Skip to main content

Rujak Cingur Khas Jawa Timur dengan Cita Rasa Paling Lengkap

Berbicara mengenai makanan ada banyak sekali jenis kuliner yang bisa dinikmati. Di setiap daerah tentu memiliki makanan atau kuliner yang beragam. Salah satu kuliner yang begitu populer di daerah jawa timur yaitu rujak cingur. Pasti Anda pernah mendengarnya bukan? Atau bahkan sudah pernah menikmati cita rasa yang begit enak dari rujak cingur ini. Sajian dari makanan rujak cingur ini menjadi kuliner tradisional yang begitu populer sekali. Jika dilihat secara sekilas makanan rujak cingur ini hampir sama dengan makanan gado-gado, tetapi tentunya kedua makanan ini memiliki komposisi bahan serta rasa yang sangat berbeda. Rujak cingur ini dihidangan secara tradisional dengan beberapa bahan seperti bumbu petis, kangkung, mentimun, tahu, nana, taoge, lontong dan pastinya adalah cingur. Melalui olahan serta resep dari bumbu yang begitu lezat dan juga nikmat menjadikan rujak cingur ini memiliki ciri khas tersendiri. Tak heran jika sajian makanan rujak cingur ini begitu terkenal dan populer sekali di daerah jawa timur khususnya di wilayah kota Surabaya.

Rujak Cingur Mudah Ada di Sepanjang Jalanan Kota Surabaya

Makanan rujak cingur ini akan mudah sekali Anda temukan di sepanjang jalanan kota Surabaya. Jika Anda sangat hobi berwisata kuliner sangat direkomendasikan sekali untuk mencoba rujak cingur ini. Begitu terkenal dan populernya makanan ini membuatnya sangat mudah ditemui di kota yang lainnya. Meskipun cita rasanya tidak bisa mengalahkan dari daerah asalnya yaitu jawa timur tepatnya di kota Surabaya. Sesuai dengan namanya, cingur menjadi bahan utama dalam rujak ini. Cingur sendiri dalam bahasa jawa timur memiiki arti congor atau yang lebih dikenal dengan mulut dari sapi. Selain adanya bahan utama berupa cingur yang telah di rebus ini, masih ada bahan-bahan pelengkap yang lainnya. Bahan pelengkap untuk membuat rujak cingur ini seperti potongan buah yang meliputi kodondong, mentimun, nanas, bengkuang, dan manga.

Rujak Cingur Mudah Ada di Sepanjang Jalanan Kota Surabaya

Selain dilengkapi dengan buah, rujak cingur ini dilengkapi juga dengan potongan temped an juga tahu yang telah digoreng. Disamping itu, ada juga tambahan sayuran seperti potongan dari kacang panjang dan juga daun kangkung. Rujak cingur tentu tidak lengkap tanpa adanya bumbu. Untuk bumbu dari rujak cingur ini sendiri terbuat dari bahan sebagai berikut kacang tanah yang telah digoreng, gula merah, cabai sesuai dengan selera, dan juga garam. Cita rasa dari bumbu rujak semakin terasa lengkap dengan tambahan dari asam jawa dan juga petis. Yang mana bumbu tersebut dicampur kemudian diulek pada cobek yang besar lalu ditambah dengan air supaya teksturnya tidak terlalu kental. Jika bumbu rujak cingur telah selesai dibuat, kemudian campurkan dengan berbagai bahan yang telah dipersiapkan sebelumnya. Setelah itu aduk bumbu sampai merata.

Pada umumnya rujak cingur ini disajikan dengan kerupuk sebagai bahan pelengkapnya. Harga dari rujak cingur ini terbilang cukup murah sekali sekitar 10 ribu per porsinya. Yang mana Anda bisa menikmati sensasi rujak yang berbeda dengan perpaduan rasa dari sayur, buah, dan juga cingur. Kemudian ditambah dengan cita rasa gurih dan pedas dari bumbu rujak. Adanya rujak cingur ini menjadi bukti begitu kayanya Indonesia dengan banyaknya kuliner atau makanan dengan cita rasa yang sangat enak dan lezat. Nah, rujak cingur mempunyai ciri khas yang harus Anda ketahui supaya tidak salah dengan gado-gado. Supaya lebih mudah membedakan antara keduanya, yaitu adanya buah dan juga cingur. Cobalah rujak cingur khas jawa timur ini dan rasakan sensasi yang berbeda.