Skip to main content

Latar Belakang Julukan Masakan Mewah Untuk Rendang

Siapa yang tidak tahu masakan rendang? Pasti semua orang sudah mengetahui masakan rendang dan bisa dikatakan hampir semua orang yang merasakan rendang akan merasa ketagihan. Hal ini tentu saja sangat wajar. Karena masakan rendang memang memiliki suatu cita rasa yang sangat kaya. Menggunakan perpaduan dari banyak rempah, membuat masakan rendang menjadi salah satu makanan favorit yang banyak memiliki penggemar.

Masakan Rendang

Masakan rendang sudah banyak diketahui oleh masyarakat seluruh Indonesia, bahkan sampai ke mancanegara. Tapi tahukah anda bahwa masakan rendang ini berasal dari Minangkabau? Sepertinya pengetahuan tersebut sudah merupakan pengetahuan umum, tapi ada beberapa orang yang mungkin belum mengetahuinya. Ya benar, rendang adalah masakan khas yang berasal dari daerah Sumatera Barat, lebih khusus lagi yaitu daerah Minangkabau. Masakan rendang biasa digunakan untuk perayaan suatu acara atau untuk makanan sehari-hari. Penyebaran masakan rendang ke seluruh wilayah di Indonesia ini tidak terlepas dari bagaimana daya tahan dari masakan rendang. Dulu masyarakat Minangkabau banyak yang melakukan perantauan. Karena rendang ini memiliki daya tahan yang tergolong cukup lama, maka banyak orang yang menggunakan masakan ini sebagai bekal. Dari situlah rendang bisa menyebar keluar dari Minangkabau. Namun tentu adanya rendang ini juga tidak terlepas dari berbagai macam rempah yang dibawa oleh pedagang dari India yang singgah di Indonesia dulu.

Makna tersirat dari masakan rendang ini sebenarnya penuh dengan rasa kekeluargaan. Secara adat, masakan rendang bisa sebagai lambang dari musyawarah dan mufakat. Bahan-bahan yang digunakan dalam rendang menunjukkan peran-peran yng penting di masyarakat. Pendangan mengenai makna tersirat dari masakan rendang speerti itu tentu merupakan pandangan masyarakat Minangkabau. Dalam penyebarannya, makna dari masakan rendang ini juga banyak ikut disebarluaskan. Namun seiring dengan perkembangan zaman dan peradaban, sepertinya semakin sedikit orang yang paham mengenai makna dari masakan rendang. Bahkan justru pandangan masyarakat atas masakan rendang ini sudah berubah dibandingan dengan pandangan masyarakat zaman dulu. Seperti yang disebutkan tadi, dulu masyarakat memandang masakan rendang sebagai lambing dari musyawarah dan mufakat. Tapi sekarang justru masakan rendang dipandang sebagai masakan yang mahal dan mewah. Mengapa pandangan tersebut bisa terbentuk?

Latar Belakang Julukan Masakan Mewah Untuk Rendang

Alasannya adalah sederhana, semua kembali pada bagaimana mendapatkan bahan-bahan yang diperlukan untuk memasak rendang. Saat ini adalah saat dimana semua bahan masakan mengalami kenaikan harga. Termasuk bahan masakan rendang, yaitu daging sapi. Harga daging sapi yang mahal menggiring pandangan masyarakat sehingga berpikir bahwa rendang adalah masakan yang mewah. Bahkan di rumah makan masakan padang pun, makanan rendang termasuk dalam makanan yang memiliki harga tinggi. Namun kemudian, masyarakat mulai mengkreasikan masakan ini. Untuk bisa menikmati cita rasa rendang, ada yang mengganti bahan utama rendang, yaitu daging sapi, menggunakan bahan lainnya, seperti daging ayam. Walaupun memang harganya akan lebih murah, tapi mengganti bahan utama dari masakan rendang bisa menghilangkan makna esensial dari masakan rendang itu sendiri.

Terlepas dari bagaimana masyarakat mengkreasikan masakan rendang sekarang, bagaimana pun zaman berkembang, masakan rendang akan sangat identic dengan daging sapi. Makna esensial dari masakan rendang tentu tetap akan terjaga selama masyarakat menajga keaslian masakan rendang. Kesan mewah dari masakan rendang pun akan tetap ada. Hanya saja alasannya yang berbeda. Bukan lagi karena bahan utamanya yang mahal, tapi karena cita rasa dari masakan rendang inilah yang memang sangat berharga.