Saat ini kebutuhan manusia akan makanan yang bergizi sangatlah penting. Berbagai makanan olahan yang berbahan dasar daging sapi bisa menjadi alternatif pilihan bagi Anda. Hal ini dikarenakan kandungan protein pada daging sapi sangat bermanfaat bagi proses pertumbuhan. Asalkan Anda mampu mengontrol jumlah daging sapi yang masuk kedalam tubuh, olahan daging sapi tidak akan berbahaya untuk kesehatan.

Selain bergizi dan baik untuk kesehatan, berbagai macam olahan daging sapi juga sangat lezat rasanya. Namun untuk Anda yang masih bingung seperti apa saja daftar makanan olahan daging sapi, simaklah penjelasannya berikut ini.

Makanan Berbahan Daging Sapi

Apa sajakah makanan olahan daging sapi? Berikut ini adalah contoh daftar makan yang terbuat dari daging sapi:

  • Steak

    Makanan ini bukan berasal dari negara Indonesia, namun karena rasanya yang lezat dan cukup mudah dibuat, steak begitu popular di negara ini. Makanan olahan berbahan daging sapi bernama steak ini merupakan makanan yang terbuat dari lembaran daging sapi dengan proses panggang. Tingkat kematangan dari daging yang di panggang pun berbeda-beda mulai dari rare, medium, dan juga well done. Daging yang telah dipanggang dan disajikan bersama berbagai jenis saus seperti saus barbeque, saus jamur, saus tomat atau saus lada hitam. Biasanya steak juga dihidangkan bersama jenis makanan yang tergolong karbohidrat seperti kentang atau nasi.

  • Rendang

    Sebenarnya rendang ini merupakan salah satu teknik memasak yang berasal dari daerah Padang. Namun karena rendang sering menggunakan daging sapi, maka sekilas ketika mendengar rendang secara otomatis banyak orang beranggapan bahwa rendang adalah masakan olahan daging sapi. Jenis masakan yang satu ini merupakan jenis olahan daging sapi yang sangat awet. Dengan bahan rempah-rempah yang lengkap membuat olahan daging sapi ini disukai oleh masyarakat baik masyarakat Indonesia maupun mancanegara.

  • Bakso

    Makanan ini adalah masakan olahan daging sapi yang sering kita jumpai disetiap sudut jalan. Harganya yang terjangkau juga menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat di semua kalangan. Bahkan untuk membuatnya sendiri pun terbilang mudah. Daging sapi yang telah digiling hingga halus dibuat menjadi bola-bola kecil sesuai selera. Namun bukan sekadar bola-bola daging sapi saja, yang membuat enak dari bakso juga dari sisi kuahnya. Kuah bakso yang terkenal terbuat dari kaldu sapi dapat membangkitkan selera makan bagi setiap orang yang menikmatinya.

  • Gulai Sapi

    Gulai merupakan makanan olahan daging yang berkuah gurih dan lezat. Rasa gurih dan lezat ini diperoleh dari santan kelapa dan juga bumbu-bmbu lainnya yang mendukung. Daging sapi pada masakan gulai ini umumnya berupa potongan-potongan kecil. Sehingga,bumbu yang sudah dibuat untuk gulai benar-benar meresap hingga kedalam potongan kecil daging sapinya.

  • Sate Sapi

    Daging sapi memang tidak terlalu popular untuk dibuat sate tidak seperti daging kambing dan ayam. Namun bukan berarti daging sapi tidak bisa dibuat menjadi makanan yang diolah dengan ditusuk dan dibakar ini. Bahkan disuatu daerah di Jawa Tengah terdapat makanan khas daerah bernama sate ambal yang terbuat dari daging sapi.

Itulah tadi beberapa daftar olahan makanan yang terbuat dari daging sapi. Jika ada lagi makanan favorit anda yang belum terdaftar seperti sop buntut, anda bisa melihat nya di Resep Sop Buntut yang sudah kami sediakan hanya untuk anda. Semuanya sangat mudah untuk dijumpai diberbagai warung makan atau restoran di Indonesia. Untuk Anda yang ingin membuatnya sendiri pun cukup mudah. Namun memerlukan keahlian atau pengetahuan mengenai resep untuk membuat berbagai macam olahan daging sapi tadi.

 

Daftar Makanan Berbahan Daging Sapi
Tagged on: