Merasakan kuliner khas dari beberapa daerah menjadi hal yang sangat disukai oleh siapapun. Apalagi di Indonesia ada banyak sekali makanan atau kuliner khas yang tersebar di seluruh daerah. Salah satu makanan yang sangat populer dan disukai oleh banyak orang yaitu gudeg. Makanan yang satu ini berasal dari Yogyakarta dan Jawa Tengah. Meskipun terbilang sebagai makanan tradisional, namun makanan ini begitu melegenda.

Gudeg Makanan Khas dari Yogyakarta

Pada awal pekembangannya, memang banyak sekali orang yang lebih mengenal gudeg ini berasal dari daerah Yogryakarta. Itulah mengapa daerah tersebut menjapatkan julukan sebagai kota gudeg. Sejarah dari gudeg yang ada di Yogyakarta ini bermula dengan pembangunan dari kejaraan mataran islam yang ada di ala mentaok daerah kota gede pada tahun 1500-an. Makanan gudeg ini sebenarnya bukanlah makanan yang berasal dari kerajaan, malah makanan ini dari para rakyat. Pada abad ke 19 masih belum banyak orang yang menjual makanan gudeg ini, dikarenakan proses masaknya yang cukup lama. Barulah pada tahun 1940-an makanan gudeg ini sudah banyak yang menjual bersamaan dengan pembangunan unversitas gajah mada oleh presiden soekarno dan bertahan hingga saat ini.

Gudeg Makanan Khas dari Yogyakarta

Makanan gudeg ini terbuat dari nangka yang masih mudah dan mentah atau dalam bahasa jawa dikenal dengan gori. Karena gudeg merupakan oahan nangka muda, tak heran jika proses memasaknya cukup lama. Untuk memasaknya dilakukan dengan cara merebus selama bebera jam. Yang mana direbus dengan menggunakan santan, rempah-rempah, gula aren dan masih ada bahan tambahan yang lain seperti bawang merah, bawang putih, biji ketumbar, kemiri, daun salam, lengkuas, dan daun jati yang dapat memberikan warna coklat yang sedikit kemerahan pada makanan. Adanya perpaduan dari bumbu-bumbu tersebut yang menjadikan cita rasa gudeg menjadi manis. Selain itu juga memberikan cita rasa khas dan juga enak tentu sangat pas sekali dengan selera dari masyarakat jawa. Hal tersebut sering sekali digambarkan dengan nangka hijau rebus yang memiliki cita rasa manis.

Gudeg Dapat Dinikmati Dengan Dua Cara

Gudeg juga memiliki siraman santan atau yang lebih dikenal dengan areh gudeg. Pada umumnya, areh ini disirah pada bagian atas dari sayuran gudeg. Siraman dari areh gudeg inilah yang membuat cita rasa terasa begitu gurih. Disajikan dengan begitu sederhana, gudeg dianggap sebagai salah satu makanan vegetarian. Hal tersebut dikarenakan hanya terdiri dari santan dan juga nangka mentah. Tetapi, pada umumnya gudeg ini disajikan dengan lauk sebagai pelengkapnya seperti ayam dan juga telur. Selain itu, gudeg juga disajikan dengan menggunakan nasi putih, ayam baik itu diolah dengan cara digoreng atau diopor, olahan telur seperti opor telur, telur rebus, telur pindang. Selan itu masih ada lagi tahu dan juga tempe serta sambal goreng krecek sup yang mana terbuat dari kulit sapi yang begitu renyah.

Gudeg sendiri memiliki beberapa jenis seperti gudeg basah dan kering. Untuk gudeg yang kering terdapat sedikit santan dengan sedikit siraman sau santan, sedangkan untuk gudeg yang basah terdapat banyak sekali siraman santan. Pada umumnya gudeg yang berasal dari daerah Yogyakarta memiliki cita rasa yang lebih manis, kering dan juga mempunyai warna yang kemerahan karena ada tambahan dari daun jati untuk pewarnanya. Sedangkan untuk gudeg yang solo lebih pekat, berair dan terdapat banyak sekali santan. Selain itu berwarna agak putih karena tidak ada tambahan dari daun jati. Nah, itulah beberapa informasi mengenai makanan gudeg yang begitu khas dan melegenda sekali.

Gudeg Makanan Khas Jawa Tengah yang Melegenda