Resep Masakan Sederhana Udang Goreng Bumbu Rumahan. Resep menu yang kita olah menggunakan bumbu original pasti akan membuat sajian kuliner kian terasa lezat. Termasuk di antaranya adalah udang goreng yang menggunakan bumbu original.

Salah satu cara termudah dalam mengolah udang memang adalah dengan menggorengnya. Walau kini sudah banyak tersedia tepung bumbu instan yang bisa kita dapatkan dengan mudah, namun meracik bumbu sendiri juga tak kalah mengasyikkan.

Selain itu, hasil akhirnya dijamin tidak kalah dibanding tepung bumbu instan yang beredar di pasaran. Apalagi untuk kita yang memiliki hobi memasak, meracik bumbu untuk udang goreng pastilah merupakan hal biasa.

Bahan-bahan yang diperlukan juga tidak terlalu sulit. Untuk udangnya, pastikan masih dalam keadaan segar. Hal ini agar rasa terjamin tetap sedap serta manis. Berikut adalah bahan-bahan pembuatan bumbu untuk udang goreng, cara membuat hingga tips pengolahannya.

Resep Masakan Sederhana Udang Goreng Bumbu Rumahan

Bahan-bahan pembuatan udang goreng bumbu original:

  1. Sediakan 500 gram udang berkuran sedang hingga besar. Terlebih dahulu harus kita kupas kulit serta kepalanya, sayat bagian punggung dan buang kotoran berwarna hitam yang ada pada bagian punggung
  2. Bawang putih sebanyak lima siung
  3. Garam sebanyak satu sendok mana
  4. Gula pasir secukupnya
  5. Merica secukupnya
  6. Kecap manis sebanya satu sendok teh
  7. Air sebanyak 50 mililiter
  8. Minyak goreng secukupnya

Cara mengolah udang goreng bumbu original:

  1. Haluskan aneka bumbu yang terdiri dari bawang putih, gula pasir, garam serta merica
  2. Tambahkan air, kemudian balurkan daging udang dengan bumbu yang telah dicampurkan air tersebut
  3. Biarkan selama 15 menit agar bumbu meresap ke dalam daging
  4. Panaskan minyak goreng dalam wajan
  5. Goreng udang sampai matang dan berubah warna
  6. Udang telah siap disajikan bersama nasi panas serta sambal.

Resep di atas dapat digunakan untuk empat porsi atau lebih. Terdapat beberapa tips khusus dalam mengolah udang goreng bumbu original ini.

  1. Untuk menghilangkan bau amis pada udang, balur daging udang menggunakan air jeruk nipis terlebih dahulu sebelum dibalur bumbu dan digoreng
  2. Jangan goreng udang terlalu lama. Jika terlalu matang, tekstur udang yang seharusnya empuk akan menjadi keras. Hal ini tentu akan mengurangi kenikmatan dalam mengonsumsi udang.

Mengolah udang menggunakan bumbu original buatan rumah terutama membutuhkan daging udang yang masih segar. Akan lebih memuaskan lagi jika udang memiliki ukuran sedang hingga besar, sehingga akan terasa dagingnya saat dikonsumsi.

Pastikan juga udang telah dicuci bersih sehingga tidak ada lagi kotoran yang menempel saat hendak dimasak. Semua bumbu juga harus dalam kondisi segar untuk menjamin rasanya nanti saat sudah matang. Memasak udang goreng bumbu original juga tidak terlalu sulit karena semua bahan dan bumbu dapat diperoleh di supermarket hingga pasar tradisional terdekat.

Udang goreng bumbu original bisa jadi salah satu alternatif variasi masakan udang yang sederhana namun tetap lezat dan tentunya bergizi tinggi. Sebagai salah satu makanan laut, udang terbukti kaya akan aneka vitamin, mineral dan juga protein yang berguna bagi tubuh.

Walau demikian, udang juga tinggi kolesterol sehingga harus dibatasi konsumsinya terutama apabila kita mengalami masalah dengan tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Olahan udang goreng sendiri termasuk olahan yang paling cepat dibuat sehingga tidak akan butuh waktu lama bagi kita dalam menikmati daging udang yang kaya manfaat ini.

Resep Masakan Sederhana Udang Goreng Bumbu Rumahan

One thought on “Resep Masakan Sederhana Udang Goreng Bumbu Rumahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *