Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu daerah tanpa mencicipi kuliner kas suatu daerah tersebut. Nah jika Anda sedang berkunjung ke daerah Lamongan, Jawa Timur rasanya kurang lengkap. Jika Anda tidak mencicipi kuliner khas yang hanya ada di Lamongan selain soto Lamongan yaitu Nasi Boranan. Nasi boranan atau yang biasa disebut nasi boran oleh masyarakat sekitar merupakan makanan tradisional yang khas dan berasal Lamongan, Jawa Timur.

Makanan Khas Lamongan Ini Memiliki Wadah Yang Unik Untuk Digunakan

Makanan ini dinamakan nasi boran karena wadah atau tempat nasi yang digunakan terbuat dari anyaman bambu yang dinamai boranan oleh masyarakat sekitar dan menjualnya pun digendong menggunakan selendang pada punggung. Nasi boranan ini memang belum banyak dikenal oleh masyarakat khususnya pecinta kuliner karena sampai saat ini penjualan nasi boranan masih terbatas di kota Lamongan saja. Isian utama dari nasi boranan adalah nasi, bumbu yang terbuat dari rempah-rempah yang sudah dihaluskan, rempeyek yang merupakan sejenis kerupuk yang bahan bakunya dari tepung beras yang di berikan bumbu khusus lalu di goreng.

Makanan Khas Lamongan Ini Memiliki Wadah Yang Unik Untuk Digunakan 

Tak hanya itu, nasi boranan juga memiliki isian lauk yang bervariasi yang ditawarkan oleh penjual nasi boran, seperti daging ayam berbumbu, jeroan, ikan bandeng, telur dadar maupun telur mata sapi, telur asin, tahu, tempe dan masih banyak lagi. Harga nasi boranan pun dapat dijangkau bergantung dari lauk yang Anda pilih. Ada juga lauk utama yang menjadi ciri khas dan hanya bisa Anda temui di nasi boranan yaitu gimbal empuk yang terbuat dari tepung terigu yang di bumbui gurih setelah itu di goreng, pletuk yang dibuat dari nasi ataupun kacang yang di keringkan lalu di beri bumbu khusus dan di goreng, serta ikan sili yang hanya bisa Anda makan ketika Anda beruntung saja karena ikan ini termasuk dalam ikan musiman yang berbentuk seperti belut. Setelah semua lengkap, nasi boranan belum siap untuk di sajikan karena akan di tambahkan dengan sambal pedas merah yang terbuat dari cabai merah dan cabai rawit yang direbus, bawang merah, bawang putih yang digoreng, parutan kelapa, lengkuas, jahe, terasi, garam, dan jeruk purut. Ada juga sambal urap yang menjadikan nasi boranan mempunyai kenikmatan yang khas cita rasa Lamongan.

Makanan Khas Ini Banyak Ditemukan di Daerah Lamongan

Makanan Khas Ini Banyak Ditemukan di Daerah Lamongan

Nasi boranan ini biasanya di sajikan dengan menggunakan daun pisang atau kertas koran yang di bentuk kerucut yang kemudian nasi dan lauknya di taruh di wadah tersebut. Nah, jika Anda berniat mencari nasi boranan ini Anda akan menemui penjual secara lesehan di sekitar kawasan pasar kota maupun kabutapen Lamongan. Anda juga bisa menemui penjual nasi boranan ini di sepanjang trotoar di jalur Pantura Lamongan-Surabaya, selain itu juga ada di depan Plaza Lamongan hingga rel kereta api sebelum stadion Surajaya Lamongan. Nasi Boranan ini akan lebih nikmat jika di makan pada saat malam hari sambil melihat indahnya kota Lamongan. Nasi boranan yang di jual pun di patok dengan harga yang relatif murah. Untuk sepincuk nasi boranan tanpa lauk biasanya di bandrol dengan harga 5 ribu saja. Sementara jika Anda menambah lauk pauk biasanya berkisar harga 8 ribu hingga 10 ribu. Cukup terjangkau bukan? Bagaimana sudahkah Anda siap merasakan kenikmatan cita rasa yang khas dari nasi boranan yang berasal dari daerah Lamongan, Jawa Timur ini? Selamat menikmati!

Pedasnya Nasi Boranan Khas Lamongan yang Bikin Ketagihan