Skip to main content

Pindang Tulang Meranjat, Bikin Lidah Terperanjat

Palembang merupakan salah satu daerah di Indonesia yang mempunyai warisan budaya yang luhur. Terlebih daerah ini pernah menjadi ibu kota dari kerajaan besar Indonesia pada masa lampau, yaitu sriwijaya. Karena itu, anda akan bisa menemukan berbagai kebudayaan unik yang khas dari daerah ini.

Banyak Masakan Khas Kota Palembang Yang Memikat

Kebudayaan khas palembang sangat tergambar dari kehidupan sehari-hari masyarakat palembang, cara bersosial, hingga sampai pada hidangan masakan. Jika berbicara soal hidangan masakan khas palembang, banyak dari anda pasti akan langsung memikirkan pempek. Memang pempek merupakan sebuah masakan khas dari daerah palembang yang sudah sangat terkenal hampir diseluruh bagian wilayah Indonesia. Namun, anda harus mengetahui bahwa pempek bukan saja merupakan satu-satunya masakan khas yang bisa anda temukan di palembang.

Pindang Tulang Meranjat Salah Satu Masakan Khas Palembang

Karena masih ada banyak hidangan lain yang menggugah selera di lidah jika di cicipi berasal dari daerah palembang ini. Selain pempek, di palembang anda juga bisa menemukan hidangan masakan khas lain seperti mie celor, martabak khas palembang, dan masih banyak lagi. Tapi, yang paling unik diantaranya pastilah pindang tulang meranjat. Pindang tulang meranjat merupakan salah satu masakan yang harus anda cicipi paling pertama selain pempek jika anda berkunjung ke palembang.

Pindang tulang meranjat sendiri merupakan sebuah hidangan masakan palembang unik yang sering membuat orang salah mengira. Karena banyak orang salah mengira bahwa pindang tulang meranjat dibuat dari ikan pindang. Pasalnya, palembang merupakan daerah penangkapan ikan laut yang besar. Maka dari itu, banyak masakan khas palembang juga dibuat dengan bahan dasar ikan laut. Tapi berbeda dengan hidangan masakan khas palembang yang satu ini. Karena pindang tulan meranjat tidak dibuat dengan bahan ikan laut. Namun dibuat dengan bahan dasar daging sapi yang dijadikan sebuah masakan khas yang sangat lezat.

Pindang Tulang Meranjat Salah Satu Masakan Khas Palembang

Ya, pindang tulang meranjat merupakan sebuah hidangan berkuah dengan berbahan daging sapi khas palembang. Lebih tepatnya, pindang tulang meranjat menggunakan bahan dari iga sapi sebagai bahan utamanya. Biasanya, bahan iga sapi yang menjadi bahan pembuatan pindang tulang meranjat menggunakan iga sapi muda. Dalam membuat pindang tulang meranjat, biasanya digunakan iga sapi muda yang merupakan daging iga yang masih menempel dengan tulang dan masih terdapat sumsum pada tulang tersebut. Pembuatannya adalah dengan terlebih dahulu merebus iga sapi mudah kemudian menggunakan berbagai bumbu rempah khas palembang sebagai bahan pembuat kuah.

Hidangan pindang tulang meranjat sendiri menjadi masakan yang harus anda cicipi di palembang karena cita rasanya. Cita rasa hidangan ini sangatlah khas dengan rebusan daging iga sapi yang direbus dengan rempah-rempah palembang berjam-jam. Membuat rasa yang sangat lezat ketika dinikmati. Selain itu, kuah dari pindang tulan meranjat sendiri cenderung memberikan kesan rasa yang segar. Sehingga membuat anda pasti akan selalu senang menikmati hidangan ini. Biasanya, pindang tulan meranjat sendiri disajikan dengan taburan daun bawang dan seledri. Dan juga biasanya orang menikmatinya dengan tambahan nasi karena hindangan ini juga cocok dinikmati dengan semangkuk nasi. Hidangan ini sendiri memiliki rasa yang sangat komplek mulai dari gurih, asam, manis, segar, hingga pedas. Semua cita rasa ini berbaur menjadi satu namun tetap terasa saling terhubung dan terasa lezat di lidah. Pastikan anda mencicipi hidangan ini jika anda berkunjung ke palembang karena dijamin bisa membuat lidah anda terasa terperanjat ketika mencicipinya.