Skip to main content

Makanan Khas Indonesia Yang Terbuat Dari Ikan

Makanan Khas Indonesia Yang Terbuat Dari Ikan

Indonesia adalah negara kepulauan dimana sekelilingnya adalah hamparan lautan dan lepas pantai. Kebanyakan masyarakat hidup di sekitar laut dan pantai memanfaatkan hasil laut seperti ikan, rumput laut dan biota laut lain sebagai konsumsi sehari-hari dan kebanyakan dijual untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sebagai negara maritim, masyarakat di Indonesia sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan. Saat ini Indonesia menjadi penyuplai hasil laut terbesar di dunia. Contohnya adalah komoditi rumput laut dan ubur-ubur yang akhir-akhir ini di ekspor dalam jumlah besar ke Jepang untuk digunakan sebagai campuran produk kecantikan dan campuran bahan makanan. Jumlah laut atau perairan di Indonesia yang cukup besar tentunya mempengaruhi pola hidup masyarakatnya. Dimana masyarakat Indonesia sebagian besar suka mengkonsumsi ikan laut, kecuali bagi mereka yang hidup di daerah agraris. Selain ikan, kerang laut menjadi komoditi utama yang saat ini juga masih di ekspor ke luar negeri karena banyaknya pesanan.

Makanan Khas Indonesia

Hasil laut yang melimpah tidak begitu saja dijual ke luar negeri atau ke restauran-restauran. Masyarakat nelayan sendiri juga mengkonsumsi hasil laut mereka. Masyarakat di daerah pinggir pantai memang terbiasa mengkonsumsi hasil laut karena hanya itu sumber makanan utama mereka. Ikan laut biasa dijadikan sebagai lauk pauk sehari-hari. Agar tidak bosan, ikan laut sering dijadikan olahan lain yang selain memiliki nilai jual juga memiliki nilai gizi untuk dikonsumsi oleh keluarga nelayan. Di daerah Palembang, ada makanan berbahan dasar ikan yang menjadi makanan khas daerah tersebut.

Siapa yang tidak kenal dengan pempek ikan khas Palembang? Pempek yaitu makanan yang terbuat dari tepung kanji dan tepung terigu dengan campuran bumbu dan juga ikan laut. Ini menjadi istimewa karena bumbu kuah yang digunakan berbeda dengan yang digunakan pada beberapa makanan di Indonesia. Kuahnya dibuat tersendiri dengan campuran ikan juga. Kombinasi rasa asam dari cuka, gurih, dan pedas dengan sedikit manis menjadi ciri khas dari makanan ini.

Makanan Khas Indonesia Yang Terbuat Dari Ikan

Selain pempek ikan palembang, masih banyak makanan khas Indonesia yang terbuat dari ikan dan pastinya di setiap daerah memiliki cara yang berbeda untuk mengkonsumsi atau mengolah ikan,

  1. Agar awet, di beberapa daerah pinggir pantai di Indonesia mengolah ikan laut menjadi ikan asap. Dengan cara pengasapan ini diharapkan ikan akan tahan lama terhadap cuaca dan bakteri. Terbukti karena asap yang digunakan berasal dari kayu yang tidak sembarangan agar menghasilkan aroma yang sedap. Ikan yang diolah dengan cara pengasapan ini bisa tahan hingga berbulan-bulan dalam suhu ruangan. Cara ini juga disebut sebagai cara pengawetan yang tradisional dan masih bertahan sampai saat ini. Ikan asap dapat diolah menjadi makanan apapun sesuai dengan selera anda.
  2. Selain pengasapan, cara mengawetkan ikan selanjutnya yang sangat terkenal di Indonesia adalah dengan cara pengasinan. Ikan laut tertentu dibersihkan, dikukus, kemudian dimasukkan dalam wadah besar yang berisi garam selama beberapa hari hingga satu minggu. Mengawetkan ikan dengan garam ini juga merupakan cara yang tradisional. Kandungan dalam garam bisa mencegah bakteri pembusuk masuk ke dalam ikan. Akhirnya, ikan inilah yang dinamakan dengan ikan asin yang bisa ditemui dimanapun di daerah seluruh Indonesia. Ikan asin biasanya lebih enak jika diolah menjadi campuran sambal atau ikan asin yang digoreng kemudian dimakan dengan nasi panas, inilahmakanan faforit.