Skip to main content

Kenali Ciri Khas Masakan Jawa yang Menggugah Selera

Indonesia memang menjadi  negara yang memiliki banyak sekali keragaman budaya. Bukan hanya sekedar budaya tetapi juga memiliki kuliner yang beraneka ragam. Bahkan banyaknya kuliner yang ada, Indonesia menjadi negara yang sangat dikenal oleh para wisatawan asing dengan cita rasa kuliner yang menggugah selera.

Cita Rasa Khas Kuliner di Pulau Jawa

Cita Rasa Khas Kuliner di Pulau Jawa

Salah satu kuliner yang memiliki cita rasa menendang yaitu kuliner di pulau jawa. Di pulau jawa sendiri terbagi menjadi 4 provinsi yaitu provinsi jawa timur, jawa tengah, jawa barat, dan Jakarta. Masing-masing daerah tersebut memiliki ciri khas kuliner yang berbeda meskipun dalam satu pulau yang sama. Pada beberapa kabupaten atau kota yang ada di jawa, memiliki masakan dengan cita rasa yang gurih dan juga manis. Tetapi di kabupaten atau kota yang lain, Anda akan menemukan masakan dengan cita rasa berbeda misalnya gurih, pedas hingga masakan yang asin. Jika Anda merupakan seorang food traveller atau penggemar kuliner pasti bisa membedakan ciri khas kuliner yang ada di daerah pulau jawa.

Bagi Anda yang merupakan penggemar masakan jawa terkadang bingung dengan perbedaan masing-masing kuliner dari setiap daerah. Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk membedakannya, karena setiap daerah di pulau jawa memiliki ciri khas tertentu. domino qiu qiu

Nah, berikut ini akan diberikan informasi mengenai ciri khas dari kuliner yang ada di daerah pulau jawa.

Pertama ada ciri khas dari masakan daerah jawa timur.

Untuk masakan yang ada di jawa timur terlebih di wilayah kota Surabaya dan skitarnya mempunyai cita rasa masakan yang pedas dan cukup asin. Pada setiap masakan banyak sekali menggunakan terasi dan petis untuk menambah cita rasa. Kebanyakan masakan yang ada di daerah ini benar-benar dimasak sampai matang. Cara memasaknya dengan dibakar atau dipepes da nada juga dengan cara dikukus. Beberapa masakan khas dan juga populer yang ada di jawa timur seperti tahu campur, tahu tek, lodho ayam, dan rujak cingur.

Kedua ada ciri khas dari masakan daerah jawa tengah.

Masakan yang ada di daerah ini lebih banyak mendapat pengaruh  dari masakan nenek moyang yang berasal dari  kerajaan kuno Surakarta dan Yogyakarta. Dimana masakannya mempunyai ciri khas yang kurang pedas dan juga terbilang manis. Masakan dari daerah ini kebanyakan memakai bumbu bawang putih, santan, sedikit gula merah, dan juga santan. Bumbu itulah yang membuat cita rasa dari masakan daerah jawa tengah ini sangat pas sekali bagi Anda yang tidak suka dengan masakan pedas. Beberapa masakan  khas dan juga sangat populer di Jawa Tengah seperti soto kudus, gudek, dan masakan baceman.

Ketiga ada ciri khas dari masakan jawa barat atau yang lebih dikenal dengan masakan sunda.

Masakan dari daerah Jawa Barat mempunyai ciri khas yang selalu lengkap dengan hadirnya lalapan segar. Masakan dari daerah ini lebih sering dan banyak menggunakan bumbu dasar yang kuning dan juga putih. Beberapa  jenis rempah pun ada yang tidak boleh ketinggalan untuk dimasak seperti daun salam, batang serai, dan lengkuas. Supaya masakan memiliki aroma menggugah selera dan juga cita rasa yang begitu nikmat, biasanya dimasak dengan cara dipanggang, dikukus dan dibungkus dengan menggunakan daun pisang, serta dikepul. Cita rasa dari setiap masakan terasa semakin menendang dengan hadirnya sambal di setiap masakannya. Beberapa masakan yang terkenal dari daerah jawa barat seperti nasi liwet, nasi timbel, pepes, dan nasi tutug oncom.

Baca JugaPindang Tulang Meranjat, Bikin Lidah Terperanjat

Keempat ada masakan Jakarta atau yang lebih dikenal dengan betawi.

Ciri khas dari9 masakan betawi ini yaitu memiliki cita rasa gurih tetapi tidak begitu pedas. Beberapa masakan yang populer yaitu soto betawi, ketoprak, asinan betawi, dan karedok. Itulah beberapa ciri dari masakan khas dari jawa.