Jawa timur merupakan pulau yang memiliki luas 47922 km². Jawa timur bukan hanya menyajikan wisata alam yang sangat menarik namun juga disajikan berbagai makanan yang siap untuk Anda nikmati. Makanan khas dari Jawa timur sendiri dikenal dengan menggunakan berbagai macam petis dan juga terasi untuk memberikan Citarasa lebih besar pada masakan tersebut. Masakan ataupun makanan dari Jawa timur juga terkenal memiliki Citarasa yang pedas. Dari berbagai kuliner yang ada di kawasan Jawa timur, berikut beberapa kuliner enak Jawa timur yang direkomendasikan untuk Anda cicipi dan Anda nikmati.

  1. Pecel

Pecel

Bahan Utama yang digunakan untuk membuat makanan tersebut yaitu beberapa jenis sayuran berbeda yang di rebus seperti misalnya kacang panjang, kol, irisan Timun, Tauge, serta kangkung. Semua bahan tersebut nantinya akan dicampurkan dengan sambal kacang dan ditambahkan Rempeyek sebagai penikmat. Di Jawa timur sendiri, terdapat beberapa daerah yang memiliki pecel dengan ciri khas masing masing seperti misalnya Blitar, matian, serta Kediri.

  1. Rawon

Rawon

Yang membuat makanan satu ini menjadi khas yaitu warna kuah yang cenderung hitam pekat. Sementara bumbu – bumbu yang digunakan yaitu seperti kunir, lombok, serai, garam, lengkuas, ketumbar, serta lain nya. Bukan hanya terkenal di kawasan Surabaya saja, namun rawon sendiri juga terkenal di daerah Pasuruan.

  1. Rujak cingur

Rujak cingur

Makanan yang satu ini merupakan makanan khas dari kota Surabaya. Makanan ini sangat cocok untuk dijadikan menu Santap siang. Nama ucap cingur sendiri memakai salah satu bahan utama dalam pembuatan rujaknya yaitu irisan daging mulut sapi. Rujak cingur sendiri biasanya dilengkapi dengan berbagai jenis buah seperti Bengkuang, nanas, Timun, dan juga ditambahkan lontong ataupun nasi, tempe, tahu, cingur, sayuran, dan juga ditambah Siraman kuah dari petis udang Dan berbagai tambahan bumbu lainnya.

  1. Rujak soto

Rujak soto

Makanan yang satu ini merupakan makanan khas dari daerah Banyuwangi. Makanan ini merupakan penggabungan dua jenis makanan yang berbeda yaitu rujak dengan soto kuning. Tanpa dicampur makanan ini saja sudah memiliki cita rasa yang khas. Ucok satu sembilan adalah merupakan campuran dari rujak serta soto kuning.

  1. Tahu campur

Tahu campur

Makanan yang satu ini Memiliki berbagai macam sayuran didalamnya yang dicampurkan dengan lontong, kuning, tahu goreng, dan juga Lentho singkong. Semua komponen tersebut nantinya akan ditambahkan kuah kaldu Tetelan sapi yang rasanya Gurih. Makanan ini merupakan makanan khas dari daerah Lamongan serta Surabaya. Jika di daerah Jawa tengah, makanan ini serupa dengan ketupat tahu.

  1. Pecel lele

Pecel lele

Makanan yang satu ini terkenal di daerah Lamongan, Jawa timur. Makanan ini memang menjadi salah satu ikonik kuliner pedas khas daerah Jawa timur. Walaupun tampaknya biasa, namun makanan ini memiliki nilai special dari sambalnya.

Deretan Makanan Khas Jawa Timur Dengan Berbagai Kelezatannya