Ibukota Sumatera Selatan, Palembang Surganya Makanan?

Sumatera adalah salah satu Provinsi di Indonesia yang terbagi atas beberapa bagian yaitu Sumatera Utara, Sumatera selatan dan juga Sumatera Barat.

Palembang Terkenal Dengan Sebutan Surganya Makanan

Di pulau Sumatera ini, setidaknya terdapat 11 Provinsi termasuk yang sudah disebutkan tadi, Aceh, Riau, Jambi, Kepualauan Seribu, Bengkulu. Kepulauan Bangka, Belitung dan juga Lampung. Jika soal alamnya, Sumatera memang telah dikenal sebagai pulau dengan banyak tempat wisata yang indah. Tak hanya destinasi wisatanya saja yang indah, salah satu provinsi di Sumatera yaitu provinsi Sumatera Selatan terkenal juga dengan makanannya yang lezat. Ini dia bebrapa masakan khas sumatera selatan yang bikin kamu betah mentap disana, Meskipun beberapa masakan mungkin sudah dapat anda nikmati di daerah lain jika anda mngunjungi restauran khas daerah.

Laksan Palembang

Beberapa makanan khas Sumatera Selatan berikut ini sayang jika anda lewatkan karena rasanya yang nikmat. Kita mulai dari masakan khas kota palembang yang mungkin beberepa diantaranya pernah anda coba. Masakan yang pertama adalah pempek, siapa yang tidak kenal pempek?

Mungkin sebagian besar masyarakat Indonesia tahu nama makanan ini meski belum semuanya mencobanya.

  • Pempek, makanan yang terbuat dari ikan dan tepung kanji ini memang sudah dikenal dimana-mana. Bahkan banyak toko makanan di ibukota yang menjajakan makanan khas Palembang yang satu ini.
  • Selain Pempek, ada juga Tekwan yang juga tak kalah nikmat rasanya. Makanan yang juga berbahan dasar ikan ini juga sudah bisa ditemukan dengan mudah di luar Sumatera Selatan. Makanan yang hampir seperti bakso ini terbuat dari berbagai bahan seperti bengkoang, bihun, jamur, dan bumbu pelengkap lainnya yang merupakan pendamping dari adonan yang terbuat dari ikan dan sagu. Dengan kuah yang segar, tekwan bisa jadi salah satu pilihan menarik jika anda berkunjung ke palembang dan ingin mencicipi makanan khasnya.
  • Selain kedua makanan di atas, ada juga Laksan yang juga merupakan masakan khas Palembang. Makanan yang isinya mirip pempek lenjer ini dihidangkan dengan kuah santan yang terlihat mirip seperti kari.
  • Karena palembang khas dengan makanan yang berbau ikan, hidangan yang berikut ini juga menggunakan ikan sebagai bahan dasarnya. Ada pindang patin yang merupakan masakan paling cocok untuk anda yang suka makanan pedas. Makanan yang satu ini hampir seperti masakan ikan biasa, bedanya diantara bumbu yang digunakan terdapat nanas sebagai tambahannya. Tentunya dengan adanya nanas semakin memperkaya rasa dari masakan ikan pindang tersebut. Masakan ini biasa dijadikan untuk lauk maupun dimakan tanpa nasi.
  • Satu lagi yang tidak boleh dilupakan kalau sudah membahas mengenai makanan khas palembang yaitu sambal tempoyak. Sambal khas dari Palembang ini merupakan sambal yang terbuat dari daging durian serta bahan utama membuat sambal yaitu cabai. Dengan rasa yang gurih, sambal ini paling cocok bila dijadikan hidangan tambahan untuk dinikmati dengan pindang patin tadi. Untuk anda yang pecinta buah durian sekaligus masakan pedas, wajib hukumnya mencoba makanan yang satu ini karena pasti akan membuat anda ketagihan saat memakannya.

Baca Juga: Jajanan Unik Khas Kota Bandung

Palembang merupakan ibukota dari provinsi Sumatera Selatan yang dikenal dengan makanan khas seklaigus tempat wisatanya yang indah. Tak hanya itu, budaya masyarakat Palembang juga sangat khas karena memang setiap daerah di Indonesia memiliki budaya masing-masing. Indonesia memang negara yang kaya akan makanan khas, Jadi, masakan mana yang paling anda sukai?

Jajanan Unik Khas Kota Bandung

Bandung merupakan salah satu kota besar yang sangat terkenal di Indonesia. Biasanya, banyak orang mengenal bandung sebagai sebuah kota kembang atau kota besar. Tapi meski demikian, sebenarnya Bandung sendiri tetap merupakan sebuah daerah di Indonesia yang kaya dengan budaya. Diantaranya bisa dilihat dari berbagai kebiasaan masyarakat yang masih menampilkan budaya khas daerah Bandung. Dan tentu saja, kekayaan budaya khas Bandung juga masih bisa anda lihat dari kulinernya. Jika berbicara soal kuliner khas bandung yang unik itu sendiri, pasti anda akan menemukan banyak hidangan bisa anda cicipi.

Jajanan Terkenal Dari Kota Bandung

Jajanan Terkenal Dari Kota Bandung

Namun pada kali ini, kita akan membahas bersama tentang hidangan janjanan yang lumayan sering dicicipi anak sekolah dan para turis di daerah bandung. Hidangan jajanan yang sangat terkenal dari daerah Bandung tersebut adalah seblak. Seblak merupakan sebuah hidangan yang dibuat dari kerupuk / kerupuk basah. Sebenarnya, seblak sendiri memiliki 2 jenis tersendiri yaitu seblak kering dan seblak basah. Tapi pada saat ini, banyak orang lebih mengenal seblak basah ketimbang seblak kering. Sehingga lebih banyak orang menyajikan seblak basah pada saat ini. casino online

Dalam penyajian seblak, pada saat ini terdapat berbagai variasi dalam penyajiannya. Namun dasar penyajian tetaplah sama. Maksudnya, secara mendasar, seblak disajikan dengan kerupuk basah yang diberi kuah. Dimana bumbu-bumbu juga digunakan dalam menyajikan masakan jajanan ini seperti rempah kencur, bawang, capai, dan garam. Hingga cita rasa dari hidangan jajanan seblak sendiri memberikan rasa yang lebih cenderung ke pedas dan gurih. Selain disajikan secara mendasar seperti yang disebutkan, seblak juga disajikan dengan beraneka ragam isian dan toping. Pada saat ini berbagai isian dan toping digunakan dalam menyajikan seblak seperti adanya kerupuk, sayuran, hingga telur ayam, boga bahari, serta berbagai olahan daging sapi.

Terdapat Berbagai Varian Toping Sebagai Pelengkap Sablak

Selain itu, ada juga yang menyajikan dengan toping dan isian yang variatif seperti sosis, jamur, bakso, dan lain sebagainya. Karena harganya yang cukup murah, hidangan janjanan ini sendiri cukup terkenal dikalangan pelajar. Karena sangat cocok disantap waktu jam istirahat untuk mengisi perut. Namun selain itu, hidangan ini sebenarnya juga sangat sering dicicipi oleh turis. Baik turis manca negara maupun turis asing yang pernah berkunjung ke bandung. Karena itu, jika anda juga akan berkunjung ke bandung, anda mungkin sangat kami anjurkan untuk mencicipi hidangan janjanan unik khas bandung yang satu ini.

Baca JugaPindang Tulang Meranjat, Bikin Lidah Terperanjat

Jajanan seblak sendiri bisa anda temukan di berbagai daerah di Bandung. Baik penyedia jajanan kecil hingga besar banyak yang sudah meyajikan jajanan yang satu ini. Dan untuk bisa menyantap hidangan seblak ini anda bisa memperolehnya dengan harga yang cukup murah. Mulai dari 4 ribu rupiah saja hingga sampai 15 ribu rupiah tergantung dari isian dan toping yang anda ingin gunakan. Keunikan dari hidangan jajanan seblak ini sendiri adalah anda bisa mencocokkan dan memilih sendiri isian dan toping yang ingin anda gunakan. Jika anda mendatangi daerah bandung dan ingin mencoba jajanan ini, bahkan diantara satu tempat dan tempat lain bisa saja memiliki tawaran isian dan toping yang berbeda-beda. Karena itulah, hidangan jajanan ini menjadi hidangan jajanan yang unik dan sangat cocok dinikmati oleh turis yang berkunjung ke bandung. Namun sebagai informasi tambahan, hidangan jajanan seblak sendiri juga dikabarkan menjadi jajanan hits yang banyak dinikmati oleh kalangan muda pada saat ini.

Rujak Cingur Khas Jawa Timur dengan Cita Rasa Paling Lengkap

Berbicara mengenai makanan ada banyak sekali jenis kuliner yang bisa dinikmati. Di setiap daerah tentu memiliki makanan atau kuliner yang beragam. Salah satu kuliner yang begitu populer di daerah jawa timur yaitu rujak cingur. Pasti Anda pernah mendengarnya bukan? Atau bahkan sudah pernah menikmati cita rasa yang begit enak dari rujak cingur ini. Sajian dari makanan rujak cingur ini menjadi kuliner tradisional yang begitu populer sekali. Jika dilihat secara sekilas makanan rujak cingur ini hampir sama dengan makanan gado-gado, tetapi tentunya kedua makanan ini memiliki komposisi bahan serta rasa yang sangat berbeda. Rujak cingur ini dihidangan secara tradisional dengan beberapa bahan seperti bumbu petis, kangkung, mentimun, tahu, nana, taoge, lontong dan pastinya adalah cingur. Melalui olahan serta resep dari bumbu yang begitu lezat dan juga nikmat menjadikan rujak cingur ini memiliki ciri khas tersendiri. Tak heran jika sajian makanan rujak cingur ini begitu terkenal dan populer sekali di daerah jawa timur khususnya di wilayah kota Surabaya.

Rujak Cingur Mudah Ada di Sepanjang Jalanan Kota Surabaya

Makanan rujak cingur ini akan mudah sekali Anda temukan di sepanjang jalanan kota Surabaya. Jika Anda sangat hobi berwisata kuliner sangat direkomendasikan sekali untuk mencoba rujak cingur ini. Begitu terkenal dan populernya makanan ini membuatnya sangat mudah ditemui di kota yang lainnya. Meskipun cita rasanya tidak bisa mengalahkan dari daerah asalnya yaitu jawa timur tepatnya di kota Surabaya. Sesuai dengan namanya, cingur menjadi bahan utama dalam rujak ini. Cingur sendiri dalam bahasa jawa timur memiiki arti congor atau yang lebih dikenal dengan mulut dari sapi. Selain adanya bahan utama berupa cingur yang telah di rebus ini, masih ada bahan-bahan pelengkap yang lainnya. Bahan pelengkap untuk membuat rujak cingur ini seperti potongan buah yang meliputi kodondong, mentimun, nanas, bengkuang, dan manga.

Rujak Cingur Mudah Ada di Sepanjang Jalanan Kota Surabaya

Selain dilengkapi dengan buah, rujak cingur ini dilengkapi juga dengan potongan temped an juga tahu yang telah digoreng. Disamping itu, ada juga tambahan sayuran seperti potongan dari kacang panjang dan juga daun kangkung. Rujak cingur tentu tidak lengkap tanpa adanya bumbu. Untuk bumbu dari rujak cingur ini sendiri terbuat dari bahan sebagai berikut kacang tanah yang telah digoreng, gula merah, cabai sesuai dengan selera, dan juga garam. Cita rasa dari bumbu rujak semakin terasa lengkap dengan tambahan dari asam jawa dan juga petis. Yang mana bumbu tersebut dicampur kemudian diulek pada cobek yang besar lalu ditambah dengan air supaya teksturnya tidak terlalu kental. Jika bumbu rujak cingur telah selesai dibuat, kemudian campurkan dengan berbagai bahan yang telah dipersiapkan sebelumnya. Setelah itu aduk bumbu sampai merata.

Pada umumnya rujak cingur ini disajikan dengan kerupuk sebagai bahan pelengkapnya. Harga dari rujak cingur ini terbilang cukup murah sekali sekitar 10 ribu per porsinya. Yang mana Anda bisa menikmati sensasi rujak yang berbeda dengan perpaduan rasa dari sayur, buah, dan juga cingur. Kemudian ditambah dengan cita rasa gurih dan pedas dari bumbu rujak. Adanya rujak cingur ini menjadi bukti begitu kayanya Indonesia dengan banyaknya kuliner atau makanan dengan cita rasa yang sangat enak dan lezat. Nah, rujak cingur mempunyai ciri khas yang harus Anda ketahui supaya tidak salah dengan gado-gado. Supaya lebih mudah membedakan antara keduanya, yaitu adanya buah dan juga cingur. Cobalah rujak cingur khas jawa timur ini dan rasakan sensasi yang berbeda.

Gudeg Makanan Khas Jawa Tengah yang Melegenda

Merasakan kuliner khas dari beberapa daerah menjadi hal yang sangat disukai oleh siapapun. Apalagi di Indonesia ada banyak sekali makanan atau kuliner khas yang tersebar di seluruh daerah. Salah satu makanan yang sangat populer dan disukai oleh banyak orang yaitu gudeg. Makanan yang satu ini berasal dari Yogyakarta dan Jawa Tengah. Meskipun terbilang sebagai makanan tradisional, namun makanan ini begitu melegenda.

Gudeg Makanan Khas dari Yogyakarta

Pada awal pekembangannya, memang banyak sekali orang yang lebih mengenal gudeg ini berasal dari daerah Yogryakarta. Itulah mengapa daerah tersebut menjapatkan julukan sebagai kota gudeg. Sejarah dari gudeg yang ada di Yogyakarta ini bermula dengan pembangunan dari kejaraan mataran islam yang ada di ala mentaok daerah kota gede pada tahun 1500-an. Makanan gudeg ini sebenarnya bukanlah makanan yang berasal dari kerajaan, malah makanan ini dari para rakyat. Pada abad ke 19 masih belum banyak orang yang menjual makanan gudeg ini, dikarenakan proses masaknya yang cukup lama. Barulah pada tahun 1940-an makanan gudeg ini sudah banyak yang menjual bersamaan dengan pembangunan unversitas gajah mada oleh presiden soekarno dan bertahan hingga saat ini.

Gudeg Makanan Khas dari Yogyakarta

Makanan gudeg ini terbuat dari nangka yang masih mudah dan mentah atau dalam bahasa jawa dikenal dengan gori. Karena gudeg merupakan oahan nangka muda, tak heran jika proses memasaknya cukup lama. Untuk memasaknya dilakukan dengan cara merebus selama bebera jam. Yang mana direbus dengan menggunakan santan, rempah-rempah, gula aren dan masih ada bahan tambahan yang lain seperti bawang merah, bawang putih, biji ketumbar, kemiri, daun salam, lengkuas, dan daun jati yang dapat memberikan warna coklat yang sedikit kemerahan pada makanan. Adanya perpaduan dari bumbu-bumbu tersebut yang menjadikan cita rasa gudeg menjadi manis. Selain itu juga memberikan cita rasa khas dan juga enak tentu sangat pas sekali dengan selera dari masyarakat jawa. Hal tersebut sering sekali digambarkan dengan nangka hijau rebus yang memiliki cita rasa manis.

Gudeg Dapat Dinikmati Dengan Dua Cara

Gudeg juga memiliki siraman santan atau yang lebih dikenal dengan areh gudeg. Pada umumnya, areh ini disirah pada bagian atas dari sayuran gudeg. Siraman dari areh gudeg inilah yang membuat cita rasa terasa begitu gurih. Disajikan dengan begitu sederhana, gudeg dianggap sebagai salah satu makanan vegetarian. Hal tersebut dikarenakan hanya terdiri dari santan dan juga nangka mentah. Tetapi, pada umumnya gudeg ini disajikan dengan lauk sebagai pelengkapnya seperti ayam dan juga telur. Selain itu, gudeg juga disajikan dengan menggunakan nasi putih, ayam baik itu diolah dengan cara digoreng atau diopor, olahan telur seperti opor telur, telur rebus, telur pindang. Selan itu masih ada lagi tahu dan juga tempe serta sambal goreng krecek sup yang mana terbuat dari kulit sapi yang begitu renyah.

Gudeg sendiri memiliki beberapa jenis seperti gudeg basah dan kering. Untuk gudeg yang kering terdapat sedikit santan dengan sedikit siraman sau santan, sedangkan untuk gudeg yang basah terdapat banyak sekali siraman santan. Pada umumnya gudeg yang berasal dari daerah Yogyakarta memiliki cita rasa yang lebih manis, kering dan juga mempunyai warna yang kemerahan karena ada tambahan dari daun jati untuk pewarnanya. Sedangkan untuk gudeg yang solo lebih pekat, berair dan terdapat banyak sekali santan. Selain itu berwarna agak putih karena tidak ada tambahan dari daun jati. Nah, itulah beberapa informasi mengenai makanan gudeg yang begitu khas dan melegenda sekali.

Kenali Ciri Khas Masakan Jawa yang Menggugah Selera

Indonesia memang menjadi  negara yang memiliki banyak sekali keragaman budaya. Bukan hanya sekedar budaya tetapi juga memiliki kuliner yang beraneka ragam. Bahkan banyaknya kuliner yang ada, Indonesia menjadi negara yang sangat dikenal oleh para wisatawan asing dengan cita rasa kuliner yang menggugah selera.

Cita Rasa Khas Kuliner di Pulau Jawa

Cita Rasa Khas Kuliner di Pulau Jawa

Salah satu kuliner yang memiliki cita rasa menendang yaitu kuliner di pulau jawa. Di pulau jawa sendiri terbagi menjadi 4 provinsi yaitu provinsi jawa timur, jawa tengah, jawa barat, dan Jakarta. Masing-masing daerah tersebut memiliki ciri khas kuliner yang berbeda meskipun dalam satu pulau yang sama. Pada beberapa kabupaten atau kota yang ada di jawa, memiliki masakan dengan cita rasa yang gurih dan juga manis. Tetapi di kabupaten atau kota yang lain, Anda akan menemukan masakan dengan cita rasa berbeda misalnya gurih, pedas hingga masakan yang asin. Jika Anda merupakan seorang food traveller atau penggemar kuliner pasti bisa membedakan ciri khas kuliner yang ada di daerah pulau jawa.

Bagi Anda yang merupakan penggemar masakan jawa terkadang bingung dengan perbedaan masing-masing kuliner dari setiap daerah. Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk membedakannya, karena setiap daerah di pulau jawa memiliki ciri khas tertentu. domino qiu qiu

Nah, berikut ini akan diberikan informasi mengenai ciri khas dari kuliner yang ada di daerah pulau jawa.

Pertama ada ciri khas dari masakan daerah jawa timur.

Untuk masakan yang ada di jawa timur terlebih di wilayah kota Surabaya dan skitarnya mempunyai cita rasa masakan yang pedas dan cukup asin. Pada setiap masakan banyak sekali menggunakan terasi dan petis untuk menambah cita rasa. Kebanyakan masakan yang ada di daerah ini benar-benar dimasak sampai matang. Cara memasaknya dengan dibakar atau dipepes da nada juga dengan cara dikukus. Beberapa masakan khas dan juga populer yang ada di jawa timur seperti tahu campur, tahu tek, lodho ayam, dan rujak cingur.

Kedua ada ciri khas dari masakan daerah jawa tengah.

Masakan yang ada di daerah ini lebih banyak mendapat pengaruh  dari masakan nenek moyang yang berasal dari  kerajaan kuno Surakarta dan Yogyakarta. Dimana masakannya mempunyai ciri khas yang kurang pedas dan juga terbilang manis. Masakan dari daerah ini kebanyakan memakai bumbu bawang putih, santan, sedikit gula merah, dan juga santan. Bumbu itulah yang membuat cita rasa dari masakan daerah jawa tengah ini sangat pas sekali bagi Anda yang tidak suka dengan masakan pedas. Beberapa masakan  khas dan juga sangat populer di Jawa Tengah seperti soto kudus, gudek, dan masakan baceman.

Ketiga ada ciri khas dari masakan jawa barat atau yang lebih dikenal dengan masakan sunda.

Masakan dari daerah Jawa Barat mempunyai ciri khas yang selalu lengkap dengan hadirnya lalapan segar. Masakan dari daerah ini lebih sering dan banyak menggunakan bumbu dasar yang kuning dan juga putih. Beberapa  jenis rempah pun ada yang tidak boleh ketinggalan untuk dimasak seperti daun salam, batang serai, dan lengkuas. Supaya masakan memiliki aroma menggugah selera dan juga cita rasa yang begitu nikmat, biasanya dimasak dengan cara dipanggang, dikukus dan dibungkus dengan menggunakan daun pisang, serta dikepul. Cita rasa dari setiap masakan terasa semakin menendang dengan hadirnya sambal di setiap masakannya. Beberapa masakan yang terkenal dari daerah jawa barat seperti nasi liwet, nasi timbel, pepes, dan nasi tutug oncom.

Baca JugaPindang Tulang Meranjat, Bikin Lidah Terperanjat

Keempat ada masakan Jakarta atau yang lebih dikenal dengan betawi.

Ciri khas dari9 masakan betawi ini yaitu memiliki cita rasa gurih tetapi tidak begitu pedas. Beberapa masakan yang populer yaitu soto betawi, ketoprak, asinan betawi, dan karedok. Itulah beberapa ciri dari masakan khas dari jawa.

Kreasi Kekinian Makanan Bakso

Siapa yang tidak senang dengan bakso? Sepertinya sangat sedikit orang yang tidak menyukai makanan yang satu ini. Bakso merupaka makanan dari daging yang digiling kemudian dibentuk bulat bulat. Bahan dasar bakso sebenarnya adalah daging sapi. Tapi sekarang banyak bermunculan bahan utama baru yang disajikan seperti bakso. Seperti udang, ikan, ayam, dan lain sebagainya.

Asal Mula Masakan Bakso Yang Kita Kenal

Asal Mula Masakan Bakso Yang Kita Kenal

Bakso sebenarnya adalah makanan yang berasal dari daratan Cina. Dulu bakso aslinya menggunakan daging babi. Namun ketika bakso masuk ke Indonesia, dan di Indonesia kebanyakan masyarakatnya adalah muslim, maka bahan dasar bakso pun diubah menggunakan bahan yang aman dikonsumsi untuk orang muslim. Inti dari bakso sebenarnya sangat sederhana. Daging atau bahan utama yang sudah digiling, dibentuk bulat bulat, kemudian direbus sampai matang, lalu disajikan menggunakan kaldu daging sapi dan ditambah bahan pendukung lainnya, seperti tahu basah, tahu kering, mie, bihun, tauge, dan lain sebagainya.

Penyajian bakso pun sampai sekarang masih bertahan seperti itu. Namun bukan berarti makanan ini tidak berkembang sama sekali. Justru bakso adalah salah satu masakan yang paling banyak dikembangkan. Bahkan bisnis kuliner kekinian banyak memberikan gebrakan baru pada makanan daging giling ini. Para pengusaha kuliner yang memiliki spesialisai bakso sepertinya memandang makanan dari Cina ini sebagai makanan yang paling mudah untuk dikreasikan. Kuncinya adalah terletak pada bentuk baksonya. Bentuk dasar bakso yang bulat bulat itu bisa dikreasikan menjadi banyak bentuk.

Tadi sudah sempat disebutkan bahwa perkembangan kreasi bakso seperti memberikan gebrakan dalam dunia kuliner. Hal tersebut bukan tidak beralasan. Memang penyesuaian bakso dengan kuliner kekinian ini cukup signifikan. Contohnya saja dalam bentuknya. Seperti yang diketahui, bahwa bentuk normal bakso adalah bulat dengan ukuran yang standar. Tapi sekarang, sudah banyak pengusaha bakso yang membuat ukuran bakso menjadi super kecil atau super besar. Ukuran bakso yang super kecil ini sebesar ukuran kelereng. Bakso dengan jenis ini banyak disebut dengan bakso kerikil. Sedangkan bakso ukuran super besar ini sepertinya sampai sekarang belum ada batas tertentu. Mulai dari bakso sebesar kepalan tangan.

Kreasi Yang Tercipta Dari Masakan Bakso

Kreasi Yang Tercipta Dari Masakan Bakso

Kemudian berkembang lagi menjadi bakso seukuran mangkok baksonya. Dan bahkan sekarang ada juga bakso yang ukurannya luar biasa besar. Bisa dikatakan ada bakso yang seukuran panci masakan. Tapi tentu saja, dibuatnya bakso dnegan ukuran luar biasa itu tidak sekedar dibuat. Biasanya mereka akan memberikan tantangan tersendiri. Bagi yang bisa menghabiskan bakso jumbo bisa mendapatkan reward tertentu. Kreasi dari bakso tidak berhenti disitu. Para pengusaha bakso juga terus melakukan kreasi dalam hal isian bakso. Ada yang menggunakan telor, ada yang menggunakan sambal (dibuat untuk mereka yang suka makanan pedas). Ada pula yang membuat isian juga berupa bakso kecil-kecil. Bakso yang memiliki isian bakso ini sering disebut dengan bakso beranak.

Berbagai macam pilihan bakso ini tentu semakin memberikan variasi kepada mereka yang menyukai bakso. Walaupun kreasi bakso terus mengalami perkembangan, karena para pedagang bakso juga menyesuaikan dengan perkembangan kuliner kekianian, bukan berarti bakso yang asli atau bentuk dasarnya hilang begitu saja. Masih ada juga bakso yang mempertahankan penyajian dan cita rasanya seperti dulu. Hal ini juga untuk memfasilitasi selera dari konsumen yang lebih menyukai bakso yang biasa saja. Karena ada satu pepatah yang mengatakan bahwa selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan.

Aneka Ragam Masakan Pecel di Banyak Daerah

Bagi yang menyukai masakan pedas, mungkin akan tertarik dengan pecel. Makanan pedas yang juga menyehatkan. Pecel yang merupakan makanan dengan menggunakan bumbu kacang ini sering dilengkapi dengan berbagai macam bahan makanan. Terutama yang berupa sayur-sayuran. Maka dari itu banyak yang menilai bahwa pecel adalah masakan yang menyehatkan. Tidak ada catatan khusus mengenai dari mana daerah penyebaran pecel. Hal yang pasi sekarang adalah pecel sudah dikenal secara meluas di seluruh wilayah Indonesia. Karena tidak ada daerah yang memiliki jejak pasti sebagai daerah asal munculnya pecel, maka adanya masakan pecel ini disesuaikan dengan cita rasa masing-masing daerah. Seperti di daerah Jawa saja pecel memiliki rasa yang beragam, dalam hal ini adalah khusus mengenai rasa sambal kacangnya.

Aneka Ragam Masakan Pecel

Daerah Jawa Timur memiliki ciri khas dengan sambal pecelnya yang memiliki rasa pedas. Bahkan bisa dikatakan untuk yang menyukai dengan rasa pedas di atas rata-rata, sambal pecel dari jawa timur mungkin akan sangat cocok di lidah anda. Namun bagi yang tidak terlalu bisa makan makanan pedas, perlu berhati-hati ketika mencoba pecel dari Jawa Timur. Lain di Jawa Timur, lain juga di Daerah Yogyakarta. Yogyakarta memili ciri khas rasa manis hampir di semua masakannya. Tidak perlu susah-susah untuk mencari contohnya, makanan khas Yogyakarta, yaitu gudeg sudah bisa menjawab semuanya. Gudeg merupakan makanan yang menjadi ciri khas Kota Yogyakarta dan memiliki cita rasa dominan manis. Begitu juga dengan sambal pecel yang ada di Yogyakarta. Sambal pecel di Jogja, cenderung memiliki rasa manis dan tidak sepedas sambal pecel dari Jawa Timur.

Perkembangan yang ada dari masakan pecel sekarang ini adalah pecel semakin dikreasikan dalam segala sisinya. Mulai dari penampilannya, rasa dari sambal pecelnya, sampai isi dari masakan pecel itu sendiri. Tidak ada patokan khusus mengenai apa yang bisa diisikan dalam sebauh pecel. Hanya saja ada beberapa bahan yang menjadi ciri khas makanan pecel yang akan membedakannya dengan gado-gado ataupun lotek. Tadi di awal sudah dijelaskan bahwa ada perbedaan penyajian pecel antar daerah. Tergantung dari bagaimana budaya kuliner masyakatnya. Sebenarnya perbedaan dari penyajian pecel ini tidak hanya terbatas dari rasanya saja.

Berbagai Macam Varian Masakan Pecel

Melainkan ada perbedaan juga mengenai waktu makan. Contohnya, di daerah Jogja, sangat jarang sekali orang yang menyantap pecel sebagai sarapan pagi. Lain dengan di daerah Jawa Timur, seperti Ngawi. Orang-orang biasa menyantap pecel sebagai sarapan mereka. Perpaduan antara sayur yang segar, dengan bumbu yang pedas, ditambah dengan tempe goreng tepung hangat, sepertinya menjadi pilihan tepat untuk menyambut hari. Sudah banyak karakter yang dimiliki oleh pecel. Mulai dari makanan menyehatkan, karena banyak menggunakan sayuran. Sampai makanan yang menantang, karena ada yang memiliki cita rasa pedas sekali.

Kreasi pecel yang beraneka ragam tersebut sepertinya bisa diasumsikan sebagai bagaimana masyarakat tepat menyukai cita rasa local dibandingkan dengan cita rasa barat, atau internasional. Terkadang lidah masyarakat Indonesia akan susah beradaptasi dengan makanan di luar Indonesia. Tidak perlu dari luar negeri, antar daerah di Indonesia saja terkadang rasanya tidak bisa dengan mudah diadaptasikan dengan daerah asal. Bagi orang Jogja yang terbiasa dengan rasa manis, ada baiknya untuk berhati-hati ketika makan pecel Jawa Timur. Karena tingkat pedas dari bumbu pecel Jawa Timur sangat berbeda dengan bumbu pecel dari daerah Jogja.

Keunikan Rawon, Kuliner Kaya Rempah-Rempah

Salah satu pembahasan menarik dan tidak ada habisnya yaitu makanan atau kuliner. Apalagi di Indonesia sendiri ada banyak sekali makanan khas dari setiap daerah. Dan masing-masing daerah tersebut mempunyai kuliner dengan cita rasa dan keunikan tersendiri. Salah satu makanan dengan banyak keunikan yaitu rawon. Makanan atau kuliner tersebut sangat terkenal dan populer sekali di jawa timur. Makanan tersebut memiliki ciri khas yang sangat unik. Yakni dimasak dengan bumbu dapur dan juga rempah yang asli atau khas dari Indonesia. Pada umumnya, rawon memiliki isi berupa potongan daging yang dicampur dengan kuah berwarna coklat. Kuah yang ada di rawon tersebut terbuat dari bumbu rempah-rempah. Seperti bawang putih, bawang merah, ketumbar, jahe, lengkuas, cabe, dan jahe. Selain itu masih ada lagi tambahan dari asam jawa dan juga biji keluwak. Dimana menjadi rempah khas dari masakan rawon. Adanya keluwak itulah yang membuat kuah rawon berwarna coklat, warna coklat tersebut bukan berasal dari kecap.

Rempah-Rempah Dari Tumbuhan Liar Memiliki Keanekaragaman Rasa

Rempah-Rempah Dari Tumbuhan Liar Memiliki Keanekaragaman Rasa

Perlu Anda ketahui, keluwak sendiri adalah pepohonan yang tumbuh secara liar. Yang mana bijinya dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk sebagai bumbu masakan di dapur. Walaupun demikian, biji keluwak tersebut tidak boleh dimakan dengan keadaan yang belum dimasak atau mentah. Mengingat biji keluwak sendiri terdapat banyak sekali zat yang sangat berbahaya untuk tubuh jika dikonsumsi secara mentah. Cara pembuatan dari rawon terbilang sangat mudah dan sederhana meskipun dimasak dengan banyak sekali bumbu rempah. Pada awalnya bumbu rempah yang dijadikan sebagai bahan memasak rawon disatukan dan dihaluskan terlebih dahulu. Kemudian dimasukkan secara bersamaan dengan rebusan daring sapi yang sudah dipotong. Pada saat proses memasak tambahkan dengan gula, garam, dan batang serai. Untuk dapat menghasilkan daging yang empuk pada rawon ada juga yang mengolah daging dengan 2 kali proses perebusan. Biasanya rawon disajikan secara bersamaan dengan nasi yang masih panas.

Rawon Masakan Daerah Khas Jawa Timur

Selain itu juga bisa ditambahkan dengan kerupuk, tempe goreng, dan juga taburan bawang goreng. Dan juga kecambah untuk semakin melengkapi cita rasa yang lezat dari rawon. Tak heran makanan rawon ini digunakan untuk hidangan pada saat mengadakan hajatan.
Jika Anda berkunjung ke daerah jawa timur sangat disarankan untuk mencicipi kuliner lezat yang satu ini. Karena di daerah jawa timur yang merupakan tempat adanya makanan khas ini. Tak heran jika banyak sekali tempat yang menjual makanan atau kuliner rawon ini. Nah, berikut ini adalah tempat yang menjual makanan khas ini. Pertama ada rawon nguling. Tempat yang satu ini terbilang sangat populer dan legendaris sekali. Bahkan menjadi depot rawon nguling yang sangat terkenal. Jika Anda berkunjung ke daerah probolinggi jawa timur sangat direkomendasikan sekali untuk mampir ke tempat ini. Disini menyajikan rawon yang berbeda dari tempat yang lainnya. Karena kuah rawon yang disajikan cukup ringan tetapi memiliki cita rasa yang masih gurih.

Selain itu terdapat potongan dari daging rawon yang sangat melimpah dengan tekstur yang sangat lembut. Kedua ada rawon brintik yang taka kalah populer. Bagi Anda yang berlibur atau berkunjung ke malang sangat disarankan untuk mengunjungi tempat menjual rawon yang satu ini. Memang dari tempatnya terlihat sangat sederhana sekali tetapi untuk rasa dari rawon sangat menggugah selera. Bahkan rawon yang dijual tidak mengalami perubahan rasa meskipun sudah ada empat generasi penerusnya.

Makanan Khas Indonesia Yang Terbuat Dari Ikan

Indonesia adalah negara kepulauan dimana sekelilingnya adalah hamparan lautan dan lepas pantai. Kebanyakan masyarakat hidup di sekitar laut dan pantai memanfaatkan hasil laut seperti ikan, rumput laut dan biota laut lain sebagai konsumsi sehari-hari dan kebanyakan dijual untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sebagai negara maritim, masyarakat di Indonesia sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan. Saat ini Indonesia menjadi penyuplai hasil laut terbesar di dunia. Contohnya adalah komoditi rumput laut dan ubur-ubur yang akhir-akhir ini di ekspor dalam jumlah besar ke Jepang untuk digunakan sebagai campuran produk kecantikan dan campuran bahan makanan. Jumlah laut atau perairan di Indonesia yang cukup besar tentunya mempengaruhi pola hidup masyarakatnya. Dimana masyarakat Indonesia sebagian besar suka mengkonsumsi ikan laut, kecuali bagi mereka yang hidup di daerah agraris. Selain ikan, kerang laut menjadi komoditi utama yang saat ini juga masih di ekspor ke luar negeri karena banyaknya pesanan.

Makanan Khas Indonesia

Hasil laut yang melimpah tidak begitu saja dijual ke luar negeri atau ke restauran-restauran. Masyarakat nelayan sendiri juga mengkonsumsi hasil laut mereka. Masyarakat di daerah pinggir pantai memang terbiasa mengkonsumsi hasil laut karena hanya itu sumber makanan utama mereka. Ikan laut biasa dijadikan sebagai lauk pauk sehari-hari. Agar tidak bosan, ikan laut sering dijadikan olahan lain yang selain memiliki nilai jual juga memiliki nilai gizi untuk dikonsumsi oleh keluarga nelayan. Di daerah Palembang, ada makanan berbahan dasar ikan yang menjadi makanan khas daerah tersebut.

Siapa yang tidak kenal dengan pempek ikan khas Palembang? Pempek yaitu makanan yang terbuat dari tepung kanji dan tepung terigu dengan campuran bumbu dan juga ikan laut. Ini menjadi istimewa karena bumbu kuah yang digunakan berbeda dengan yang digunakan pada beberapa makanan di Indonesia. Kuahnya dibuat tersendiri dengan campuran ikan juga. Kombinasi rasa asam dari cuka, gurih, dan pedas dengan sedikit manis menjadi ciri khas dari makanan ini.

Makanan Khas Indonesia Yang Terbuat Dari Ikan

Selain pempek ikan palembang, masih banyak makanan khas Indonesia yang terbuat dari ikan dan pastinya di setiap daerah memiliki cara yang berbeda untuk mengkonsumsi atau mengolah ikan,

  1. Agar awet, di beberapa daerah pinggir pantai di Indonesia mengolah ikan laut menjadi ikan asap. Dengan cara pengasapan ini diharapkan ikan akan tahan lama terhadap cuaca dan bakteri. Terbukti karena asap yang digunakan berasal dari kayu yang tidak sembarangan agar menghasilkan aroma yang sedap. Ikan yang diolah dengan cara pengasapan ini bisa tahan hingga berbulan-bulan dalam suhu ruangan. Cara ini juga disebut sebagai cara pengawetan yang tradisional dan masih bertahan sampai saat ini. Ikan asap dapat diolah menjadi makanan apapun sesuai dengan selera anda.
  2. Selain pengasapan, cara mengawetkan ikan selanjutnya yang sangat terkenal di Indonesia adalah dengan cara pengasinan. Ikan laut tertentu dibersihkan, dikukus, kemudian dimasukkan dalam wadah besar yang berisi garam selama beberapa hari hingga satu minggu. Mengawetkan ikan dengan garam ini juga merupakan cara yang tradisional. Kandungan dalam garam bisa mencegah bakteri pembusuk masuk ke dalam ikan. Akhirnya, ikan inilah yang dinamakan dengan ikan asin yang bisa ditemui dimanapun di daerah seluruh Indonesia. Ikan asin biasanya lebih enak jika diolah menjadi campuran sambal atau ikan asin yang digoreng kemudian dimakan dengan nasi panas, inilahmakanan faforit.

Perbedaan Rasa Masakan Berdasarkan Cara Mengolahnya

Makanan bisa dikonsumsi setelah melewati proses pemasakan sebelumnya, proses memasak antara lain adalah dengan cara merebus, menggoreng, membakar ataupun memanggang. Berbagai proses yang dilakukan tentunya memiliki tujuan, makanan sebelum diproses atau dimasak memiliki tekstur yang masih keras, belum bisa dikonsumsi karena masih mentah. Dan beberapa bahan makanan tertentu beracun apabila tidak dimasak terlebih dahulu. Masakan yang tidak dimasak terlebih dahulu dan langsung dimakan biasanya mengandung lebih banyak kuman dan bakteri. Bakteri dan kuman hanya akan mati pada suhu tertentu. Merebus makanan dengan suhu 100ºc adalah hal yang benar karena dengan suhu tersebut kuman dan bakteri yang ada pada makanan akan mati.

Perbedaan Rasa Masakan

Sebaliknya ada beberapa makanan yang tidak boleh dimasak pada suhu yang terlalu tinggi seperti susu sapi murni, karena susu mengandung bakteri baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun tetap harus dimasak terlebih dahulu untuk menstrerilkan dari bakteri jahat maka susu juga perlu mengalami proses pemanasan atau perebusan dengan suhu yang rendah dan dalam waktu yang sebentar. Hanya sampai susu suam-suam kuku atau hangat. Susu memiliki kandungan bakteri yang baik untuk pencernaan serta kandungan kalsium yang tinggi untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang. Maka dari itu setiap orang dianjurkan untuk mengkonsumsi susu dan produk olahannya.

Rasa Masakan Yang Direbus

Masakan bisa steril dari bakteri tidak hanya dengan proses perebusan saja. Jika dalam keadaan yang terdesak seperti jika anda sedang melakukan camping atau pendakian di gunung yang cukup jauh dari pemukiman. Sedangkan peralatan masak yang dibawa tidak seberapa maka beberapa cara yang bisa digunakan untuk memasak makanan adalah dengan cara dibakar. Makanan seperti ubi-ubian akan terasa lebih enak apabila dibakar. Kandungan protein dalam ubi-ubian akan keluar secara sempurna dengan prose pembakaran daripada proses perebusan karena saat merebus akan banyak vitamin yang hilang hanyut. Dengan air yang digunakan untuk merebus sedangkan ubi-ubian seperti kentang, singkong dan ubi jalar bisa dibakar tanpa harus menghilangkan kulitnya. Ini adalah cara terbaik untuk memakan ubi-ubian. Memasak makanan dengan cara digoreng juga bisa mengurangi kandungan vitamin dan gizi pada makanan karena tercampur dengan lemak jenuh pada minyak.

Perbedaan Rasa Masakan Berdasarkan Cara Mengolahnya

Inilah perbedaan memasak dengan cara merebus, menggoreng dan membakar dari segi rasa, tekstur dan kandungannya:

  1. Memasak dengan cara merebus pastinya lebih baik daripada menggoreng karena jika direbus maka masakan tidak akan tercampur dengan zat-zat lainnya. Sedangkan apabila makanan dimasak dengan digoreng, akan ada kandungan lemak yang dinamakan lemak jenuh yang akan masuk ke dalam makanan. kandungan minyak yang masuk berlebihan pada tubuh bisa tertimbun dan menjadi lemak dalam tubuh.
  2. Memasak dengan cara membakar juga terbukti lebih baik daripada dua proses sebelumny yaitu merebus dan menggoreng. Jika makanan direbus terlalu lama maka kandungan zat yang terkandung di dalamnya bisa hilang. Sedangkan memasak dengan cara menggoreng dan merebus harus menghilangkan kulit bahan masakan tersebut. Hal ini akan menyebabkan lebih mudahnya vitamin hilang atau larut sehingga makanan tidak memiliki nilai gizi lagi.
  3. Memasak dengan cara membakar tentunya harus menyertakan kulitnya agar makanan tetap bersih dan daging didalamnya tetap terlindung. Harus diketahui bahwa arang bekas pembakaran atau arang yang digunakan untuk membakar mengandung nitrogen dan karbondioksida. Serta kandungan lainnya yang berbahaya apabila masuk ke dalam tubuh.

Cita Rasa Spagheti Khas Medan

Medan merupakan sebuah daerah di Indonesia yang mungkin sudah sangat terkenal. Dan banyak orang ketika mendengar kata Medan mungkin akan terfikirkan suku batak yang mendiami daerah ini. Tapi mungkin belum banyak orang tahu bahwa sebenarnya di Medan sangat banyak makanan dan masakan yang khas bisa ditemukan.

Berbagai Masakan Daerah Dapat Ditemukan di Medan

Bahkan di Medan sendiri ada sangat banyak jenis makanan dan masakan dari berbagai daerah di Indonesia bisa ditemukan. Baik makanan dan masakan khas dari aceh, padang, lampung, kalimantan, jawa, dan berbagai daerah lain di Indonesia bisa ditemukan di Medan. Ini karena di Medan terdapat berbagai gerai masakan dari berbagai daerah tersebut bisa ditemukan. Selain terdapat berbagai masakan dan makanan dari berbagai penjuru Indonesia bisa ditemukan di Medan, Medan sendiri sebenarnya juga memiliki sangat banyak makanan dan masakan khas. Dan makanan dan masakan khas Medan sendiri juga sebenarnya terkenal dengan cita rasanya yang enak dan lezat. Salah satu masakan dan makanan khas Medan yang sangat terkenal dan harus anda coba jika anda berkunjung di Medan adalah mie gomak.

Mie Gomak sebenarnya merupakan sebuah masakan mie khas suku batak. Dimana masakan mie ini kemudian diadaptasi menjadi masakan khas suku batak meliputi daerah-daerah batak toba sampai berbagai daerah lain seperti sibolga serta tapanuli. Masakan mie khas batak ini bisa memperoleh nama mie gomak menurut salah satu sumber dikarenakan pembuatannya yang di gaomak-gomak, atau di genggam menggunakan tangan. Selain memiliki nama mie gomak, masakan mie khas batak ini juga sering disebut sebagai spagheti batak. Ini karena pada dasarnya mie gomak sangat mirip dengan spagheti. Meskipun memiliki perbedaan dalam hal tekstur dan cita rasa.

Mie Gomak Rasa Spagheti Khas Medan

Mie Gomak Rasa Spagheti Khas Medan

Mie gomak ini juga sering disebut sebagai mie lidhi dikarenakan bentuk mie gomak sendiri yang seperti lidhi. Yang unik dari mie gomak ini adalah meski merupakan masakan khas batak medan, namun bahan pembuatan mie gomak hanya bisa diperoleh dari sumatera utara. Penyajian dari mie gomak sendiri bisa divariasikan sesuai dengan keinginan. Biasanya, mie gomak direbus dan disajikan terpisah dengan kuah serta sambalnya. Namun ada juga yang menyajikan mie gomak dengan saus kacang dan ada juga yang menyajikan mie gomak seperti mie goreng. Dan tentunya, ada juga yang menyajikan mie gomak dengan bumbu andaliman khas batak yang membuat rasanya sangat lezat dan unik.

Jika anda berkunjung ke Medan, maka anda wajib untuk mencoba mencicipi masakan mie gomak khas medan ini. Karen rasanya akan dijamin bisa membuat lidah anda bergetar. Rasa mie kenyal yang gurih dengan aroma yang sangat mengguah selera akan menyambut anda ketika mencicipi masakan ini. Banyak orang mengatakan bahwa rahasia dari kelezatan mie gomak ini sendiri terdapat pada bumbu andaliman yang terkandung didalamnya. Dan cita rasa spagheti ala batak ini sendiri akan terasa lebih nendang jika saat memasak digunakan tungku.

Karena banyak orang berpendapat bahwa cita rasa khas bumbu andaliman bisa lebih dijaga dengan baik jika dimasak menggunakan tungku secara tradisional. Jika anda berkunjung ke Medan dan ingin mencicipi masakan mie khas medan ini, anda tidak akan kesulitan. Karena masakan mie gomak bisa anda dapatkan dimana saja di daerah Medan. Selain itu, harga seporsi mie gomak juga sangat terjangkau yang biasanya dipatok dari harga 5 ribu rupiah sampai 15 ribu rupiah.

Alasan Orang Indonesia Menyukai Masakan Pedas

Alasan Orang Indonesia Menyukai Masakan Pedas. Makan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi, sebagai salah satu kebutuhan biologis tentunya tanpa makan maka manusia tidak bisa melakukan kegiatan sehari-hari dengan fokus. Makanan sebagai sumber energi menjadi salah satu asupan penting bagi tubuh, bukan karena untuk mengenyangkan perut namun kandungan gizi dan vitamin dalam makanan yang dicari oleh manusia. Kandungan karbohidrat dalam nasi dan bahan lainnya dibutuhkan untuk tubuh sebagai pembangkit energi, karbohidrat nantinya akan diolah dalam tubuh dan menghasilkan senyawa atau zat glukosa, glukosa inilah yang menjadi sumber energi. Terbayang bukan jika manusia tidak makan? Pasti badan akan terasa lemah, tidak memiliki tenaga, tidak fokus dan lain sebagainya sehingga mengganggu pekerjaan sehari-hari.banyak kandungan dalam makanan yang dibutuhkan oleh tubuh kita sehingga seharusnya anda tidak pernah lupa makan ya? Makan 3 kali sehari adalah patokan mendasar agar anda mendapatkan asupan nutrisi yang tepat.

Alasan Orang Indonesia Menyukai Masakan Pedas

Orang Indonesia Menyukai Masakan Pedas

Berbicara makanan pastinya kita sendiri bangga dengan makanan Indonesia yang memiliki beragam jenis, rasa dan bahan pembuatnya. Karena di Indonesia memiliki banyak suku maka setiap suku memiliki selera masakan masing-masing seperti suku jawa yang cenderung suka makanan manis, suku melayu yang suka makanan pedas dan kaya rempah-rempah dan banyak lagi jenis makanan khas di Indonesia yang sulit jika disebutkan satu-persatu. Berdasarkan pendapat banyak orang yang makan di restauran cepat saji ataupun di restauran tradisional, orang Indonesia pasti memilih makanan yang rasanya cenderung pedas, apa yang menyebabkan orang-orang Indonesia suka makanan yang pedas-pedas?

Aneh apabila dibandingkan dengan negara lainnya seperti di eropa atau korea dengan iklim yang dingin dan cuaca yang berbeda-beda mengharuskan orang-orang disana mengkonsumsi makanan yang pedas untuk menghangatkan badan mereka. Di Indonesia dengan cuaca yang panas mengapa orangnya suka makanan pedas? Berikut akan dipaparkan beberapa alasannya.

  1. Indonesia secara geografis memang diapit oleh lautan dan disebut negara tropis dengan dua musim yaitu panas dan hujan. Namun karena cuaca yang panas ini malah membuat orang Indonesia suka mengkonsumsi makanan yang pedas, khususnya masyarakat di daerah utara dan barat Indonesia. Makanan pedas mengandung zat antosianin yang bermanfaat sebagai peningkat rasa semangat dan selera makan. Karena etos kerja masyarakat yang tinggi maka mereka mengkonsumsi makanan pedas untuk menambah semangat
  2. Makan makanan yang pedas sudah menjadi kebiasaan. Sejak penjajahan oleh belanda dan jepang kini kita tahu bahwa Indonesia menjadi negara yang kaya dengan rempah-rempahnya. Sebagai negara yang kaya dengan rempahnya pasti orang-orangnya sering mengkonsumsi rempah sebagai bumbu masaknya termasuk lada dan cabai yang rasanya sangat terkenal sampai ke penjuru dunia , karena rasa pedas tentunya. Kebiasaan ini terbawa hingga sekarang, dan orang lain diluar Indonesia hanya tahu bahwa Indonesia terkenal dengan masakannya yang serba pedas karena kebiasaan masyarakatnya yang suka makan makanan pedas. Sungguh unik bukan?

Makan makanan pedas menjadi tradisi di beberapa daerah di Indonesia. Makanan yang dibuat dengan rasa yang cenderung pedas menjadi masakan khas dan sudah menjadi tradisi turun temurun di beberapa wilayah di indoensia, seperti melayu yang terkenal dengan masakan rendangnya. Rendang sebagai masakan khas suku melayu memiliki kombinasi rasa pedas dan rasa rempah-rempah yang mencolok. Inilah yang menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia.