Sumatera adalah salah satu Provinsi di Indonesia yang terbagi atas beberapa bagian yaitu Sumatera Utara, Sumatera selatan dan juga Sumatera Barat.

Palembang Terkenal Dengan Sebutan Surganya Makanan

Di pulau Sumatera ini, setidaknya terdapat 11 Provinsi termasuk yang sudah disebutkan tadi, Aceh, Riau, Jambi, Kepualauan Seribu, Bengkulu. Kepulauan Bangka, Belitung dan juga Lampung. Jika soal alamnya, Sumatera memang telah dikenal sebagai pulau dengan banyak tempat wisata yang indah. Tak hanya destinasi wisatanya saja yang indah, salah satu provinsi di Sumatera yaitu provinsi Sumatera Selatan terkenal juga dengan makanannya yang lezat. Ini dia bebrapa masakan khas sumatera selatan yang bikin kamu betah mentap disana, Meskipun beberapa masakan mungkin sudah dapat anda nikmati di daerah lain jika anda mngunjungi restauran khas daerah.

Laksan Palembang

Beberapa makanan khas Sumatera Selatan berikut ini sayang jika anda lewatkan karena rasanya yang nikmat. Kita mulai dari masakan khas kota palembang yang mungkin beberepa diantaranya pernah anda coba. Masakan yang pertama adalah pempek, siapa yang tidak kenal pempek?

Mungkin sebagian besar masyarakat Indonesia tahu nama makanan ini meski belum semuanya mencobanya.

  • Pempek, makanan yang terbuat dari ikan dan tepung kanji ini memang sudah dikenal dimana-mana. Bahkan banyak toko makanan di ibukota yang menjajakan makanan khas Palembang yang satu ini.
  • Selain Pempek, ada juga Tekwan yang juga tak kalah nikmat rasanya. Makanan yang juga berbahan dasar ikan ini juga sudah bisa ditemukan dengan mudah di luar Sumatera Selatan. Makanan yang hampir seperti bakso ini terbuat dari berbagai bahan seperti bengkoang, bihun, jamur, dan bumbu pelengkap lainnya yang merupakan pendamping dari adonan yang terbuat dari ikan dan sagu. Dengan kuah yang segar, tekwan bisa jadi salah satu pilihan menarik jika anda berkunjung ke palembang dan ingin mencicipi makanan khasnya.
  • Selain kedua makanan di atas, ada juga Laksan yang juga merupakan masakan khas Palembang. Makanan yang isinya mirip pempek lenjer ini dihidangkan dengan kuah santan yang terlihat mirip seperti kari.
  • Karena palembang khas dengan makanan yang berbau ikan, hidangan yang berikut ini juga menggunakan ikan sebagai bahan dasarnya. Ada pindang patin yang merupakan masakan paling cocok untuk anda yang suka makanan pedas. Makanan yang satu ini hampir seperti masakan ikan biasa, bedanya diantara bumbu yang digunakan terdapat nanas sebagai tambahannya. Tentunya dengan adanya nanas semakin memperkaya rasa dari masakan ikan pindang tersebut. Masakan ini biasa dijadikan untuk lauk maupun dimakan tanpa nasi.
  • Satu lagi yang tidak boleh dilupakan kalau sudah membahas mengenai makanan khas palembang yaitu sambal tempoyak. Sambal khas dari Palembang ini merupakan sambal yang terbuat dari daging durian serta bahan utama membuat sambal yaitu cabai. Dengan rasa yang gurih, sambal ini paling cocok bila dijadikan hidangan tambahan untuk dinikmati dengan pindang patin tadi. Untuk anda yang pecinta buah durian sekaligus masakan pedas, wajib hukumnya mencoba makanan yang satu ini karena pasti akan membuat anda ketagihan saat memakannya.

Baca Juga: Jajanan Unik Khas Kota Bandung

Palembang merupakan ibukota dari provinsi Sumatera Selatan yang dikenal dengan makanan khas seklaigus tempat wisatanya yang indah. Tak hanya itu, budaya masyarakat Palembang juga sangat khas karena memang setiap daerah di Indonesia memiliki budaya masing-masing. Indonesia memang negara yang kaya akan makanan khas, Jadi, masakan mana yang paling anda sukai?

Ibukota Sumatera Selatan, Palembang Surganya Makanan?