Pembahasan kali ini mari dibuka dengan mengenal identitas dari nasi goreng. Nasi goreng ini sudah termasuk makanan yang telah Go Internasional. Mengapa demikian? Masih ingatkah anda ketika Barack Obama berkunjung ke Indonesia? Salah satu makanan yang menjadi favoritnya adalah nasi goreng.

Masakan Sederhana Yang Diakui di Dunia

nasgor 1Pengakuan bagaimana enaknya nasi goreng ini tidak hanya keluar dari seorang Barack Obama saja. Para Idol Korea yang bisa dikatakan sering mengunjungi Indonesia pun juga mengenal. Dan mengakui bahwa nasi goreng adalah makanan yang memiliki cita rasa. Sebenarnya nasi goreng adalah makanan yang sangat sederhana. Orang Indonesia pun banyak yang mengonsumsinya setiap hari. Nasi yang digoreng ini bisa menarik perhatian banyak pihak karena memiliki rasa yang tergolong sedap. Yang istimewa bukan dari nasi yang digoreng, tapi dari bumbu apa saja yang digunakan ketika nasi tersebut digoreng. Ditambah lagi dengan bahan-bahan lain yang digoreng bersama dengan nasi goreng tersebut.

 

nasgor 2Karena masakan nasi goreng ini tergolong sederhana, maka kemudian banyak yang berani untuk membuat eksperimen atau mengkreasikan nasi goreng agar lebih menarik lagi. Di Indonesia misalnya, ada banyak cara untuk memasak nasi goreng. Seperti ada nasi goreng yang dimasak dengan cara Jawa. Jadi rasa dari nasi goreng ini akan cenderung tradisional, mengikuti lidah masyarakat Jawa. Bagi mereka yang baru belajar memasak, nasi goreng adalah menu yang akan paling sering dicoba. Karena bahannya mudah didapatkan, cara memasaknya sederhana, waktu memasaknya pun tergolong singkat.

 

nasgor 3Seperti yang telah dijelaskan di awal tadi, nasi goreng adalah makanan yang sudah mendunia. Di luar negeri, masakan nasi goreng pun banyak dikreasikan. Pada dasarnya nasi goreng adalah nasi yang digoreng menggunakan kecap manis dan bumbu lainnya. Yang ditumbuk halus, kemudian timbahkan dengan bahan tambahan. Dalam perkembangannya, terutama di luar Indonesia, nasi goreng kemudian tidak diolah menggunakan kecap manis. Jadi mungkin akan sedikit terlihat berbeda. Karena sebenarnya nasi goreng itu identic dengan warna coklat kehitamannya karena dari kecap manis tersebut. Bagi sebagian orang, mungkin melihat nasi goreng yang masih berwarna putih atau putih kekuningan, pasti akan merasa tidak familiar.

Varian Nasi Goreng Yang Dapat Menggugah Selera

Selain dari segi penggunaan kecap asin, hal yang banyak dikreasikan juga terkait dengan bahan pendukungnya. Nasi goreng yang sederhana atau yang paling basic adalah hanya menggunakan telor saja. Ketika bumbu halus sudah dimasukkan, kemudian masuk telor dan dicampurkan dengan bumbu. Sekarang bahan pendukung dari nasi goreng semakin beragam. Ada yang menggunakan sosis, sayuran, ayam suwir, seafood, dan lain sebagainya. Hal ini adalah hal yang positif. Karena bahan tambahan apa saja yang digunakan, dampaknya tidak akan merusak cita rasa nasi goreng. Tapi justru menambah cita rasa nasi goreng menjadi semakin kaya.

nasgor 4

Hal-hal yang ditambahkan dalam kreasi nasi goreng sepertinya semakin akan menjadi favorit masing-masing orang. Bagi yang menyukai makanan laut, maka lidahnya akan sangat cocok dengan nasi goreng seafood. Bagi yang lebih senang sayuran, bisa sekali untuk mencoba nasi goreng campur sayuran. Semua tergantung dari selera masing-masing orang. Sepertinya sesuatu yang sederhana belum tentu akan tergeser dengan perkembangan zaman. Contohnya saja nasi goreng ini. Dengan kesederhanaannya, nasi goreng justru menjadi objek yang bisa terus dikembangkan kreasinya. Hal ini tentu saja akan semakin mengangkat nama dan kepopuleran nasi goreng, baik di Indonesia ataupun di mata dunia..

Variasi Masakan Nasi Goreng untuk Memanjakan Lidah