mie gomak bisa anda dapatkan dimana saja di daerah Medan. Selain itu, harga seporsi mie gomak juga sangat terjangkau yang biasanya dipatok dari harga 5 ribu rupiah sampai 15 ribu rupiah.