Skip to main content

Hidangan Lezat dan Jajanan Khas Sumatera Utara

Sumatera Utara merupakan salah satu Provinsi di Sumatera. Mungkin kita semua sudah tahu bahwa Sumatera memiliki banyak makanan khas yang menggugah selera. Dan kali ini kita akan bahas makanan apa saja yang wajib anda coba jika berkunjung ke daerah Sumatera Utara. Indonesia memiliki banyak pulau yang masing-masing pulaunya memiliki budaya serta makanan khas yang berbeda. Semakin majunya zaman, sekarang mencoba maupun mempelajari budaya daerah lainpun semakin mudah. Salah satunya soal adalah soal makanan, meski begitu makanan khas yang kita cicipi di tempat asalnya dan yang dibuat di daerah lain biasanya agak sedikit berbeda. Cita rasa khasnya akan jauh lebih terasa bila kita mencicipi makanan khas langusng dari tempat asalnya.

Indonesia Memiliki Berbagai Macam Makanan Khas Daerah

Tidak usah berbasa-basi lagi, mari kita langsung saja ke pokok pembahasannya saja yaitu mengenai beberapa masakan atau makanan khas Sumatera Utara, Apa saja itu? Provinsi bagian dari Sumatra yang terkenal dengan Danau Toba ini memiliki beberapa makanan khas yang menggugah selera.

  • Salah satu diantaranya adalah Ayam Napinadar atau ayam yang dimasak dengan bumbu khas Batak. MasakanĀ  yang terbuat dari ayam ini sering dijadikan sebagai salah satu hidangan untuk acara pesta adat yang diadakan oleh orang Batak. Langkah membuat hidangan ayam yang satu ini cukup rumit dengan menggunakan bumbu yang tidak biasa. Ayam Napinadar ini merupakan ayam panggang dengan saus sebagai. Yang membedakan saus ayamnya adalah bahannya yang terbuat dari darah ayam itu sendiri. Intinya, hidangan ayam napinadar ini adalah hidangan ayam yang dipanggang lalu disiram dengan saus yang terbuat dari darah ayam dan beberapa bumbu khas. Beda dari hidangan ayam lainnya bukan? mungkin anda juga jadi penasaran dan ingin mencoba hidangan khas sumut yang satu ini.

Ayam Napinadar

  • Selain Ayam Napinadar, ada juga Arsik, masakan yang merupakan hidangan khas dari daerah Tapanuli. Arsik ini adalah sebuah hidangan ikan emas yang dimasak dengan menggunakan bumbu kuning. Tapi tunggu dulu, bumbu kuning yang satu ini berbeda dengan bumbu kuning dari daerah lain. perbedaanya adalah penggunaan rempah khas sumut seperti buah kecombrang, andaliman, dan asam cikala. Uniknya lagi, Ikan mas yang merupakan bahan utama dari hidangan ini tidak dibuang sisiknya. Mungkin hal tersebut juga lah yang menjadikan makanan ini lebih khas.

Ikan Arsik

  • Jika tadi adalah beberapa hidangan utama, maka tidak ada salahnya jika kita juga mengetahui camilan dari provinsi Sumatera Utara juga. Salah satu camilan daerah Sumut, atau lebih tepatnya daerah Batak juga harus anda coba kalau berkunjung kesana. Kue Ombus-Ombus yang terbuat dari bahan tepung beras ini merupakan jajanan khas Tapanuli Utara. Kue ini dibungkus dengan menggunakan daun pisang, diisi dengan gula merah, dan sangat lezat jika dimakan selagi masih hangat. Nama ombus-ombus sendiri kabarnya berasal dari bagaimana kue itu kita nikmati yaitu dihembus atau dieri tiupan karena lebih enak dinikmati selagi masih hangat.

Ombus Ombus

Jadi itulah beberapa makanan atau masakah khas Sumatera yang wajib anda coba jika pergi ke Provinsi Sumatera Utara. Mungkin di daerah lain di Indonesia ada juga masakan yang hampir serupa, hanya saja nama dan proses pembuatannya sedikit berbeda. Karena tiap daerah memiliki ciir khas masing-masing termasuk selera dalam hal rasa, jadi tidak heran kalau setiap daerah juga memiliki rasa makanan yang khas.