Skip to main content

Resep Masakan Indonesia Tumis Bayam Plus Tahu

Resep Masakan Indonesia Tumis Bayam Plus Tahu. Salah satu sayuran hijau yang bisa kita masak untuk lauk sehari-hari di rumah adalah bayam. Bayam terutama dapat diolah menjadi aneka masakan. Mulai dari dibuat sayur bening, dibuat pecel hingga ditumis.

Sayur bening biasanya akan sangat disukai anak-anak. Pecel bayam bisa dibuat dengan mudah, cukup kukus bayam sebentar hingga layu dan tuangkan bumbu pecel di atasnya. Sementara tumis bayam juga tak kalah lezat serta dapat disajikan dalam waktu cepat. Resep tumis bayam juga bisa ditambah potongan tahu serta jagung manis agar hasilnya lebih lengkap. Selain itu, variasi sayuran juga lebih banyak karena perpaduannya serasi.

Namun jika anggota keluarga menginginkan tumis bayam yang sederhana, maka tidak perlu kita tambahkan potongan tahu serta jagung manis tersebut. Semuanya tentu kembali lagi pada selera masing-masing. Tumis bayam terutama akan sangat lezat apabila disajikan bersama nasi hangat serta lauk lain seperti telur ceplok.

Jika ingin menambahkan sambal, maka gunakan sambal bajak atau sambal terasi. Untuk membuat tumis bayam yang lezat dengan aneka bahan tambahan di dalamnya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Resep Masakan Indonesia Tumis Bayam Plus Tahu

Bahan pembuatan tumis bayam:

  1. Bayam segar sekitar 3 ikat atau sebanyak 250 gram
  2. Jagung manis sebanyak satu buah, serut
  3. Tahu putih kotak sebanyak 2 buah yang dipotong dadu
  4. Air sebanyak 75 ml

Bumbu tumis bayam:

  1. Bawang putih sebanyak 5 siung, memarkan
  2. Cabe merah sebanyak 2 buah, buang bijinya dan iris serong
  3. Bawang merah sebanyak 2 buah, iris tipis
  4. Garam secukupnya
  5. Gula pasir secukupnya
  6. Minyak secukupnya untuk menumis

Cara membuat tumis bayam:

  1. Panaskan minyak dalam wajan lalu goreng tahu hingga setengah matang, angkat dan tiriskan
  2. Siapkan semua bahan dan panaskan kembali minyak di atas api kecil. Tumis bawang putih, bawang merah serta cabai hingga tercium bau harum
  3. Masukkan jagung manis lalu aduk sebentar
  4. Masukkan bayam serta tahu. Tambahkan garam serta gula pasir secukupnya saja. Aduk rata
  5. Tambahkan sedikit air dan cobalah untuk cicipi rasanya
  6. Angkat setelah matang dan sajikan bersama taburan bawang goreng serta nasi hangat

Dalam memasak bayam, terdapat beberapa hal yang harus kita perhatikan. Aneka hal yang harus diperhatikan ini terutama berkaitan dengan waktu, seperti waktu memasak hingga waktu mengonsumsinya.

  1. Saat memasak bayam, jangan terlalu lama dalam menumisnya. Hal ini bertujuan agar tampilan bayam tetap menarik dan tidak layu, serta agar kandungan vitamin di dalamnya tidak berkurang. Memasak bayam memang tidak butuh waktu lama karena bayam termasuk sayuran yang mudah layu
  2. Bayam yang telah dimasak harus segera dikonsumsi sampai habis, maksimal adalah dua jam setelah dimasak. Tumis bayam atau olahan bayam apapun yang terlalu lama didiamkan akan melepaskan kandungan zat besi di dalamnya sehingga menyebabkan rasa kantuk bagi siapapun yang mengonsumsinya
  3. Alasan lain mengapa bayam harus segera dikonsumsi adalah karena olahan bayam tidak bisa dihangatkan apabila sudah dingin. Bayam yang dihangatkan di atas api akan menghasilkan bau tidak sedap sehingga tidak dapat dikonsumsi kembali.

Itu dia bahan-bahan, cara memasak serta apa saja yang harus diperhatikan dalam memasak tumis bayam. Untuk tambahan tahu serta jagung manisnya bisa dihilangkan apabila kita memang tidak terlalu menyukainya. Resep di atas terbilang sederhana sehingga pasti akan dapat kita praktekkan. Selamat mencoba!

One thought on “Resep Masakan Indonesia Tumis Bayam Plus Tahu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *