Skip to main content

Mengenal Berbagai Olahan Makanan Berbahan Tempe

Tempe merupakan bahan makanan yang sudah ada sejak zaman nenek moyang bangsa Indonesia. Karena seringnya rakyat Indonesia mengkonsumsi tempe pada zaman dahulu, maka negara penjajah menyebut bangsa Indonesia sebagai bangsa tempe. Bahan pembuat tempe adalah kedelai yang diolah dengan ragi. Kandungan gizi yang ada pada tempe sangat bermanfaat bagi tubuh sehingga banyak sekali olahan makanan berbahan tempe yang beredar di dunia kuliner.

Mengenal Berbagai Olahan Makanan Berbahan Tempe

Mengenal Berbagai Olahan Makanan Berbahan Tempe

Selain karena kandungan gizi yang ada pada tempe, harga bahannya yang terjangkau juga menjadi alasan mengapa rakyat Indonesia banyak mengkonsumsi tempe sampai sekarang. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui berbagai olahan makanan berbahan tempe, maka Anda berada ditempat yang tepat. Disini akan kami bagikan informasi mengenai berbagai olahan makanan yang berbahan dasar tempe.

Saat ini banyak sekali berbagai tempat makan dan juga industri rumahan yang menjual makanan berbahan tempe. Alternatif tempe dipilih karena modal yang digunakan untuk mendirikan usaha tersebut menjadi relatif ringan sehingga masyarakat dari berbagai kalangan dapat menciptakan lapangan usaha sendiri khususnya dibidang kuliner yang berbahan dasar tempe. Nah, apa saja olahan makanan berbahan dasar tempe tersebut?Berikut adalah beberapa jenis makanan yang berbahan dasar tempe:

Keripik Tempe

Makanan camilan yang satu ini sering kita jumpai di warung-warung dekat rumah. Ya, keripik tempe namanya. Keripik tempe ini merupakan makanan camilan yang sering dinikmati oleh keluarga di Indonesia. Bahkan keripik tempe sering dijadikan sebagai oleh-oleh khas dari suatu daerah contohnya adalah Purwokerto. Cara membuatnya adalah dengan menggoreng tempe hingga kering dan bertekstur renyah. Hal yang membedakan keripik tempe dengan tempe goreng biasa adalah irisan dari keripik tempe yang lebih tipis sehingga teksturnya lebih gurih dan juga renyah.

Sambal Tempe Geprek

Sambal tempe adalah makanan pendamping lauk pauk yang dapat menambah cita rasa dan nafsu makan. Rasa pedas yang dimiliki cabai dapat meresap sempurna kedalam tempe. Cara membuat sambal tempe geprek cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan adonan sambalnya dan tempe yang sudah digoreng setengah matang. Apabila kedua bahan tersebut sudah jadi maka adonan sambal dan tempe tersebut langsung dicampur dan ditumbuk.

Tempe Bacem

Tempe bacem adalah makanan olahan berbahan dasar tempe yang diawet kan dengan menggunakan air kelapa sehingga menimbulkan rasa gurih dan juga manis. Tempe bacem sering kita jumpai diwarung-warung makan yang ada di pulau Jawa. Makanan ini sering dijadikan sebagai lauk oleh orang Jawa karena rasa manisnya yang dapat menetralisir rasa pedas akibat sambal karena pada umunya orang-orang Jawa tidak menyukai makanan yang terlalu pedas.

Tempe Mendoan

Tempe mendoan adalah makanan khas dari daerah Banyumas yang menggunakan tempe tipis dan juga lebar khas dari daerah tersebut. Cara membuat mendoan ini adalah dengan memasukan tempe kedalam adonan tepung. Kemudian tempe yang sudah dilumuri tepung tersebut digoreng setengah matang. Tekstur mendoan lebih kenyal karena digoreng setengah matang berbeda dengan keripik tempe yang digoreng kering. Makanan ini sering disajikan dengan cabai rawit atau sambal kecap. Jika Anda berlibur ke daerah Banyumas maka tidak ada salahnya jika Anda membeli mendoan sebagai oleh-oleh untuk keluarga dirumah.

Itu tadi beberapa olahan makan berbahan tempe yang mungkin dapat Anda beli atau buat sendiri dirumah. Dengan membuat makanan olahan berbahan tempe sendiri, maka Anda dapat mengkreasikan makanan tersebut sesuai selera Anda. Jika Anda masih kekurangan informasi tentang cara mengolah tempe tersebut menjadi suatu makanan lezat, maka Anda dapat mencari berbagai informasi melalui internet atau bisa juga berbagi resep dengan tetangga terdekat.

One thought on “Mengenal Berbagai Olahan Makanan Berbahan Tempe”