Resep Kue Chiffon Cake Tepung Beras Dijamin Enak. Resep kue yang kami berikan berasal dari olahan terbaik para chef-chef. Bagi kalian yang mempunyai stok tepung beras di dalam kulkas dan bingung untuk membuat apa, kalian dapat mencoba membuat chiffon cake ini.

Kualitas hasil cakenya sudah pasti dijamin enak dan juga lembut, pori-pori cakenya juga halus. Kalian pasti akan ketagihan setelah mencobanya. Berikut ini adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk pembuatakan kue chiffon cake tepung beras.

Resep Kue Chiffon Cake Tepung Beras Dijamin Enak

Bahan-Bahan Pembuatan Chiffon Cake Tepung Beras:

Bahan Pertama:

  1. Sediakan 4 butir kuning telurnya saja
  2. Tepung beras rosebrand 120 gr
  3. Persiapkan santan 80 ml (Dianjurkan 15 ml + 65 ml air saja)
  4. Minyak 40ml
  5. Garam secukupnya saja
  6. Vanila bubuk secukupnya (Resep tambahan dari kami sendiri, agar cake lebih wangi)
  7. Pasta Pandan secukupnya

Bahan Kedua:

  1. 4 Butir Putih Telur
  2. Gula Pasir 100 gr atau secukupnya (Biasanya saya hanya menggunakan 90gr saja)
  3. Air peras jeruk nipis 1 sendok

Langkah-langkah Dalam Pembuatan Chiffon Cake Tepung Beras:

  1. Pertama-tama hal yang harus kalian lakukan adalah mencampur semua bahan pertama di atas. Tentunya jangan lupa untuk mengaduk tepungnya dulu sampai rata dan tercampur dengan rata kemudian disisihkan dengan menggunakan whisker.
  2. Hal kedua yang kalian lakukan adalah ambillah wadah yang kosong dahulu, kemudian campur dan kocok putih telur dan air jeruk nipis sampai berbusa. Lalu campurkan gula pasir 3 sendok dan mixerlah sampai mengembang putih kaku. Dikatakan putih kaku jika adonannya tidak tumpah ketika wadahnya di balikkan. Tujuan menggunakan air jeruk nipis agar adonan putih telurnya tetap bagus dan tidak cepat turun. Kalian dapat menggantikan air jeruk nipis menggunakan 1/4 sendok cream tartar.
  3. Lalu kalian campurkan adonan putih telur tersebut ke dalam adonan yang menggunakan bahan pertama. Saat memasukkannya gunakan 3 tahap yakni 3x memasukkan aduk balik menggunakan spatula sampai rata dan jangan lakukan over mix. Hal ini dilakukan agar adonan tetap kelihatan cantik dan tidak encer/lembek. Saat mengaduknya kalian harus melakukannya dengan hati-hati.
  4. Persiapkan loyang chiffon tanpa dioleskan apapun dan tuang adonan yang sudah tercampur tadi kedalam. Kemudian hentakan sedikit agar mengeluarkan udara, supaya saat sudah matang texturnya lebih bagus. Lalu masukkan ke oven dan tunggu sampai matang kurang lebih 40 menit. Jika sudah tes tusuk dan lihat apakah ada yang menempel pada tusukan, jika tidak ada tandanya kue sudah siap untuk di sajikan. Jangan lupa untuk memanaskan oven terlebih dahulu.
  5. Setelah kue sudah matang, segera tangkupin loyang kue tersebut dengan bantuan botol. Hal ini bertujuan agar kue tidak terlalu kempes.
  6. Tunggu sampai dingin dan keluarkan dari loyang dengan menyisir sisinya saja menggunakan pisau.
  7. Chiffon Cake Tepung Beras sudah siap untuk disajikan, potong-potong sesuai selera anda dan rasakan nikmatnya kue tersebut.

Kami juga akan memberikan resep asli tanpa tambahan vanilla dan jeruk nipis dalam membuat kue ini:

  • Campurkan minyak, santan dan pasta panda menjadi satu, kemudian aduk sampai rata
  • Siapkan wajan baru kemudian masukkan garam, putih telur dan kocok sampai berbusa, lalu masukkan gula pasir menggunakan 3 tahap sampai kaku seperti cara diatas.
  • Masukkan kuning telur satu persatu, kocokkan sebentar dan campurkan santannya dan aduk sebentar saja.
  • Terakhir adalah masukkan tepung beras dan aduk sebentar sampai dengan rata. Jangan diaduk terlalu over agar adonan tidak bantet. Langkah selanjutnya sama seperti cara di atas.

 

 

Resep Kue Chiffon Cake Tepung Beras Dijamin Enak

One thought on “Resep Kue Chiffon Cake Tepung Beras Dijamin Enak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *