Dapat dikatakan bahwa ayam merupakan salah satu jenis makanan favorit hampir sebagian besar masyarakat yang ada di Indonesia. Bukan hanya itu saja, ayam juga bisa menjadi salah satu makanan pokok kalau anak ayam mampu di olah dengan berbagai cara yang berbeda, entah dijadikan sebagai salah satu bahan isian sup, dibakar, digoreng, ataupun dimaksud dengan berbagai cara lainnya. Inovasi sepertinya tidak akan pernah habis untuk jenis makanan yang satu ini.

Namun ternyata sering mengkonsumsi ayam tidak membuat orang menjadi pandai dalam proses pengolahannya. Banyak sekali orang yang masih salah dalam melakukan proses pengolahan sebelum memasak ayam. Tahukah Anda apa saja kesalahan tersebut? Berikut ulasannya.

  1. Memasak langsung ayam ketika baru keluar dari kulkas

Memasak langsung

Walaupun ayam tidak membeku ketika berada di dalam kulkas, bukan artinya Anda dapat langsung masak setelah mengeluarkan ayam tersebut dari dalam kulkas. Mengapa? Karena nantinya tingkat kematangan yang ada peroleh tidak akan rata. Anda bisa melihat warna coklat pada bagian luar, namun sebenarnya pada bagian dalamnya belum matang sama sekali. Maka dari itu, sebaiknya ada mendiamkannya dahulu sebelum mulai di olah.

  1. Meletakkan ayam diwastafel ketika mencuci

Meletakkan ayam diwastafel ketika mencuci

Anda tentu tahu bahwa banyak sekali bakteri yang tidak terlihat ketika Anda diwastafel. Walaupun Anda sudah membilang swasta full dengan air, Anda harus memperhatikan bagaimana cara memegang ayam yang ingin Anda olah. Jangan meletakkan ayam begitu saja karena terdapat berbagai kuman diwastafel yang berbahaya bagi kesehatan Anda.

  1. Membuang kulit serta tulang sebelum memasak

Membuang kulit serta tulang sebelum memasak

Jika Anda tidak memiliki niat untuk mengkonsumsi tulang ataupun kulit ayam, Anda tidak boleh membuang nya ketika sedang memasak. Hal ini memiliki fungsi untuk membuat daging dari ayam tersebut tetap lmbab dan juga lembut. Jika Anda menghilangkanya, maka daging ayam akan tampak kering dan tidak nikmat.

  1. Tidak memberi bumbu sebelum proses memasak

Tidak memberi bumbu sebelum proses memasak

Walaupun nantinya ada kamu masak ayam sebagai ayam bumbu pedas ataupun ayam rica rica, tentunya Anda harus membumbui ayam tersebut sebelum mulai memasak. Anda bisa menggunakan cabai, garam, serta jahe agar daging lebih memiliki rasa, bukannya Hambar. Tentunya, ini akan membuat masakan Anda menjadi jauh lebih lezat.

  1. Menggoreng ayam dengan jumlah yang banyak di satu wajan yang sama

Menggoreng ayam dengan jumlah yang banyak di satu wajan yang sama

Jika Anda ingin memasak ayam dalam jumlah yang besar, sebaiknya Anda memakai lebih dari satu wajan untuk menggoreng nya Atau mengolahnya. Hindari untuk memakai wajan yang besar dan diisi oleh banyak ayam karena kematangan dari ayam tersebut tidak akan sempurna. Ketika membelinya, ada juga lebih baik menyediakan jarak antara satu ayam dengan yang lainnya agar mereka goreng dan matang dengan sempurna.

Deretan Kesalahan Ketika Proses Memasak Ayam