Skip to main content

Indonesia Dikenal Sebagai Negara Yang Memiliki Banyak Masakan Bersantan

Indonesia Dikenal Sebagai Negara Yang Memiliki Banyak Masakan Bersantan

Tahukah anda, santan adalah salah satu bahan masakan yang terbuat dari daging buah kelapa. Secara tradisional, santan dibuat dengan cara memarut daging buah kelapa yang berwarna putih dan sudah tua kemudian mencampurkannya dengan air, perasan air dari parutan kelapa tadi akan berwarna putih seperti susu, inilah yang dinamakan dengan santan. Tidak setiap orang memasak menggunakan santan sebagai bahan pelengkapnya, santan memang identik dengan masakan yang berkuah seperti gulai, kare atau kari, sayur lodeh dan beberapa masakan khas Indonesia lainnya yang cukup terkenal di lidah orang Indonesia sendiri maupun wisatawan mancanegara yang sedang berkunjung ke Indonesia.

Negara Yang Memiliki Banyak Masakan Bersantan

Beberapa masakan khas Indonesia yang bersantan namun juga terkenal di seluruh dunia adalah rendang. Rendang adalah daging sapi bagian tertentu yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah lengkap, dan jumlah cabai yang cukup banyak serta dengan santan dimasak dengan waktu yang sangat lama sampai bumbu dan cabai meresap ke dalam daging dan santan tidak terlihat lagi alias kering, citarasa rendang sudah tidak diragukan lagi.

Santan dikenal sebagai bahan masakan yang memiliki citarasa gurih, tidak semua masyarakat di Indonesia menggunakan santan kelapa sebagai bahan masakannya. Orang yang memang terbiasa menggunakan santan dalam masakannya akan merasa aneh jika tidak menambahkan salah satu unsur pelengkap makanan ini. Santan memiliki beragam manfaat, tidak hanya digunakan untuk melengkapi masakan gurih dan pedas seperti sayur lodeh ataupun gulai ayam namun santan juga digunakan sebagai pelengkap dalam minuman khas.

Di daerah jawa timur dan jawa tengah pasti anda menemui minuman khas yang dinamakan dengan wedang cemoe, minuman ini hampir sama dengan wedang ronde khas jawa barat. Yang menjadi pembeda adalah pada wedang cemoe ini kuahnya terdiri dari santan yang dimasak bersama dengan gula merah dan air serta tidak lupa ditambahkan jahe dengan jumlah yang banyak sehingga minuman ini terkenal disajikan apabila cuaca sedang dingin atau cocok diminum pada malam hari. Wedang cemoe ini berisi kacang tanah goreng, roti tawar yang sudah diiris dadu dan kolang-kaling yang sudah diiris tipis.

Indonesia Dikenal Sebagai Negara Yang Memiliki Banyak Masakan Bersantan

Berbicara mengenai makanan bersantan yang khas di Indonesia ini, apa sebenarnya penyebab orang Indonesia suka mengkonsumsi makanan yang bersantan?

  1. Indonesia memiliki gugusan lautan dan pantai dimana fauna endemik yang tumbuh di sekitar daerah pantai di Indonesia pada umunya adalah jenis cemara, mangrove dan kelapa. Karena tumbuhan kelapa yang mudah ditemui di Indonesia, kebanyakan masyarakat yang tinggal di sekitar daerah pantai memanfaatkan buah kelapanya sebagai bahan makanan salah satunya membuatnya menjadi santan. Selain santan, biasanya kelapa dimanfaatkan untuk diproduksi sebagai minyak kelapa.
  2. Selain jumlah kelapa yang masih banyak di Indonesia, memakan makanan yang bersantan sudah menjadi santapan wajib di beberapa keraton di Indonesia. Masakan yang menjadi istimewa adalah karena merupakan makanan warga kerajaan, seperti gudeg khas Yogyakarta.
  3. Gudeg manggar pada zaman dahulu merupakan makanan warga keraton Ngayogyakarta, gudeg adalah makanan yang terbuat dari nangka muda dicampur dengan ayam yang kuahnya terbuat dari santan, gula merah dan beberapa rempah istimewa lainnya. Namun gudeg manggar ini bahan utamanya bukan nagka muda melainkan bunga manggar, sangat istimewa karena bahan yang digunakan bukan bahan yang umum digunakan untuk masakan dan lagi makanan ini adalah makanan kesukaan raja.