Salah satu pembahasan menarik dan tidak ada habisnya yaitu makanan atau kuliner. Apalagi di Indonesia sendiri ada banyak sekali makanan khas dari setiap daerah. Dan masing-masing daerah tersebut mempunyai kuliner dengan cita rasa dan keunikan tersendiri. Salah satu makanan dengan banyak keunikan yaitu rawon. Makanan atau kuliner tersebut sangat terkenal dan populer sekali di jawa timur. Makanan tersebut memiliki ciri khas yang sangat unik. Yakni dimasak dengan bumbu dapur dan juga rempah yang asli atau khas dari Indonesia. Pada umumnya, rawon memiliki isi berupa potongan daging yang dicampur dengan kuah berwarna coklat. Kuah yang ada di rawon tersebut terbuat dari bumbu rempah-rempah. Seperti bawang putih, bawang merah, ketumbar, jahe, lengkuas, cabe, dan jahe. Selain itu masih ada lagi tambahan dari asam jawa dan juga biji keluwak. Dimana menjadi rempah khas dari masakan rawon. Adanya keluwak itulah yang membuat kuah rawon berwarna coklat, warna coklat tersebut bukan berasal dari kecap.

Rempah-Rempah Dari Tumbuhan Liar Memiliki Keanekaragaman Rasa

Rempah-Rempah Dari Tumbuhan Liar Memiliki Keanekaragaman Rasa

Perlu Anda ketahui, keluwak sendiri adalah pepohonan yang tumbuh secara liar. Yang mana bijinya dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk sebagai bumbu masakan di dapur. Walaupun demikian, biji keluwak tersebut tidak boleh dimakan dengan keadaan yang belum dimasak atau mentah. Mengingat biji keluwak sendiri terdapat banyak sekali zat yang sangat berbahaya untuk tubuh jika dikonsumsi secara mentah. Cara pembuatan dari rawon terbilang sangat mudah dan sederhana meskipun dimasak dengan banyak sekali bumbu rempah. Pada awalnya bumbu rempah yang dijadikan sebagai bahan memasak rawon disatukan dan dihaluskan terlebih dahulu. Kemudian dimasukkan secara bersamaan dengan rebusan daring sapi yang sudah dipotong. Pada saat proses memasak tambahkan dengan gula, garam, dan batang serai. Untuk dapat menghasilkan daging yang empuk pada rawon ada juga yang mengolah daging dengan 2 kali proses perebusan. Biasanya rawon disajikan secara bersamaan dengan nasi yang masih panas.

Rawon Masakan Daerah Khas Jawa Timur

Selain itu juga bisa ditambahkan dengan kerupuk, tempe goreng, dan juga taburan bawang goreng. Dan juga kecambah untuk semakin melengkapi cita rasa yang lezat dari rawon. Tak heran makanan rawon ini digunakan untuk hidangan pada saat mengadakan hajatan.
Jika Anda berkunjung ke daerah jawa timur sangat disarankan untuk mencicipi kuliner lezat yang satu ini. Karena di daerah jawa timur yang merupakan tempat adanya makanan khas ini. Tak heran jika banyak sekali tempat yang menjual makanan atau kuliner rawon ini. Nah, berikut ini adalah tempat yang menjual makanan khas ini. Pertama ada rawon nguling. Tempat yang satu ini terbilang sangat populer dan legendaris sekali. Bahkan menjadi depot rawon nguling yang sangat terkenal. Jika Anda berkunjung ke daerah probolinggi jawa timur sangat direkomendasikan sekali untuk mampir ke tempat ini. Disini menyajikan rawon yang berbeda dari tempat yang lainnya. Karena kuah rawon yang disajikan cukup ringan tetapi memiliki cita rasa yang masih gurih.

Selain itu terdapat potongan dari daging rawon yang sangat melimpah dengan tekstur yang sangat lembut. Kedua ada rawon brintik yang taka kalah populer. Bagi Anda yang berlibur atau berkunjung ke malang sangat disarankan untuk mengunjungi tempat menjual rawon yang satu ini. Memang dari tempatnya terlihat sangat sederhana sekali tetapi untuk rasa dari rawon sangat menggugah selera. Bahkan rawon yang dijual tidak mengalami perubahan rasa meskipun sudah ada empat generasi penerusnya.

Keunikan Rawon, Kuliner Kaya Rempah-Rempah