Sumatera, salah satu provinsi di Indonesia ini masuk ke dalam salah satu pulau terbesar keenam di dunia. Dan salah satu kota yang dikenal sebagai tempat kuliner yang sempurna adalah kota Medan.

Hidangan Enak di Kota Medan Yang Wajib Dicoba

Selain memiliki beberapa destinasi wisata yang indah, tentu kurang lengkap kalau misalnya kita berkunjung ke suatu daerah tanpa mencicipi makanan khasnya. Di Medan sendiri ada banyak makanan khas yang lezat dan sayang untuk dilewatkan. Kira-kira apa saja ya makanan khas medan yang bisa anda coba kalau berkunjung ke daerah sana? Simak dulu yuk infoemasin di bawah ini.

Bika Ambon Medan

Sumatera sebenarnya terdiri dari kurang lebih 11 Provinsi termasuk sumatera barat, sumatera, selatan, dan juga sumatera utara dimana medan berada. Medan menjadi salah satu kota terbesar di Sumatera dan terkenal akan makanannya yang enak.

  • Sate Kerang.

    Salah satu makanan yang tidak boleh anda lewatkan jika kesana adalah sate kerang. Para pecinta seafood pasti akan menyukai masakan atau jajanan yang satu ini, kenapa? Karena di Medan sate kerang dibuat dengan kerang yang masih segar sehingga membuat rasanya lebih nikmat dan tidak amis. Sate kerang ini bukan direbus, tapi diibakar layaknya sate ayam dan sate kambing.

  • Soto Medan.

    Satu lagi makanan khas medan yang harus anda coba adalah soto Medan. Meskipun setiap daerah memiliki menu soto masing-masing, namuan soto khas medan ini wajib anda coba. Meskipun untuk masalah isi mungkin hampir sama dengan daerah lain, tapi untuk bumbu dan rasanya berbeda sekali soto medan ini. Apalagi kalau anda membelinya di Medan, pasti akan lebih terasa perbedaanya karena rasanya masih sangat khas.

  • Bika Ambon.

    Selain makanan berat, ada juga bika ambon yang pastinya sudah sering kita temui juga di daerah lain. Kue yang satu ini memang telah dikenal banyak orang terutama masyarakat Indonesia. Jika anda ingin mencoba kue bika ambon ini, anda tak harus pergi ke medan dulu, karena sekarang di kota besar si Indonesia sudah banyak yang menjual kue khas medan yang satu ini.

  • Bakso Lembu.

    Satu lagi makanan favorit masyarakat pada umumnya yaitu bakso. Terlepas dari status sosial, pekerjaan, hingga jenis kelamin, hampir semua orang Indonesia menyukai makanan yang satu ini. ternyata di Medan juga ada bakso yang khas yaitu bakso lembu. Yang membedakan bakso ini dengan bakso yang lain adalah baksonya yang dibuat dengan daging lembu.

  • Saksang.

    Jika kamu adalah pecinta daging, maka makanan khas medan yang satu ini wajib kamu cicipi. Saksang adalah masakan khas suku Batak yang dibuat dengan bahan utama daging. Daging yang digunakan bisa daging sapi, babi, maupun anjing. Makanan yang satu ini bisa kamu dapati di beberapa upacara penikahan adat orang Batak.

  • Kolak Durian.

    Sebagai penutup mulut, anda bisa coba kolak durian yang pastinya segar dan enak. Kolak yang berisi durian, ketan putih, jagung, pisang ambon, dan seperti biasa dengan air santan dan gula merah ini sangat nikmat. Terutama bagi anda yang pecinta buah durian. Jangan lupa untuk mencoba makanan yang satu ini kalau berkunjung ke Medan ya.

Baca Juga: Cita Rasa Spagheti Khas Medan

Itu dia beberapa makanan khas kota medan yang merupakan salah satu kota terbesar di Sumatera. Liburan sambil mencicipi makanan khas kotanya akan menjadi liburan yang sempurna. Untuk anda yang tidak sempat liburan kesana, bisa juga mencicipinya di restoran khas Medan.

Ini Dia Hidangan Mantap yang Wajib Dicoba Kalau ke Medan